Sponsors Link

Sakit Tulang Telapak Kaki: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Telapak kaki sakit pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat berjalan. Hal ini dapat membuat aktivitas menjadi terganggu karena sakit atau nyeri pada telapak kaki. Telapak kaki sakit bisa muncul kapan saja dan menjadi penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit, misalnya saat bangun tidur atau berjalan-jalan. Sakit tulang telapak kaki bisa dirasakan di beberapa titik, seperti tumit, bagian tengah telapak kaki dan di sekitar jari kaki.

ads

Apa gejalanya?

Rasa sakit pada telapak kaki terjadi karena plantar faciitis. Plantar faciitis adalah radang yang terjadi pada plantar fasia, yaitu lapisan tebal pada telapak kaki yang menghubungkan tulang tumit hingga jari-jari kaki. Sakit pada tulang telapak kaki akan timbul beberapa gejala seperti:

  1. Terasa panas, ditusuk-tusuk dan nyeri, seperti nyeri tumit saat berjalan.
  2. Rasa sakit akan semakin bertambah jika terlalu sering berjalan atau berdiri.
  3. Kaki kaku saat berjalan atau naik tangga.
  4. Sakit paling parah terjadi pada saat digunakan menapak setelah bangun tidur.

Apa penyebabnya?

Plantar fasia berperan untuk membantu telapak kaki bergerak dan menahan beban atau tekanan. Bila plantar fasia mengalami tegang dan tidak mampu menahan beban yang terlalu besar, dapat menyebabkan sakit tulang telapak kaki. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit pada tulang telapak kaki:

1. Asam urat

Sakit pada tulang telapak kaki merupakan salah satu ciri-ciri radang sendi yang disebabkan karena kristal asam urat yang menumpuk. Sendi yang terkena biasanya akan terasa panas dan bisa mengalami bengkak. Keadaan ini dapat terjadi dengan tiba-tiba dan tidak bisa hilang begitu saja walaupun telah beristirahat.

2. Memakai sepatu hak tinggi

Pemakaian sepatu ber hak tinggi membuat kaki menumpu beban pada jari kaki. Hal ini dapat menyebabkan sakit tulang telapak kaki, cidera dan membuat otot pada telapak kaki menjadi tegang, tulang terasa ngilu dan pegal sehingga akan sulit untuk digerakkan.

3. Telapak kaki kapalan

Kapalan merupakan salah satu cara kulit untuk melindungi diri dari gesekan, bisa karena ukuran sepatu yang kekecilan atau yang lain. Jika dibiarkan begitu saja, bagian telapak kaki yang kapalan akan terasa perih dan pecah-pecah.

4. Obesitas

Beban tubuh terlalu berat dapat menjadi penyebab arthritis, yaitu terjadi nyeri pada tulang telapak kaki karena plantar fasia tidak mampu menahan berat terlalu besar. Selain itu, sakit tulang telapak kaki juga bisa disebabkan karena terlalu banyak berjalan dan melakukan olahraga yang terlalu berat.

5. Pengeroposan tulang

Pengeroposan tulang pada telapak kaki dapat menyebabkan macam-macam penyakit tulang termasuk sakit dan nyeri telapak kaki. Telapak kaki yang sakit saat digunakan untuk berjalan adalah salah satu ciri-ciri tulang keropos. Hal ini bisa terjadi karena penuaan, cidera atau radang tulang sendi.

Sponsors Link

Bagaimana pengobatannya?

Sakit tulang telapak kaki dapat diobati dengan melakukan perawatan sendiri atau pengobatan medis.

Perawatan sendiri:

  • Kompres pada bagian yang sakit 3 atau 4 kali dalam sehari.
  • Menggunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai dan nyaman digunakan.
  • Mengurangi aktivitas berat.
  • Melakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot kaki.

Jika perawatan sendiri tidak membantu, disarankan untuk melakukan pengobatan medis yaitu:

  • Fisioterapi, untuk mengobati nyeri dan menyembuhkan tulang yang sakit.
  • Suntik steroid, pada bagian telapak kaki yang sakit.
  • Bedah, jika sakit terlalu parah dan semua pengobatan yang telah dilakukan tidak ada yang berhasil.

Demikian penjelasan mengenai gejala, penyebab serta pengobatan untuk tulang telapak kaki yang sakit. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 30th, June 2018 / 02:43 Oleh :