Sponsors Link

Tulang Panggul Patah: Bahaya dan Pengobatannya

Sponsors Link

Berbagai kejadian yang tidak diinginkan bisa menimbulkan patah tulang pada bagian anggota tubuh. Salah satunya adalah tulang panggul patah yang bisa menimbulkan komplikasi berbahaya dan juga bisa menyebabkan tulang pinggul geser serta tulang ekor sakit. Penyebabnya bisa karena kecelakaan lalu lintas, terjatuh dan berbagai penyebab lainnya serta perlu diketahui juga akibat jatuh terduduk bagi wanita.

ads

Bahaya Tulang Panggul Patah

  1. Infeksi

Patah tulang bisa menimbulkan infeksi dimana infeksi tersebut menyebabkan bakteri maupun virus masuk ke dalam aliran darah yang akan menyebar ke seluruh tubuh dan bisa menyerang dan menginfeksi organ lainnya.

  1. Pneumonia

Pneumonia ini adalah kondisi dimana paru-paru penuh dengan kantong-kantong berisi cairan yang membuat paru-paru membengkak yang dikenal juga dengan penyakit paru-paru basah yang terjadi akibat adanya infeksi. Salah satu penyebabnya bisa karena tulang panggul patah yang akhirnya infeksi dan bakterinya menyebar ke jaringan lain.

  1. Deep vein thrombosis (DVT)

Ini adalah kondisi dimana adanya darah yang menggumpal di dalam saluran pembuluh vena dalam tubuh dan biasanya sering terjadi pada bagian paha kaki. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian karena gumpalan tersebut akan menganggu sirkulasi darah dan menimbulkan terjadinya kerusakan organ tubuh hingga embolisasi paru-paru.

  1. Pendarahan

Resiko pendarahan sangat rentan terjadi pada tulang panggul patah karena tulang panggul terletak berdekatan dengan pembuluh darah utama sehingga patahan tulang pada panggul tersebut bisa mengenai dan merusak pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan pendarahan.

  1. Nekrosis avaskular

Bahaya tulang panggul patah bisa menyebabkan jaringan-jaringan yang ada pada area pinggul dan paha menjadi mati akibat aliran darah menjadi tidak lancar dan terganggu karena patahan pada tulang panggul tersebut. Kondisi ini juga akan menyebabkan rasa nyeri kronis pada penderita patang tulang panggul yang nyerinya bisa menahun.

  1. Gerak terbatas

Meskipun telah menjalani operasi dan pengobatan untuk patah tulang panggul namun tidak semua penderita bisa pulih kembali dalam kondisi normal karena bergantung pada kesehatan tulang dan tingkat keparahan patah tulangnya si penderita. Pada penderita osteoporosis maka akan sulit untuk pulih secara utuh yang pada akhirnya akan menimbulkan kepayahan dalam bergerak dan beraktivitas.

Pengobatan untuk Tulang Panggul Patah

  1. Rehabilitasi

Cara mengobati patah tulang panggul bisa dengan menjalani rehabilitasi yang merupakan jalan lain yang bisa ditempuh untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan tulang panggul patah dengan cara bergerak, berdiri dan berjalan menggunakan bantuan dari alat-alat pendukung dan juga terapis yang berpengalaman atau ahli fisioterapi.

Sponsors Link

  1. Operasi

Tindakan operasi harus dilakukan pada penderita tulang panggul yang parah untuk memperbaiki kembali posisi tulang panggul yang bergeser, mengganti tulang yang telah hancur atau menyambung kembali tulang panggul yang patah agar si penderita patah tulang bisa kembali beraktivitas atau anda juga bisa menjalani pengobatan patah tulang panggul tanpa operasi paling ampuh dan aman.

  1. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan sangat diperlukan selama proses pengobatan dan penyembuhan tulang panggul patah yang akan diresepkan oleh dokter. Obat-obatannya bisa berupa antibiotik untuk mencegah terjadi infeksi dan obat penghilang rasa sakit akibat patah tulang serta obat-obatan yang dibutuhkan lainnya seperti obat-obatan biphosphonate dan vitamin D untuk menguatkan tulang guna menghindari terjadinya patah tulang ulangan akibat tulang yang rapuh atau Osteoporosis. Dan juga obat-obatan antikoagulan guna mencegah terjadinya penggumpalan darah pada tulang pinggul.

Itulah penjelasan mengenai bahaya tulang panggul patah serta pengobatannya yang perlu untuk diketahui agar kita lebih hati-hati dalam bekerja dan beraktivitas agar terhindar dari bahaya terjatuh yang bisa menyebabkan patah tulang. Selama proses penyembuhan patah tulang sebaiknya diikuti dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 18th, May 2018 / 04:42 Oleh :