Sponsors Link

5 Makanan Pencegah Rakitis Paling Lezat Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Setiap orang tidak pernah memimpikan untuk berkembang dengan penyakit. Ada banyak kondisi yang di alami beberapa orang membuat mereka jauh selayaknya orang normal pada umumnya. Dari sekian banyak jenis penyakit yang umum di dengar, salah satunya adalah penyakit rakhitis. Mungkin anda pernah mendengarnya namun secara umum bagaimana definisi penyakit ini belum paham betul.

ads

Rakitis merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena pelunakan tulang pada anak-anak akibat kekurangan atau gangguan metabolisme vitamin D, magnesium, fosfor serta kalsium. Sehingga hal ini berpotensi menyebabkan patah tulang dan terjadinya kelainan pada tulang. Rakitis sebenarnya menjadi salah satu penyakit anak yang paling sering di banyak terjadi di negara berkembang.

Adapun penyebab utamanya yakni kekurangan vitamin D, akan tetapi kekurangan kalsium yang memadai dalam masa diet juga bisa mengakibatkan rakitis. Meskipun bisa menyerang pada orang dewasa, sebagian besar kasus yang terjadi lebih banyak menimpa pada anak-anak menderita gizi buruk, biasanya hal ini terjadi akibat kelaparan atau kelaparan selama tahap awal masa kanak-kanak. Kondisi serupa pada seseorang akibat kekurangan vitamin D disebut dengan Osteomalacia. Kalau Anda sudah mengalami penyakit tersebut, segera terapkan cara pengobatan osteomalasia ini secara rutin.

Salah satu cara alami untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi Makanan Pencegah Rakitis. Dengan memperhatikan pola makan benar, penyakit tidak akan datang dan menyerang dengan mudah. Disamping itu alasan mengapa bagi penderita kekurangan vitamin D perlu memakan Makanan Pencegah Rakitis karena beberapa menu mempunyai kandungan nutrisi yang di perlukan. Sebelumnya, berikut ini adalah gejala dari rakitis yang perlu anda pelajari:

  • Nyeri

Terjadinya rasa nyeri pada tulang adalah gejala umum yang sering terjadi. Tulang yang telah mengalami rakitis bisa terasa sakit, sehingga anak-anak penderita rakitis kebanyakan lebih segan untuk berjalan dan mereka cenderung mudah lelah. Selain itu, pada saat berjalanpun gerakan mereka para penderita rakitis akan sedikit berbeda dari kebanyakan anak normal.

  • Kerapuhan Tulang

Gejala lain ketika seseorang akan mengalami rakitis adalah keadaan tulang yang mulai rapuh. Kerapuhan tulang ini yang akan membuat tulang mudah mengalami patah atau fraktur. Berikut ciri-ciri tulang keropos yang harus Anda ketahui dan waspadai mulai sekarang.

  • Terjadi Masalah Pada Gigi

Rakitis juga dapat menyebabkan kerapuhan pada enamel gigi, melambatnya pertumbuhan gigi serta lebih mudahnya lubang gigi muncul. Perlu diketahui bahwa untuk masalah pada gigi ini termasuk salah satu gejala rakitis paling menonjol namun malah terabaikan oleh sebagian besar orang.

  • Perubahan Bentuk Tulang

Selain beberapa gejala di atas, rakitis juga akan menyebabkan perubahan bentuk pada tulang yakni seperti menebalnya pergelangan kaki, lutut serta pinggang, pembengkokan tungkai, melunaknya tulang tengkorak, sampai dengan tulang belakang yang mulai membungkuk.

  • Keterlambatan Masa Perkembangan

Terlambatnya masa pertumbuhan dan perkembangan adalah gejala yang akan di hadapi penderita rakitis. Akibatnya hal ini membuat anak lebih terlihat rendah di bandingkan anak sehat lainnya.

Sponsors Link

Setelah memahami gejala-gejala pada rakitis, berikut ini beberapa Makanan Pencegah Rakitis yang bisa di coba untuk mengkonsumsinya.

  1. Minyak Hati Ikan Kod

Mengapa harus minyak hati ikan kod? Seperti yang sudah anda pahami bahwa rakitis adalah penyakit yang secara umum kekurangan vitamin D. Inilah alasan mengapa minyak hati ikan kod di anjurkan karena banyak mengandung vitamin D yang di butuhkan penderita rakitis.

Jadi, bagi anda yang tidak ingin terserang penyakit ini bisa konsumsi Makanan Pencegah Rakitis seperti Minyak Hati Ikan Kod. Minyak hati ikan kod juga kayak akan asam lemak omega 3. Faktanya dengan mengkonsumsi ini sebanyak satu sendok teh maka sudah memenuhi 75% dari kebutuhan vitamin D per hari. Tidak hanya untuk mencegah penyakit rakitis saja, minyak hati Ikan Kod ini juga cocok untuk pencegahan osteomalasia dan menjadi salah satu dari 5 zat gizi menguatkan tulang punggung.

  1. Kuning Telur

Kuning telur adalah jenis makanan lain yang banyak mengandung vitamin D di samping akan kandungan proteinnya. Dengan harga terjangkau, anda bisa mengkonsumsi telur untuk asupan harian anda. Terutama bagi penderita rakitis, sebaiknya memenuhi asupan dan nutrisi tambahan dari kuning telur.

  1. Ikan Salmon

Salah satu jenis ikan laut yang familiar adalah salmon. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Salmon banyak di temukan pada sebuah restoran sebagai sajian mentah ataupun matang. Namun anda bisa memasaknya sendiri dengan membeli dari supermarket.

Sponsors Link

Perlu anda ketahui bahwa salmon mempunyai banyak nutrisi yang di perlukan tubuh, salah satunya adalah vitamin D serta kayak akan omega 3. Setengah iris daging salmon segar telah mengandung 1035 IU vitamin D. Sebaiknya anda mulai rajin menulis daftar Makanan Pencegah Rakitis sebelum penyakit ini datang menyerang. Dikarenakan penyakit rakitis ini merupakan pelunakan tulang, maka makanan untuk kepadatan tulang berikut juga cocok untuk Anda konsumsi guna melakukan pencegahan.

  1. Jamur

Bagi anda pecinta jamur, ada kabar menarik dari tumbuhan ini. Jamur selain enak untuk segala olahan juga kayak akan kandungan vitamin D. Artinya makanan ini sangat cocok dan tidak di larang di konsumsi bagi penderita rakitis dan di anjurkan untuk semua orang agar mencegah rakitis. Adapun beberapa jenis jamur yang bisa di konsumsi penderita rakitis adalah is jamur kuping, jamur kancing, dan jamur shiitake memiliki

  1. Susu Kedelai

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin D serta protein. Produk olahan kedelai yang umum di konsumsi adalah susu kedelai. Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai sebagai pemenuhan nutrisi tubuh. Selain itu, susu kedelai juga masuk ke dalam makanan untuk mempercepat penyambungan tulang sehingga bagi penderita patah tulang sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsinya agar proses pemulihan dapat berlangsung dengan cepat.

Dengan kondisi rakitis, menjalani pola hidup sehat dan mengatur asupan gizi atau makanan sudah cukup membantu. Disamping melakukan perawatan atau pemeriksaan, anda harus memperhatikan Makanan Pencegah Rakhitis dan lebih efektifnya juga menerapkan cara mencegah penyakit rakitis berikut. Semoga artikel ini membantu pembaca semua dan bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Wednesday 08th, August 2018 / 16:35 Oleh :
Kategori : Rakitis