Sponsors Link

Tumor Tulang Lutut – Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Tumor tulang lutut atau disebut pula dengan nama penyakit osteosarcoma lutut merupakan salah satu jenis kanker tulang yang paling sering dijumpai khususnya pada remaja berusia 20 ke bawah dan anak-anak. Sejak awal perkembangannya dari tumor, penyakit kanker ini pada umumnya menyerang tulang-tulang berukuran besar yang memiliki tingkat pertumbuhan cepat, seperti misalnya tulang lutut. Atas dasar itulah, penyakit tumor tulang lutut, atau kanker tulang lutut atau osteosarcoma lutut, biasanya terjadi di masa remaja karena pada fase inilah tulang tumbuh dengan kecepatan yang paling tinggi.

ads

Osteosarcoma merupakan salah satu jenis kanker agresif, akan tetapi mayoritas pasien bisa sembuh setelah melalui beberapa metode pengobatan. Agar kita bisa mengantisipasi dan mengatasi masalah yang satu ini dengan cara yang tepat, tentunya kita perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai tumor tulang pada lutut, yang meliputi gejalanya, penyebabnya, dan tentunya pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tulang lutut. Dengan demikian, kita bisa menghadapi penyakit tumor atau kanker tulang lutut dengan lebih baik.

Gejala Osteosarcoma

Lantas apa saja gejala penyakit osteosarcoma tersebut? Untuk memudahkan dirimu dalam mengantisipasi masalah osteosarcoma atau dalam hal ini adalah penyakit tumor tulang lutut, beberapa hal yang mungkin akan dialami ketika terjadi tumor pada tulang lutut adalah sebagai berikut:

  • Munculnya rasa nyeri dan atau rasa sakit pada bagian tulang atau sendi lutut
  • Pergerakan lutut atau kaki menjadi terbatas
  • Apabila lutut disentuh, rasa sakit bisa muncul
  • Terjadi pembengkakan atau muncul benjolan di sekitar bagian tulang lutut
  • Gerakan berjalan menjadi agak aneh atau tidak seperti biasanya
  • Pada beberapa kasus bisa menyebabkan patah tulang pada bagian sekitar tulang lutut
  • Munculnya rasa nyeri ketika lutut berupaya untuk digerakkan

Apabila beberapa macam gejala di atas terjadi pada dirimu atau kamu alami, maka ada baiknya apabila kamu segera memeriksakan ke dokter ahli terdekat, supaya kamu bisa cepat mengatasi masalah tersebut. Tentunya kamu harus cepat memeriksakan apabila gejala dialami selama beberapa waktu yang cukup lama.

Penyebab Osteosarcoma

Lantas apa saja penyebab tumor tulang pada lutut? Layaknya masalah tumor pada umumnya, pada umumnya tumor yang terjadi pada tulang lutut disebabkan karena kesalahan kode genetik pada DNA seseorang yang bisa disebabkan karena mutasi, kesalahan saat proses penyatuan atau kodifikasi gen, dan berbagai macam sebab yang lain.

Akibat kesalahan proses tersebut, maka DNA yang terbentuk, khususnya pada bagian lutut, mengalami kelainan atau kecacatan yang membuat sel yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan tulang lutut berkembang menjadi tumor. Paparan radiasi menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap munculnya masalah mutasi genetik yang dialami oleh seseorang. Oleh karena itulah, ibu yang sedang hamil ada baiknya menjauhi sumber-sumber radiasi yang dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya mutasi genetik pada sel bayi yang ada di dalam kandungannya.

Diagnosa Osteosarcoma

Pengobatan tumor tulang lutut, bisa dibilang diawali dari upaya untuk melakukan diagnosis. Diagnosis pada dasarnya merupakan suatu langkah dokter untuk mengidentifikasi penyakit atau kondisi yang bisa menjelaskan masalah yang dialami oleh pasien.

Beberapa macam cara untuk mendeteksi penyakit tumor tulang ini di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tes darah

Tes darah bisa dilakukan untuk melakukan deteksi terhadap perubahan kandungan darah pada daerah tulang lutut untuk mendeteksi ada atau tidaknya masalah osteosarcoma atau radang sendi pada pasien.

Sponsors Link

2. Pemindaian tulang

Pada model ini, dokter menyuntikkan bahan radioaktif ke pembuluh darah pasien untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pada tulang pasien, dengan indikasi kecepatan tulang dalam menyerap bahan radioaktif yang ditembakkan dengan cara positron emission tomography. Tulang normal akan memiliki kecepatan penyerapan yang lebih lambat menyerap bahan radioaktif dibanding tulang yang mengalami sakit. Setelah ditembakkan ini, maka dilakukan pencitraan sinar X untuk melihat tingkat kecepatan penyerapan bahan radioaktif.

3. Pencitraan tulang

Selain pencitraan untuk melihat kecepatan tulang dalam menyerap bahan radioaktif, dilakukan pula CT scan dan MRI scan untuk menggambarkan penyebaran kanker tulang ke organ lain dan untuk menggambarkan tulang yang mengalami masalah dengan lebih detail. Apabila hasil dari pencitraaan ditemukan adanya tanda osteosarcoma, maka diperlukan upaya biopsi untuk mengambil sampel jaringan atau tulang dari bagian tubuh yang terasa nyeri atau membengkak. Cara ini juga bisa membantu dalam melihat gejala tumor tulang belakang ataupun jenis tumor tulang yang lain.

Pengobatan Osteosarcoma

Setelah tahap diagnosis selesai dilakukan, maka langkah berikutnya yang dilakukan tentu saja adalah pengobatan tumor tulang. Ada berbagai macam cara untuk mengobati osteosarcoma tergantung dari tingkat keparahan dan juga lokasi tumor tulang lutut tersebut dan setelah proses biopsi selesai. Oleh karena itulah, dokter tidak boleh memutuskan dengan asal apabila akan menangani pasien yang mengalami masalah tumor tulang.

Beberapa cara umum yang dilakukan untuk mengatasi masalah tumor tulang atau kanker tulang atau osteosarcoma adalah sebagai berikut:

1. Pembedahan

Salah satu cara utama untuk melakukan pengobatan terhadap masalah tumor tulang adalah dengan melakukan pembedahan. Langkah yang satu ini biasanya dilakukan untuk mengangkat jaringan tumor yang terdapat pada lutut. Tentunya dokter yang akan memutuskan dengan sendirinya apakah tindakan pembedahan perlu dilakukan, kapan akan dilakukan dan berbagai macam hal lain yang perlu untuk dibicarakan pun akan dibahas dengan detail dengan pasien dan keluarganya.

Sponsors Link

2. Terapi

Selain melakukan pembedahan, cara mengobati tumor tulang pada lutut yang lain adalah dengan cara melakukan terapi, yaitu terapi radiasi dan kemoterapi. Dua terapi ini merupakan terapi utama yang biasa digunakan untuk membunuh sel tumor atau kanker ketika pembedahan belum dilakukan. Kemoterapi biasanya dilakukan dengan obat-obatan, sementara terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan pancaran sinar X.

3. Operasi pengangkatan tulang dan amputasi

Selain melakukan beberapa cara di atas, dokter juga bisa melakukan pengangkatan tulang dan amputasi. Prosedur pengobatan ini bisa dilakukan apabila belum terjadi kanker yang keluar dari tulang, atau apabila kanker baru telah menyebar di jaringan sekitar tulang. Sementara itu, amputasi dilakukan apabila kanker menyebar hingga ke saraf, pembuluh darah, dan kulit para penderitanya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tumor pada tulang lutut. Semoga informasi ringkas di atas bisa membantumu ketika berhadapan dengan tumor tulang lutut ya, sehingga masalah tumor tulang pada lutut bisa diselesaikan dengan cara yang mudah dan tentunya dengan cara yang tepat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Jangan lupa pula untuk mempelajari penyakit tulang ekor memar yang juga berbahaya ya.

Selamat menjaga kesehatan tulangmu!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 12th, January 2018 / 16:06 Oleh :
Kategori : Tumor Tulang