Sponsors Link

14 Penyebab TBC Tulang Belakang dan Kaki

Sponsors Link

TBC tulang merupakan salah satu gangguan pada sistem gerak manusia yang menyerang tulang. TBC tulang biasanya menyerang tulang belakang dan kaki, terutama persendiannya. Seseorang yang terserang TBC tulang tentu akan mengalami ketidaknyamanan, apalagi jika kondisinya sudah parah. Baik tulang belakang ataupun tulang kaki, jika terkena TBC tulang, akan menyebabkan gangguan, mulai dari rasa sakit hingga kelumpuhan. Maka dari itu penyakit ini tidak bisa disepelekan. Pencegahan dari penyakit ini sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini pasti lebih baik daripada mengobatinya. Namun sebelum mengetahui pencegahan yang tepat, sangat perlu untuk diketahui penyebab dari TBC tulang ini sendiri. Simak penjelasan di bawah ini.

ads

Penyebab TBC tulang belakang dan kaki pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan TBC yang menyerang sistem pernafasan, yaitu bakteri mycrobacterium tuberculosis. Bakteri penyebab TBC bisa menular dan menjangkiti orang lain dari banyak cara, di antaranya:

1. Jika penderita TBC berinteraksi secara langsung dengan orang lain

Penularan bakteri TBC bisa terjadi jika penderita yang mengalami beberapa gejala TBC tulang berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Saat berkomunikasi tanpa penghalang, bakteri TBC bisa keluar dari mulut penderita melalui air liur. Jika tersebar di udara dan mengenai orang lain secara tidak sengaja, maka bakteri TBC bisa menular kepada orang lain layaknya virus influenza.

2. Jika penderita TBC batuk atau bersin

Cara penularan bakteri TBC bisa terjadi secara intens jika penderita TBC batuk atau bersin. Penderita yang bersin atau batuk tanpa penghalang seperti masker, akan berisiko lebih besar untuk menularkan bakteri pada orang lain lewat air liur atau cairan dari hidungnya yang tersebar di udara. Maka dari itu penderita TBC harus selalu menggunakan masker agar orang lain tidak tertular karenanya.

Artikel Terkait:

3. Berada di udara yang sudah mengandung aerosol bakteri TBC

Penyebab TBC tulang belakang dan kaki berikutnya adalah jika seseorang berada di udara yang sudah mengandung aerosol yang beriai bakteri TBC. Bakteri TBC juga bisa menjangkiti seseorang jika dia berada di lingkungan yang udaranya kotor atau tercemar aerosol yang sudah mengandung bakteri TBC lewat saluran pernafasan (udara yang dihirup). Bakteri TBC bisa menyebar di udara seperti virus influenza. Maka dari itu udara yang kotor perlu dihindari.

4. Menyentuh benda bekas penderita TBC

Salah satu cara penularan TBC juga bisa terjadi jika seseorang menyentuh benda bekas penderita TBC. Jika pada benda tersebut ada bekas air liur yang tersimpan dan disentuh oleh orang lain, lalu tanpa sengaja orang tersebut menyentuh area bibir atau hidung, maka penularan bisa saja terjadi melalui hidung atau mulut. Beberapa kasus TBC tulang terjadi pada pasien TBC paru yang sudah sembuh.

5. Bertukar alat makan dengan penderita TBC

TBC pada saluran pernafasan bisa menyebar juga ke organ lain seperti tulang. Bakteri dari paru-paru bisa menyebar ke tulang belakang dan menyebabkan penyakit TBC tulang belakang. Selain itu bakteri ini juga menyebar ke bagian lain dan menjadi infeksi pada tulang dan sendi lainnya.  Cara ini juga bisa menjadi media penularan bakteri dan virus yang paling mungkin terjadi. Apalagi jika alat makan yang digunakan oleh penderita TBC tidak dicuci terlebih dahulu dan digunakan oleh orang lain. Maka penularan bisa saja terjadi dengan mudah.

6. Menggunakan sikat gigi yang sama

Sponsors Link

Kadangkala dalam 1 keluarga digunakan sikat gigi bergantian. Sebaiknya hal ini dihindari karena pada dasarnya bakteri dari orang yang satu bisa berpindah dengan mudah ke orang lain dari media sikat gigi, di mana mulut merupakan salah satu rongga yang mengandung banyak bakteri. Apalagi jika ada anggota keluarga yang mengidap TBC paru ataupun tulang. Beberapa cara penularan di atas bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Jika bakteri TBC sudah masuk ke dalam tubuh, kemungkinan yang terjadi bisa positif dan negatif. Kemungkinan positif adalah bakteri langsung diserang oleh sistem imun tubuh lalu mati dan tidak terjadi apapun pada seseorang. Namun jika daya tahan tubuh lemah, maka bakteri bisa terus masuk dan menyebabkan penyakit TBC pada saluran pernafasan.

Hal ini dikarenakan ternyata bakteri belum benar-benar hilang dan justru menyebar pada bagian tubuh lainnya. Selain beberapa penyebab melalui penularan di atas, beberapa orang dengan kondisi tertentu lebih rentan terserang TBC tulang belakang dan kaki. Berikut beberapa faktor yang memperbesar peluang terserangnya TBC tulang:

1. Faktor sosial ekonomi

Faktor pertama adalah faktor sosial ekonomi. Masyarakat yang memiliki kondisi sosial ekonomi rendah biasanya pola hidupnya juga terpengaruh. Kualitas hidup yang rendah bisa menyebabkan seseorang tidak menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan mereka. Akibatnya, akan mudah bagi virus dan bakteri untuk menyerang dan berkembang biak di sana, termasuk bakteri penyebab TBC tulang. Dan ini akan mudah berkembang ke orang lain juga yang tinggal di sekitarnya, termasuk anggota keluarga atau tetangga yang pola hidupnya juga kurang berkualitas. (baca juga: Makanan Untuk Penderita Pengapuran Tulang)

2. Faktor lingkungan

ads

Faktor kedua adalah faktor lingkungan. Bakteri TBC bisa menyebar dengan mudah dan cepat. Bisa jadi sebuah daerah terserang wabah TBC ini dan pada akhirnya menjadi lokasi yang sebaiknya dihindari. Jika seseorang tinggal di lingkungan tersebut, maka pasti risiko penularan TBC akan meningkat. Walau lingkungan itu lingkungan yang bersih sekalipun, jika bakteri TBC sudah menyebar, maka sebaiknya hindari lingkungan itu dan lakukan pencegahan seperti menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut.

3. Orang dengan kondisi kekurangan gizi

Orang yang memiliki kondisi kurang gizi atau kurang nutrisi juga berisiko lebih untuk tertuar penyakit ini. Hal ini dikarenakan orang yang kurang nutrisi pasti memiliki sistem metabolisme dan daya tahan tubuh yang lemah. Kondisi inilah yang membuat tubuh lebih susah menyerang bakteri yang masuk, sehingga infeksi karena bakteri tidak bisa dihindarkan. Termasuk jika ada bakteri TBC yang masuk ke dalam tubuhnya. (baca juga: Makanan Penyebab Tulang Keropos)

4. Faktor usia

Faktor berikutnya adalah faktor usia. Biasanya orang yang rentan terserang infeksi bakteri ini adalah kelompok lanjut usia. Hal ini dikarenakan kelompok lanjut usia biasanya telah memiliki kerapuhan tulang atau memiliki sistem pertahanan tubuh yang lebih lemah, sehingga akan sangat mudah jika TBC tulang menyerang. Selain itu kelompok bayi dan anak-anak juga lebih rentan karena sistem imun tubuhnya belum sempurna.

5. Penderita HIV

Penderita HIV adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Akibatnya mudah bagi mereka terserang virus maupun bakteri. Hal ini pasti lebih rentan dan lebih berisiko untuk mereka terserang bakteri TBC dan menyebabkan TBC tulang. (baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi)

6. Orang dengan penyakit kronis

Orang dengan penyakit kronis juga berpotensi terserang penyakit ini. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuhnya kurang bekerja dengan baik atau metabolisme tubuhnya sudah tidak lagi stabil. Penyakit yang dimaksud seperti kanker, diabetes, penyakit ginjal, dan sebagainya.

7. Orang yang merokok

Orang yang merokok juga memiliki risiko besar terserang penyakit pernafasan, termasuk TBC paru. Jika TBC paru sudah menyerang, maka bakteri sisa infeksi paru bisa menyebar juga ke tulang dan menyebabkan penyakit TBC tulang. (baca juga: Obat Nyeri Tulang Kaki)

8. Orang yang rajin mengonsumsi alkohol dan narkoba

Alkohol sebaiknya tidak dikonsumsi. Alkohol berpotensi untuk melemahkan sistem imun tubuh karena mengurangi kinerja sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi makanan. Alkohol tidak bisa membuat seseorang sehat karena alkohol hanya bisa menurunkan daya tahan tubuh. Jika sudah demikian, maka bakteri penyebab TBC tulang bisa menyerang dan susah untuk dilawan.

Seseorang dengan faktor risiko terserang TBC tulang tinggi harus memahami benar mengenai kondisi tubuhnya. Setidaknya jika ada gejala yang menunjukkan ciri dari TBC tulang, sebaiknya segera tanggap dan memeriksakan diri ke dokter. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir risiko penyakit yang lebih parah lagi. Adapun gejala dari TBC tulang yang bisa dikenali antara lain sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Muncul rasa sakit di bagian tulang belakang atau kaki.
  • Postur tubuh yang berubah karena perubahan struktur tulang.
  • Rentan terkena patah tulang atau retak tulang.
  • Demam.
  • Keringat dingin pada malam hari.
  • Penurunan kepekaan karena gangguan saraf.
  • Kesulitan bergerak.
  • Rasa sakit pada persendian.
  • Tidak bisa berjalan.
  • Kelumpuhan.

Baca juga:

Itulah beberapa penyebab dan faktor risiko terserang TBC tulang. Berdasarkan penjelasan di atas, maka langkah-langkah pencegahan bisa dilakukan untuk memperkecil risiko terserang TBC tulang belakang dan juga kaki. Pencegahan yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Membiasakan diri menggunakan masker jika berada di lingungan luar, terutama di tempat umum karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi udara dan orang-orang yang akan ditemui di jalan. (baca juga: Obat Pengapuran Tulang Pinggang)
  2. Tidak menggunakan alat makan bergantian dengan orang lain.
  3. Makan dengan alat makan yang bersih. Jika makan di tempat umum seperti warung, pastikan tempatnya bersih dan alat makannya dicuci dengan air mengalir dan bukan dengan ember (air menggenang).
  4. Tidak berkomunikasi secara langsung dengan pasien TBC. Gunakan masker sebagai pelindung.
  5. Tidak pijam meminjam atau berganti pakaian dengan orang lain.
  6. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar.
  7. Menciptakan sirkulasi udara yang baik di lingkungan rumah agar udara kotor berganti dengan udara bersih. (baca juga: Cara Mencegah Osteoporosis)
  8. Menjaga pola hidup sehat.
  9. Mengonsumsi makanan sehat agar sistem imun meningkat.
  10. Olahraga secara teratur.
  11. Istirahat yang cukup.
  12. Rajin mencuci tangan sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas di luar ruangan.
  13. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium untuk memperkuat tulang.
  14. Berjemur di bawah matahari pagi secara rutin.
  15. Hindari menggunakan alat mandi orang lain seperti sikat gigi dan handuk. (baca juga: Cara Terapi Tulang Belakang)

Demikianlah beberapa penyebab TBC tulang belakang dan kaki serta beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan. Kenali gejala TBC tulang dan segera tanggap jika ada gejala yang muncul. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Saturday 09th, September 2017 / 03:28 Oleh :