Sponsors Link

9 Penyebab Penyakit Gout Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Penyakit gout merupakan nama lain dari penyakit asam urat. Atau di Indonesia biasa disebut dengan penyakit rematik. Atau bagi orang awam masih menyebutnya sebagai penyakit encok. Perlu diketahui bahwa rematik merupakan peradangan pada sendi yang menyebabkan arthritis, sedangkan Gout merupakan penyakit yang menyerang bagian urat-urat didalam tubuh. Jelas bahwa penyakit gout tidaklah sama dengan penyakit rematik seperti perkiraan orang-orang selama ini. Penyakit Gout ini menyerang urat-urat yang berada di bagian sendi. Dan yang paling sering terkena penyakit asam urat ini adalah sendi tangan, lutut, telapak kaki serta jari kaki. Penyakit gout ini yang menjadi penyebab lutut sakit saat berdiri.

ads

Penyakit gout merupakan salah satu macam-macam penyakit tulang. Akan tetapi, penyakit kali ini tidak secara langsung menyerang tulang, melainkan menyerang pada urat yang berada di sendi. Sehingga akan kesulitan dalam menggerakkan sendi yang berada dibagian tubuh. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan tulang terasa ngilu dan pegal. Penyebab penyakit gout terjadi karena ginjal yang bertugas menyaring asam urat didalam tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga penumpukan asam urat yang semakin banyak akan tersangkut di bagian sendi. Hal inilah yang menjadi penyebab tulang ngilu. Untuk mengetahui penyebab penyakit gout bisa diketahui dari beberapa penyebab, yakni :

1. Penumpukan Kadar Asam Urat

Protein purina yang berada dalam jenis makanan hati, daging merah serta kacang polong akan diuraikan menjadi purin didalam tubuh. Jika makanan penyebab nyeri sendi terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya akan menimbulkan kelebihan purin (asam urat) didalam tubuh. Sehingga akan menimbulkan kristal-kristal yang akan menusuk-nusuk di daerah sendi. Kristal yang menusuk inilah yang menyebabkan munculnya rasa nyeri di bagian sendi. Asam urat yang menumpuk akan tertumpuk dan tersendat di bagian sendi jika pengeluarannya tidak sempurna.

2. Obesitas

Peningkatan berat badan terjadi karena lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak berhasil diserap secara benar nutrisinya oleh enzim yang bertugas. Sehingga lemak tidak terurai menjadi energi ataupun terbuang. Sehingga menimbulkan penumpukan lemak didalam tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak juga beresiko dalam memicu penyakit gout menyerang. Maka dari itu, menghindari penyebab penyakit gout dengan mengurangi makanan berlemak, dapat membantu dalam menjalankan pola hidup sehat.

3. Minuman Alkohol

Penyebab penyakit gout yang selanjutnya adalah konsumsi minuman yang harus diperhatikan. Minuman yang mengandung alkohol jika terlalu banyak dikonsumsi juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Minuman beralkohol merupakan pantangan radang sendi tulang yang harus diwaspadai. Untuk tidak memunculkan penyakit gout, sebaiknya hindari minuman yang mengandung alkohol saat ini juga.

4. Faktor Genetik

Genetik atau keterunan juga bisa menjadi penyebab penyakit gout. Sindrom Lesch-Nyhan atau Kelley Seegmiller merupakan penyakit yang menyebabkan kadar asam urat tinggi didalam tubuh. Meskipun penyebab penyakit gout kali ini faktor keturunan, akan tetapi tidak salah jika tetap harus menjaga pola makan. Agar kadar asam urat tidak terus bertambah. Sehingga pencegahan dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur setidaknya bisa menjaga kestabilan kandungan asam urat didalam tubuh.

5. Jarang Melakukan Olahraga

Olahraga sangat penting bagi proses pembakaran didalam tubuh. Dengan berolahraga, pembakaran karbohidrat menjadi energi bisa berlangsung lebih cepat. Sehingga energi yang dihasilkan juga selalu memberikan efek semangat bagi tubuh. Selain itu olahraga juga mampu mencegah penyakit gout munyerang. Karena dengan olahraga, lemak jahat serta kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh mampu dibakar secara sempurna. Sehingga dapat dikeluarkan dan menjadi energi, tidak lagi menumpuk yang menyebabkan kadar asam urat tinggi.

6. Makanan Yang Kurang Sehat

Sponsors Link

Lima sehat empat sempurna bukan merupakan semboyan belaka. Pemenuhan akan karbohidrat, protein, vitamin serta serat didalam tubuh sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Asupan nutrisi yang cukup dapat membantu menguraikan lemak jahat maupun kolesterol jahat dengan sangat baik. Sehingga konsumsi makan bergizi secara seimbang dapat membantu membuang lemak-lemak yang menumpuk didalam tubuh, yang bisa menjadi penyebab penyakit gout.

7. Minum Air Putih

Air putih merupakan kata yang difahami bagi orang awam untuk menyebutkan air mineral. Air putih yang tidak berwarna dan tidak berasa merupakan air yang bagus bagi kesehatan. Rajin minum air putih kurang lebih 2 liter atau sama dengan 8 gelas per hari dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Yang itu artinya juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Sehingga nutrisi makanan mampu diserap secara utuh oleh tubuh. Menghindari penyebab penyakit gout dapat dilakukan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh salah satunya dengan pemenuhan air yang cukup didalam tubuh.

Sponsors Link

8. Hindari Makanan Seafood

Pantangan radang sendi yang selalu menggoda iman satu ini memang sangat sulit untuk dihindari. Apalgi kesukaan terhadap makanan seafood sudah mendarah daging didalam tubuh. Bagi penderita penyakit gout harus mampu menahan hawa nafsunya untuk bisa mengkonsumsi makanan seafood. Bagi yang tidak terjangkit penyakit gout, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan jenis ini terlalu berlebihan. Karena diketahui bahwa makanan seafood mengandung koleterol serta purin yang tinggi. Dengan adanya kandungan penyebab penyakit gout muncul, disarankan agar tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

9. Hindari Buah Nangka Dan Durian

Pantangan bagi penderita penyakit gout adalah menghindari makanan yang mengandung kolesterol serta purin yang tinggi. Kolesterol dan purin tidak hanya berada dalam makanan seafood ataupun yang berlemak saja. Melainkan buah-buahan pun juga memiliki kandungan yang sama yang dapat menjadi penyebab penyakit gout. Nangka memiliki kandungan purin dan durian memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Sehingga jika dua buah makanan ini dikonsumsi secara berlebihan, dapat menjadi penyebab penyakit gout muncul.

Makanan serta minuman yang harus dihindari agar penyakit gout memang menggoda iman bukan. Akan tetapi, jika ingin hidup sehat tanpa memiliki pengalaman penyakit yang menjadikan hidup memiliki pengalaman yang buruk, sebaiknya hindari makanan serta minuman yang disebutkan sebelumnya. Selain obat-obatan, penyakit gout juga dapat disembuhkan dengan ramuan tradisional untuk nyeri sendi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 06th, May 2018 / 04:46 Oleh :