Sponsors Link

10 Pengaruh Tingginya Asam Lambung Terhadap Nyeri Punggung

Sponsors Link

Rasa nyeri yang ada pada bagian punggung dapat disebabkan oleh banyak faktor kesehatan, seperti kelainan saraf, saraf tulang belakang putus, kelainan otot dan penyakit tulang belakang seperti tulang punggung bengkok, selain itu rasa nyeri pada punggung juga bisa terjadi akibat adanya gangguan pada bagian organ dalam tubuh, seperti adanya gangguan pada organ pencernaan atau organ lambung berupa tingginya asam lambung hingga naik kebagian kerongkongan (Esofagus) sehingga membuat sensasi rasa panas pada bagian dada si penderita, yang pada istilah kedokteran dikenal dengan penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit yang disebabkan oleh asam lambung ini juga dapat membuat penderitanya merasakan tulang rusuk sakit sebelah kiri.

ads

Pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung yang dirasakan pada tubuh

Asam lambung yang naik dan rasa nyerinya sudah menjalar hingga ke punggung akan memberikan banyak dampak yang tidak baik terhadap kesehatan tubuh seseorang dan sangat perlu diwaspadai, karena ini bisa berujung pada penyakit yang bisa dianggap serius. Berikut pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung.

  1. Dapat berakhir pada penyakit kanker lambung

Nyeri punggung yang disebabkan oleh asam lambung yang tinggi bisa dirasakan seseorang karena terjadinya pengikisan pada lambung sehingga dapat menyebabkan lambung menipis, berlanjut pada tukak lambung, dan lambung bolong atau bocor. Dan jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat akan membuat kondisi ini bisa menjadi lebih serius hingga berujung pada kanker lambung bahkan kematian.

  1. Sulit untuk mengingat peristiwa penyebab terjadinya cedera atau rasa sakit

Seseorang yang menderita tukak lambung yang rasa nyerinya hingga ke punggung kemungkinan besar akan sulit untuk mengingat setiap peristiwa yang memicu timbulnya rasa sakit tersebut.

  1. Penyakit maag eptikum perforasi

Seseorang yang merasakan nyeri pada bagian rongga dada hingga menjalar pada rongga punggungnya menandakan bahwa asam lambung telah berada diatas kadar normal yang merupakan gejala dari penyakit maag eptikum perforasi yang dapat menembus pankreas.

  1. Masalah pada organ saluran cerna

Terjadinya gangguan dan masalah pada sistem pencernaan akibat asam lambung juga memiliki pengaruh kuat dalam menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada punggung seseorang.

  1. Nyeri alih / Refered pain

Pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung bisa menyebabkan terjadinya nyeri alih atau refered pain ke area sekitar dada hingga punggung, sehingga penderita bisa merasakan sakit tulang rusuk sebelah kanan bahkan sakit dada hingga ke tulang belakang.

  1. Nyeri dan pegal linu pada seluruh tubuh

Asam lambung tinggi juga dapat membuat seseorang merasakan tulang punggung sakit, nyeri dan pegal linu pada seluruh tubuh karena kurangnya kemampuan lambung dalam menyerap asupan nutrisi dan vitamin B12.

  1. Pemicu serangan jantung

Asam lambung juga dapat menjadi pemicu pada gejala serangan jantung yang akan membuat seseorang merasakan nyeri pada bagian dada bawah yang terus menjalar kerusuk hingga ke punggung.

Sponsors Link

  1. Terjadi depolarisasi pada ruas tulang belakang

Saat terjadi masalah pada lambung, seperti meningkatnya asam lambung maka akan terjadi depolarisasi pada ruas tulang belakang yang mensarafi lambung sehingga menyebabkan terjadinya rasa tidak nyaman pada bagian punggung.

  1. Penyakit maag tipe Ulkus

Seseorang yang menderita penyakit maag tipe Ulkus, semuanya juga berawal dari asam lambung, sehingga penderita akan merasa nyeri di daerah ulu hati sampai tembus ke tubuh bagian belakang.

  1. Menimbulkan masalah komplikasi

Rasa sakit akibat pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung jika tidak ditangani bisa menimbulkan komplikasi dan memicu masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Itulah beberapa penjelasan tentang pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung, oleh karena itu kita harus bisa menjaga lambung agar tetap sehat dengan cara menjaga pola makan dan gaya hidup.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 04:12 Oleh :