Sponsors Link

18 Gejala Kanker Tulang Kaki dan Stadiumnya

Sponsors Link

Kanker tulang kaki perlu untuk diketahui masyarakat sebagai upaya deteksi dini jika ada kelainan pada tulang, sehingga masyarakat bisa tanggap dengan kondisi tubuhnya masing-masing dan segera melakukan pengobatan dan juga pencegahan. Kanker tulang kaki itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang siapa saja kapan saja. Kanker tulang kaki merupakan kanker yang menyerang tulang di bagian kaki. Hal ini akan menimbulkan beberapa gejala yang perlu dipahami. Kanker tulang kaki bisa berkembang dan bisa jadi menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan jika kanker tidak segera diobati atau ditangani dengan baik.

ads

Pada dasarnya kanker tulang kaki ada dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Kanker tulang primer terjadi jika kanker tulang memang berasal dari tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder terjadi jika jaringan kanker dibawa oleh organ lainnya yang sebelumnya sudah pernah menyerang tubuh. Pada dasarnya kanker tulang bisa menyerang tulang lainnya, dan bukan hanya bagian kaki saja. Namun kanker tulang memang lebih rentan menyerang tulang kaki dan tangan. Gejala kanker tulang kaki yang biasa terjadi secara fisik antara lain sebagai berikut:

1. Kesulitan berjalan

Gejala pada penderita kanker tulang kaki yang bisa dilihat ketika kanker sudah mulai menyerang dan menjangkiti tulang pada bagian kaki adalah kesulitan berjalan. Penderita kanker tulang kaki akan lebih sulit untuk bergerak karena sistem geraknya memang sedang terganggu. Gejala inilah yang paling bisa dilihat oleh orang lain secara fisiknya. (baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

2. Kelemahan tulang

Kanker tulang secara tidak langsung bukan hanya akan membuat penderitanya kesulitan bergerak, namun juga akan menyebabkan penderitanya memiliki tulang yang lebih lemah daripada tulang normal pada umumnya. Hal ini dikarenakan jaringan kanker akan mempengaruhi kinerja dan struktur tulang sehingga tulang menjadi lemah dan semakin lemah dari waktu ke waktu.

Artikel Terkait:

3. Retak hingga patah tulang

Karena tulang menjadi lemah dari waktu ke waktu, tentu saja tulang akan lebih mudah retak hingga patah. Hal ini wajar, karena tulang telah kehilangan kekuatannya akibat serangan dari sel kanker tulang itu sendiri. Dan biasanya, seseorang baru menyadari bahwa dirinya terkena kanker tulang adalah setelah mengobati patah tulang tersebut dan mendapat diagnosa bahwa patah tulang ini disebabkan oleh kanker tulang. (baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

4. Rasa nyeri pada kaki

Gejala ini yang mungkin pertama kali dirasakan oleh seseorang yang baru saja terserang kanker tulang kaki. Rasa nyeri pada kaki akan muncul seperti rasa nyeri ketika baru saja melakukan aktivitas berat. Namun kebanyakan orang tidak menganggapnya serius dan menganggapnya hanya lelah biasa. Perbedaan dari rasa nyeri pada kaki saat kanker dan tidak adalah pada jangka waktu rasa nyeri itu hadir. Jika seseorang hanya lelah biasa, maka rasa nyeri pada kaki itu bisa jadi akan hilang berangsur-angsur setelah dipijat atau diberi obat oles. Sedangkan rasa nyeri pada kaki untuk penderita kanker kaki, kemungkinan tidak bisa hilang. Atau hilang sejenak setelah dipijat, namun kemudian hadir lagi.

5. Mati rasa

Penderita kanker tulang kaki juga bisa saja mengalami gejala ini, yaitu mati rasa pada bagian kaki. Mati rasa ini disebabkan oleh susunan saraf yang ada pada daerah tersebut sudah rusak, sehingga kaki tidak akan terasa jika dirangsang dengan sentuhan. (baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

6. Berjalan pincang

Sponsors Link

Gejala kanker tulang kaki lainnya adalah berjalan pincang. Jika kanker kaki menyerang salah satu kaki dan kaki lainnya masih bisa dipergunakan untuk berjalan, maka penderita kanker kaki kemungkinan masih bisa berjalan namun harus menggunakan alat bantu seperti tongkat. Jika tidak, maka berjalannya akan pincang dikarenakan tulang masih lemah.

7. Benjolan pada bagian kaki

Gejala lain yang cukup bisa diamati secara fisik adalah jika terdapat benjolan atau pembengkakan pada bagian kaki. Hal ini dikarenakan jaringan kanker telah menginfeksi bagian tulang dan menyebabkan peradangan atau inflamasi di daerah kaki. Sehingga gejala yang muncul adalah terdapat benjolan pada bagian kaki yang terinfeksi kanker. Pembengkakan ini akan berwarna kemerahan. (baca juga: Penyebab Pengapuran Tulang)

8. Rasa nyeri pada sendi

Penderita kanker kaki juga bisa mendapatkan gejala berupa rasa nyeri pada persendian. Persendian pada kaki di antaranya lutut, pergelangan kaki, dan juga jari jemari kaki. Jika kanker tulang yang menyerang ternyata menginfeksi bagian yang dekat dengan sendi, maka persendian pun akan mendapatkan imbasnya juga. Persendian akan terasa sakit dan nyeri, apalagi jika digerakkan.

9. Sering merasa lelah

Penderita kanker tulang kaki pada tahap awal, mungkin akan mengalami gejala ini. Penderita kanker tulang kaki akan lebih sering merasa lelah dan tidak seperti hari biasanya. Jika biasanya kelelahan hanya muncul setelah bekerja atau berolahraga, maka kelelahan untuk penderita kanker kaki akan tetap muncul walau tubuhnya tidak digunakan untuk berolahraga atau bekerja.

10. Demam

Jika kanker sudah menyerang cukup parah, gejala demam juga akan terjadi. Demam ini bisa terjadi hingga mencapai suhu di atas 38 derajad celcius. Demam ini disertai dengan keringat dingin dan lebih sering terjadi saat malam hari. (baca juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang Tengah)

11. Penurunan berat badan

ads

Penderita kanker tulang akan mengalami penurunan berat badan sehingga tubuhnya akan lebih kurus dan bahkan sangat kurus. Hal ini dikarenakan semua nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya akan difokuskan dalam usaha perlawanan terhadap infeksi kanker tulang yang ada, sehingga tubuh akan kekurangan nutrisi. Maka tubuhnya akan perlahan-lahan menjadi turun berat badannya.

12. Anemia

Kanker tulang juga bisa menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah. Seperti yang diketahui, sel darah ini tugasnya adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika sel darah berkurang, maka tentu saja tubuh akan lebih lemas dan kurang tenaga. (baca juga: Penyebab Terjadinya Osteomalasia)

13. Kaku sendi

Selain rasa sakit pada bagian sendi, kanker tulang juga bisa membuat sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Hal ini terjadi jika kanker menyerang bagian kaki yang dekat dengan sendi. Jika lutut kaku dan tidak bisa digerakkan, maka penderitanya tidak bisa duduk dengan lutut ditekuk dan harus selalu berselonjor saat duduk.

14. Mual

Mual menjadi gejala umum bagi beberapa penyakit, termasuk kanker tulang kaki ini. Hal ini dikarenakan metabolisme dalam tubuh terganggu, sehingga sistem pencernaan juga terganggu dan muncul perasaan mual ini. Bahkan mungkin mual ini bisa disertai dengan muntah. (baca juga: Makanan Penyebab Tulang Keropos)

Baca juga:

15. Penurunan nafsu makan

Penderita kanker tulang kaki juga bisa mengalami penurunan berat badan dikarenakan nafsu makannya menurun dari hari ke hari. Rasa sakit dan juga rasa tidak nyaman pada tubuhnya memang akan membuat tubuh kehilangan nafsu makannya. Namun walau demikian, asupan makanan bergizi tetap diperlukan.

16. Kelumpuhan

Gejala paling parah dari kanker tulang kaki adalah kelumpuhan. Hal ini dikarenakan tulang kaki sudah tidak bisa lagi melawan kanker yang ada, sehingga tulang kaki tidak lagi bisa digunakan untuk berjalan. Oleh karena itu, kanker tulang kaki harus segera diatasi dan ditangani dengan baik agar tidak menyebabkan gejala paling parah ini.

17. Tubuh pucat dan kusam

Tubuh pucat dan kusam ini disebabkan oleh anemia yang terjadi, yaitu karena oksigen tidak bersirkulasi secara normal dalam tubuh. Selain itu, asupan nutrisi yang tidak seimbang juga menyebabkan tubuh menjadi pucat dan juga kusam. (baca juga: Proses Pembentukan Tulang pada Manusia)

18. Komplikasi

Selain kelumpuhan, kanker tulang kaki ini juga bisa menyebabkan komplikasi serius. Yaitu jika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain atau menyerang organ vital lainnya. Komplikasi ini bisa berujung pada kegagalan kinerja organ tubuh sehingga berpeluang menyebabkan kematian.

Itulah beberapa gejala pada kanker tulang kaki yang sering terjadi. Jika terjadi gejala-gejala seperti di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendapatkan solusi terbaik dari penyakit yang diderita. Selain kanker tulang kaki, gejala yang mirip bisa terjadi juga pada penyakit TBC tulang. Maka dari itu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan juga pengobatan yang tepat.

Sponsors Link

Kanker tulang kaki itu sendiri setelah didiagnosis akan dibedakan ke dalam beberapa tingkatan kanker atau yang disebut sebagai stadium. Stadium yang paling rendah akan memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah, sementara stadium tertinggi akan memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi dan berbagaya. Berikut beberapa penjelasan mengenai stadium kanker tulang kaki tersebut.

  • Stadium 1A – Di mana sel kanker atau jaringan kanker yang tumbuh masih memiliki ukuran kurang dari 8 cm dan masih menyerang satu bagian tulang. (baca juga: Gejala TBC Tulang)
  • Stadium 1B – Di mana sel atau jaringan kanker yang tumbuh telah mencapai ukuran lebih dari 8 cm dan masih menyerang satu bagian tulang.
  • Stadium 2A – Di mana sel kanker atau jaringan kanker yang tumbuh masih memiliki ukuran kurang dari 8 cm dan kanker sudah mulai terlihat menjangkit dengan agresif.
  • Stadium 2B – Di mana sel atau jaringan kanker yang tumbuh telah mencapai ukuran lebih dari 8 cm dan kanker sudah mulai terlihat menjangkit dengan agresif.
  • Stadium 3 – Di mana kanker sudah mulai menyebar ke bagian lainnya dari tulang namun masih berada pada 1 tulang yang sama dengan titik berkembangnya kanker pada awalnya.
  • Stadium 4 – Di mana kanker sudah mulai menggerogotu bagian lain dalam tubuh, bisa tulang lainnya, atau parahnya sudah mulai masuk ke organ tubuh lain seperti hati, paru, atau otak. (baca juga: TBC Tulang)

Artikel Lainnya:

Jika seseorang sudah terserang kanker tulang kaki stadium 3 atau bahkan 4, maka kemungkinan terjadi komplikasi dalam tubuhnya karena organ yang terserang kanker sudah bukan hanya satu organ, melainkan beberapa organ. Hal inilah yang berbahaya karena rentan menyebabkan kematian akibat kegagalan kinerja beberapa organ dalam melawan kanker yang ada. Maka dari itu, penyakit ini perlu dideteksi dini untuk mencegah adanya komplikasi yang lebih parah di akhir nanti. Penentuan dari tingkatan kanker itu sendiri dilakukan dalam diagnosis terhadap pasien, di antaranya menggunakan beberapa teknik:

  • Biopsi – Melakukan pengambilan sampel dari tulang yang terkena kanker untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium. Cara ini adalah cara yang paling efektif dan akurat untuk mengetahui parah atau tidaknya kanker tulang.
  • X-ray – Melakukan pengambilan gambar X-ray untuk mendeteksi retak atau patah tulang yang diakibatkan oleh kanker itu sendiri, sehingga mengetahui bagian mana saja yang sudah dan belum terinfeksi.
  • Pemindaian tulang – Menyuntikkan beberapa bahan radioaktif untuk mengetahui mekanisme penyerapan bahan, karena tulang yang normal akan lebih lambat menyerap bahan tersebut daripada tulang yang terinfeksi kanker.
  • MRI Scan – Melakukan pemeriksaan dengan gelombang radio dan medan magnet untuk melihat kondisi dan penyebaran kanker. (baca juga: Makanan Untuk Penderita Pengapuran Tulang)

Demikianlah beberapa gejala kanker tulang kaki yang perlu diketahui sebagai panduan deteksi dini dari penyakit ini agar masyarakat bisa lebih cepat tanggap dengan kondisi tubuhnya masing-masing dan segera menjalankan pengobatan terbaik demi kesembuhan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jaga selalu kesehatan dan kebugaran tubuh untuk kehidupan yang lancar.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 11th, September 2017 / 07:49 Oleh :