Sponsors Link

15 Ciri-Ciri Penyakit Fibromyalgia Pada Otot Terasa Nyeri Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Penyakit fibromyalgia bukan termasuk dalam macam-macam penyakit tulang, akan tetapi efek penyakit ini dapat menjadi penyebab tulang terasa ngilu. Meskipun sebenarnya, bukan tulang yang merasa ngilu melainkan otot-ototnya. Ciri-ciri penyakit firbomyalgia juga memiliki kemiripan dengan beberapa penyakit yang juga menyerang otot tubuh seperti tetanus, cerebral palsy, serta miastenia gravis. Akan tetapi, terdapat perbedaan diantara beberapa penyakit tersebut dengan fibromyalgia.

ads

Fibromyalgia merupakan suatu kondisi kesehatan yang gejalanya bisa terasa dengan munculnya rasa sakit di sekujur tubuh. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Akan tetapi orang dewasa dengan usia 30 hingga 50 tahun lebih rentan untuk mengidap penyakit fibromyalgia. Selain itu anak-anak serta bayi juga masih rentan mengidap penyakit ini karena metabolisme tubuh yang masih lemah. Penderita rheumatoid arthritis atau lupus juga mudah terjangkit penyakit ini. Karena ciri-ciri penyakit fibromyalgia sebagian besar menyerang pada seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. (baca juga: cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang)

1. Otot yang kaku

Merupakan ciri-ciri penyakit fibromyalgia, jika otot kaku dirasakan selama kurang lebih 3 bulan hendaknya segera memeriksakan diri pada dokter untuk dilakukan diagnosa dan penanganan yang tepat.

2. Nyeri otot

Nyeri otot yang biasa dirasakan kebanyakan orang mungkin saja bukan nyeri otot biasa. jika terasa nyeri otot yang memiliki sensasi layaknya ditusuk-tusuk sebaiknya segera periksakan pada dokter terdekat. Dan fibromyalgia biasanya muncul pada otot bagian bahu atas, otot kaki, otot paha serta otot lengan.

3. Otot serasa terbakar

Merupakan ciri khas penyakit fibromyalgia. Hal ini yang membedakan antara fibromyalgia dengan penyakit lainnya yang disebutkan sebelumnya. Meski sama-sama mengalami kelemahan otot, akan tetapi sensai otot yang terbakar hanya disebabkan oleh fibromyalgia. Kewaspadaan perlu dilakukan jika hal ini terjadi pada tubuh dalam jangka waktu 3 bulan dengan intensitas rasa terbakar yang lumayan sering muncul.

4. Sakit kepala

Sakit kepala biasa akan muncul ketika seseorang merasakan ketegangan. Karena tegang dapat mengganggu kinerja otot leher yang akhirnya juga menyambung terhadap beberapa saraf di otak. Sakit kepala yang muncul dengan intensitas sering tidak seharusnya disepelekan. Memasang kewaspadaan pada kesehatan badan juga diperlukan, karena hal itu menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres didalam tubuh. (baca juga: sakit tulang pelipis menjalar ke kepala)

5. Insomnia

Sulit untuk istirahat di malam hari merupakan ciri-ciri fibromyalgia yang juga perlu diwaspadai. Hal ini terjadi karena sensasi, nyeri, kaku, panas serta terbakar pada otot. Sensasi rasa yang seperti itu menyebabkan seseorang tidak dapat beristirahat dengan tenang pada malam hari. Bahkan beberapa penderita harus terbangun ketika sedang tidur karena datangnya nyeri otot yang tiba-tiba.

6. Kelelahan

Tubuh yang telah terserang penyakit fibromyalgia memiliki ciri-ciri cepat lelah dalam melakukan pekerjaan. Cepat lelah yang dirasakan oleh tubuh dengan intensitas istirahat cukup dan kapasita pekerjaan yang sedikit, merupakan salah satu ciri-ciri penyakit fibromyalgia. (baca juga: pengapuran di ruas tulang leher)

Sponsors Link

7. Sensitifitas yang meningkat

Setiap orang pasti memiliki sifat yang sensitif terhadap sesuatu. Akan tetapi, peningkatan sensitifitas akan terjadi pada seseorang yang memiliki penyakit fibromyalgia. Sensitifitas yang terjadi bukan merupakan sensitifitas yang normal seperti orang biasanya, melainkan seorang penderita fibromyalgia akan merasa terganggu jika cahaya terlalu terang, sensitif terhadap suara, serta merasa nyeri ketika disentuh. Hal-hal tersebut ciri-ciri penyakit fibromyalgia yang tidak biasanya dimiliki oleh seseorang yang normal.

8. Migrain

Sakit kepala yang terjadi bukan hanya sakit kepala yang terasa di semua bagian kepala. Ciri-ciri penyakit fibromyalgia juga menyebabkan migrain atau sakit kepala sebagian. Migrain yang terjadi secara berulang juga bisa menjadi penyebab adanya penyakit fibromyalgia didalam tubuh. (baca juga: tulang ekor sakit saat duduk lama)

9. Fokus yang menurun

ads

Sakit yang dirasakan penderita fibromyalgia juga bisa melemahkan terhadap beberapa hal. Salah satunya yakni kefokusan seseorang. Hal ini disebabkan sakit disertai nyeri pada otot yang dirasakan mampu menurunkan konsentrasi seseorang dan meningkatkan ketidaknyamanan.

10. Tubuh yang tidak bisa seimbang

Keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan dalam segala kegiatan, seperti berjalan, duduk dan lain sebagainya. Ciri-ciri fibromyalgia juga menimbulkan tidak lagi ada keseimbangan tubuh seperti biasanya. Jika tubuh dirasa tidak bisa lagi seimbang dalam beberapa waktu yang cukup lama, segera periksakan pada dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

11. Munculnya penyakit kulit

Ciri-ciri fibromyalgia yang selanjutnya yakni adanya masalah kulit yang terjadi. Penyakit kulit yang muncul bisa dengan adanya jerawat, benjolan merah di permukaan kulit serta kulit mengalami bengkak. Jika penyakit kulit yang muncul dirasa bukan penyakit kulit yang normal, serta adanya beberapa ciri penyakit fibromyalgia lain yang dirasakan, disarankan agar segera berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan pada dokter. (baca juga: penyebab cerebral palsy)

12. Depresi 

Depresi atau stres tidak hanya berlaku pada seseorang yang memiliki tingkat stres yang tinggi atau masalah yang menumpuk. Depresi juga bisa terjadi dengan perlakuan seperti rasa cemas, sedih serta gembira yang tiba-tiba muncul ataupun hilang dengan sendirinya tanpa ada sebab yang jelas.

13. Sensitif terhadap suhu

Penderita fibromyalgia tidak hanya sensitif terhadap cahaya, suara maupun gerakan saja. Melainkan juga pada suhu. Hal ini terjadi karena tubuh tidak lagi mampu dalam mengatur suhu tubuh. (baca juga: tbc tulang)

14. Kram perut dan sindrom iritasi usus

kram serta iritasi usus juga merupakan salah satu ciri-ciri penyakit fibromyalgia. Ketika perut merasa tidak nyaman serta diikuti beberapa ciri lainnya hendaknya segera periksa ke dokter.

15. Nyeri Haid yang berlebihan

Nyeri haid yang biasa terjadi pada wanita juga perlu diwaspadai jika nyeri yang dirasakan tiba-tiba berlebihan dan tidak seperti biasanya. Dan terjadi dalam beberapa kali siklus haid. Selain itu jika nyeri haid disertai dengan otot kaku seperti terbakar dan sangat sakit bisa menjadi hal tersebut bukan nyeri haid biasa. Melainkan adanya ciri-ciri fibromyalgia didalam tubuh seorang wanita. (baca juga: ciri-ciri kanker tulang belakang)

Beberapa penyebab ciri-ciri penyakit fibromyalgia bisa mucul dalam tubuh seseorang yakni karena faktor genetik. Selain itu trauma fisik yang disebabkan oleh cidera/infeksi, melahirkan, menjalani operasi serta terdapat masalah saat berhubungan dengan pasangan juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit fibromyalgia. Dan bagi seseorang yang memiliki penyakit kronis sebelumnya, dapat menjadikan fibromyalgia semakin parah. Untuk itu perlu dilakukan secara cepat dalam menangani penyakit ini dengan cara segera periksakan ke dokter. Jangan sampai penyakit ini didiamkan lebih dari 12 minggu. Karena akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Dalam kasus penanganannya, dokter juga akan memberikan perlakuan yang berbeda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 10th, May 2018 / 05:15 Oleh :