Sponsors Link

Benarkah Patah Tulang Boleh Minum Es? Apa Tidak Berbahaya?

Sponsors Link

Patah tulang merupakan salah satu kondisi yang dapat membuat tulang menjadi lemah dan sulit untuk digerakkan. Seseorang yang mengalami patah tulang butuh perawatan khusus agar tulang yang patah dapat segera disembuhkan. Terdapat beberapa cara mengobati patah tulang baik melalui operasi atau penyembuhan patah tulang tanpa operasi.

ads

Salah satu bagian dari penyembuhan patah tulang adalah menjaga pola makan dan minum. Beberapa makanan untuk menyembuhkan tulang yang patah dianjurkan untuk dikonsumsi. Sedangkan, beberapa makanan yang dapat memperparah patah tulang diharuskan untuk dihindari.

Apakah Patah Tulang Boleh Minum Es?

Hal ini juga berlaku pada minuman. Terdapat beberapa minuman yang baik untuk patah tulang dan ada juga yang akan menyulitkan penyembuhan patah tulang. Namun, beberapa minuman masih menjadi perdebatan. Salah satunya adalah minuman es. Jika kamu termasuk salah satu yang masih mencari jawaban mengenai boleh atau tidak seorang penderita patah tulang mengkonsumsi air es, berikut penjelasannya untuk kamu.

Air dingin atau air es merupakan minuman yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh manusia. Termasuk oleh mereka yang mengalami patah tulang. Air es diperbolehkan untuk dikonsumsi. Hal ini tidak akan memberikan dampak yang terlalu berarti bagi tubuh. Namun, konsumsi tersebut tentu tidak boleh berlebihan. Selain itu, air es yang dikonsumsi haruslah air putih. Jika minuman es yang dikonsumsi bukan air putih, maka beberapa jenis minuman tertentu dapat membuat patah tulang semakin sulit disembuhkan.

Bahaya Minum Es Bagi Patah Tulang yang Wajib Diperhatikan

Seorang penderita patah tulang TIDAK diperboleh minum es jika minuman yang diminuman merupakan minuman berkut:

  • Minuman Es Tersebut adalah Minuman Bersoda atau Minuman Ringan

Minuman soda atau minuman ringan tidak baik untuk kesehatan tulang karena beberapa alasan berikut:

  1. Banyak minuman soda, minuman ringan, dan minuman jenis cola yang mengandung asam posfat. Ketika tubuh mencoba untuk menetralisir asam yang ada di dalam tubuh, maka tubuh akan menarik senyawa kalsium dari tulang dalam jumlah besar. Jadi, jika ada banyak asam di dalam tubuh, hal ini akan mengurangi kadar kalsium dalam tukang yang dapat membuat tulang menjadi mudah keropos.
  2. Banyak dari minuman soda atau minuman ringan yang mengandung kafein. Kafein dapat meningkatkan ekskresikalsium di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat kepadatang tulang menjadi berkurang.
  3. Terdapat teori “replacement” ketika seseorang minum soda. Hal ini berarti jika seseorang banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, maka akan semakin kecil kemungkinan ia memilih air putih atau minuman yang lebih menyehatkan lainnya.
  4. Soda memiliki efek yang kumulatif dan aditif dalam merusak tulang sehingga konsumsinya dilarang untuk penderita patah tulang.
  • Minuman Es Tersebut Mengandung Alkohol

Minuman beralkohol merupakan penyebab dari berbagai masalah kesehatan di dalam tubuh. Minuman beralkohol dapat menyebabkan pankreatitis, penyakit hati, masalah jantung, kanker, dan osteoporosis. Alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan kalsium di dalam tulang. Hal ini dikarenakan alkohol dapat meningkatkan hormon paratiroid yang menyebabkan penurunan cadangan kalsium.

  • Minuman Es Tersebut Mengandung Kafein
Sponsors Link

Caffein merupakan salah satu minuman yang dapat menganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh oleh tulang. Hal ini akan membuat tulang menjadi lemah, sehingga memperlambat proses penyembuhan tulang yang patah. Kalsium merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu menguatkan tulang, sehingga jika kalsium di dalam tulang berkurang, maka hal ini dapat membuat tulang menjadi lemah. Meminum lebih dari 3 cangkir kopi setiap hari cukup untuk membuat hal ini terjadi.

Minum Es yang di anjurkan untuk Patah Tulang

Minum es BOLEH dan disarankan untuk penderita patah tulang jika minuman yang diminum memenuhi persyaratan berikut:

1. Minuman es tersebut mengandung kalsium

Kalsium merupakan salah satu makanan yang akan mempercepat proses penyembuhan patah tulang. Kalsium merupakan senyawa yang akan menguatkan tulang, sehingga akan membantu membentuk kembali jaringan-jaringan tulang yang rusak karena patah. Beberapa makanan yang mengandung kalsium adalah susu dan yogurt.

Sponsors Link

2. Minuman es tersebut mengandung vitamin C

Minuman yang mengandung vitamin C akan membantu membentuk kolagen dan mempercepat penyembuhan patah tulang. Mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak vitamin C merupakan cara mengobati patah tulang yang alami dan mudah untuk dilakukan. Ketika tulang patah, maka jaringan di sekitar tulang tersebut akan memicu peradangan. Di sinilah vitamin C mengambil peran sebagai senyawa anti-inflamasi. Beberapa minuman yang mengandung vitamin C adalah jus jeruk atau sirup nanas.

3. Minuman es tersebut mengandung vitamin D

Minuman yang mengandung vitamin D merupakan salah satu obat tradisional patah tulang. Vitamin D dapat membantu menyerap kalsium ke dalam tulang. Beberapa contoh minuman yang mengandung vitamin D adalah susu kedelai dan jus stroberi.

4. Minuman es tersebut mengandung vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu vitamin penguat tulang dan sendi. Oleh karena itu, minuman yang mengandung vitamin K dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan patah tulang. Minuman yang terbuat dari anggur, kiwi, alpukat, bluberi, dan bayam merupakan minuman yang mengandung vitamin K.

Jadi, mengkonsumsi minuman yang dingin atau air es bukan masalah untuk penderita patah tulang. Hal ini diperbolehkan selama jenis minuman yang diminum merupakan minuman yang menyehatkan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 13th, April 2018 / 03:26 Oleh :