Sponsors Link

Perbedaan Sendi Pelana dan Sendi Engsel yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Tidak semua orang tentu tahu tentang apa saja bagian atau nama persendian dalam tubuh. Diantaranya sendi engsel dan sendi pelana yang mungkin masih banyak yang bertanya-tanya. Apa Perbedaan Sendi Pelana dan Sendi Engsel tersebut? Tidak mengetahui semua yang ada di dalam tubuh adalah hal yang lumrah. Tidak semua orang mengkhususkan waktunya untuk memperinci satu per satu bagian apa saja di dalam tubuh kita. Hal ini lebih cocok dengan seorang berprofesi dokter yang memang sudah menjadi bidangnya.

ads

Kendati demikian, bukan berarti anda harus bersikap masa bodoh. Mengingat sendi pelana dan sendi engsel sendiri cukup penting. Sedikitnya anda harus mengenali perbedaan keduanya yang bisa diketahui lebih lanjut mengenai perbedaan sendi Pelana dan Sendi Engsel berikut.

Sendi merupakan penghubung antar tulang sehingga tulang-tulang tersebut dapat digerakkan. Kerangka tubuh manusia terbentuk karena terjadinya hubungan antara tulang satu dengan tulang yang lainnya, dimana hubungan antar tulang tersebut disebut juga dengan artikulasi. Sedangkan untuk salah satu kejadian yang sering dialami adalah radang sendi, jika mengalami kejadian tersebut Anda harus benar-benar menghindari pantangan radang sendi tulang dan segera melakukan cara mengobati radang sendi.

Berdasarkan arah pergerakannya, sendi terbagi menjadi 8, diantaranya yaitu sendi engsel, sendi pelana, sendi peluru, sendi putar, sendi geser, sendi luncur, sendi gulung dan sendi kondiloid. Setiap sendi tersebut memiliki fungsi dan bagiannya yang sangat penting dalam membentuk tubuh.

Namun kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan antara sendi dan sendi engsel. Kedua sendi tersebut memiliki peranan yang sangat penting sehingga memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas dengan mudah. Kira-kira apa saja ya Perbedaan Sendi Pelana dan Sendi Engsel? Berikut pembahasan selengkapnya.

Sendi Engsel

Sendi Engsel adalah sendi yang hanya memungkinkan gerakan satu arah. Sendi ini termasuk bagian dari jenis persendian diartrosis. Setiap sendi tentunya memiliki berbagai komponen pembentuk sendi atau struktur pembentuk pada bagian masing-masing. Pada sendi ini terdapat beberapa penyusun, diantaranya adalah:

  • Kapsula sendi merupakan lapisan yang berserabut dan melapisi sendi
  • Ligamen merupakan jaringan pengikat yang mana berfungsi dalam mengikat ujung tulang yang saling membentuk sendi. Fungsi dari ligamen sendiri adalah untuk mencegah terjadinya dislokasi. Namun yang namanya kecelakaan juga tidak bisa disangkal, untuk itu Anda harus mampu mengenali ciri ciri cedera ligamen lutut beserta cara menyembuhkan tulang geser paling ampuh berikut.
  • Tulang rawan hialin merupakan jaringan tulang rawan yang mana menutupi kedua ujung tulang guna melindungi jika terjadi benturan.

Dikatakan sendi engsel karena jika diamati menyerupai engsel pintu. Adapun letak dari sendi engsel pada bagian tubuh yaitu :

  • Persendian lutut, yaitu hubungan antara tungkai bawah dengan tulang paha
  • Persendian siku, yaitu hubungan antara lengan bawah dengan lengan atas
  • Hubungan tulang-tulang yang terdapat pada jari tangan maupun jari kaki
Sponsors Link

Sendi Pelana

Jika sendi engsel merupakan hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan satu arah, sendi pelana merupakan sendi antar tulang yang tak hanya memungkinkan gerakan satu arah, melainkan gerakan tulang ke dua arah. Sendi pelana atau juga disebut dengan sendi sadel yang menyambungkan antara dua tulang dan mengartikulasikan, dimana permukaan yang berdekatan tampak seperti bayangan cermin antara satu sama lain, namun di posisikan tegak lurus antara satu sama lain. (Baca Juga: Makanan Untuk Mempercepat Penyambungan Tulang)

Sebutan lain dari sendi pelana adalah sendi inter seluler. Dijuluki sendi inter seluler karena terdapat bentuk sadel pada tiap ujung permukaan di depan, dimana terdapat pertemuan antara pelana dengan bentuk x. Permukaan pada sendi pelana cekung serta cembung dan saling melengkapi antara satu sama lain.

Terdapat beberapa penyusun pada sendi pelana, yaitu:

  • Kapsul Sendi, merupakan pelapis sel
  • Ligamen, merupakan pengikat pada bagian luar yang mengikat tulang sendi
  • Cairan sinovula, merupakan cairan pelumas yang terdapat pada ujung-ujun pada kapsul
Sponsors Link

Adapun letak sendi pelana pada bagian tubuh yaitu :

  • Hubungan tulang telapak tangan serta jari tangan
  • Persendian pada tulang pangkal ibu jari tangan atau tulang pertama telapak tangan
  • Persendian pada tulang tumit
  • Persendian pada tulang kering

Jadi dari ulasan di atas, dapat dikatakan bahwa Perbedaan Sendi Pelana dan Sendi Engsel hanya terletak pada arah geraknya saja. Dimana arah gerak yang berbeda tersebut, mengakibatkan fungsi dan letak yang berbeda pula. Kendati demikian, kedua fungsi dari sendi tersebut memiliki peranan yang penting karena sama-sama membentuk hubungan antar tulang yang dapat membuat kita bergerak. Bila terjadi kendala atau permasalahan akan mengakibatkan menurunkan fungsi yang mana akan mengganggu aktivitas hari-hari, atau mungkin bisa saja mengalami salah satu dari macam macam penyakit tulang berikut.

Demikian ulasan mengenai Perbedaan Sendi Pelana dan Sendi Engsel. Dengan penyajian artikel tersebut tentu akan membantu anda dalam mencari perbedaan keduanya. Dengan lebih mengenal lebih dalam mengenai sendi, tentu Anda akan lebih paham juga apa yang harus dilakukan ketika terjadi sesuatu, seperti tulang belakang sakit, kelainan pada tulang, tulang terasa sakit dan ngilu, dan semacamnya. Semoga bermanfaat menambah wawasan mengenai macam-macam sendi dan perbedaannya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 17th, June 2018 / 14:55 Oleh :