Sponsors Link

7 Gejala Ligamen Robek yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Bicara tentang ligamen, tentu anda semua sudah mengerti betul apa itu ligamen. Secara kesimpulan dari berbagai definisi, ligamen merupakan pita jaringan yang bersifat elastis dimana mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian, membantu mengontrol rentang gerak serta menstabilkan sehingga tulang akan bergerak dalam keselarasan. Sel-sel pada ligamen memiliki struktur yang tergolong kuat dan elastis dimana hampir mendekati tulang namun lebih lembut dan juga lebih lentur.

ads

Ligamen memiliki fungsi dalam menahan struktur dan menjaganya untuk tetap stabil. Ligamen akan mengalami peregangan ketika sendi dibebankan melebihi batas kisaran normal. Ketika seseorang mengalami ligamen robek, maka akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit yang parah dan berdampak pada kekuatan tubuh yang dimiliki.

Gejala Ligamen Robek

  1. Pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi akan menyerang pada daerah lutut atau daerah rawan ligamen. Pembengkakan tersebut biasanya disertai dengan rasa hangat atau warna kemerahan. Untuk mengatasinya, silahkan coba terapkan 5 Cara mengobati tulang bengkak ini.

  1. Kelonggaran Sendi

Untuk kejadian ini biasanya akan terjadi pada persendian anda, baik secara sadar atau tidak sadar. Meski tidak terlalu berasa, namun dibuat gerak rasanya kurang nyaman.

  1. Rasa Nyeri

Timbulnya rasa nyeri pada bagian lutut, terutama saat menggerakkan area yang sakit. Akan tetapi kalau rasa ini terjadi pada vagina, segera ketahui penyebab nyeri pada tulang vagina berikut supaya segera mengetahui cara mengatasinya dengan tepat.

  1. Kaku

Terjadi kaku pada area yang terkena dan semakin memburuk ketika pagi hari sehingga olahraga akan terganggu karena lutut tidak bisa digerakkan dengan leluasa.

  1. Timbul Benjolan

Munculnya benjolan pada area yang sakit secara tiba-tiba. Jika kejadian ini terdapat pada tulang belakang Anda, maka segera obati dengan cara menghilangkan benjolan di tulang belakang paling ampuh ini.

  1. Lemah

Ketidak mampuan untuk melakukan kegiatan seperti biasanya. Hal ini akibat pengaruh dari ligamen yang mulai tidak stabil.

  1. Kehilangan Rentang Gerak

Penderita akan menemukan Gejala Ligamen Robek dengan hilangnya rentang gerak.

Ligamen yang robek akan mengakibatkan rasa nyeri yang hebat dimana muncul dengan tiba-tiba sehingga akan menjadi nyeri tumpul yang dirasakan terus menerus atau bahkan justru tidak merasa nyeri sama sekali.

Ligamen dapat terjadi akibat dari melakukan aktivitas tertentu, dimana ligamen juga terjadi akibat dari tekanan pada ligamen sehingga menyebabkan ligamen merenggang terlalu jauh, hal tersebut tidak hanya dapat menyebabkan ligamen robek, namun juga patah.

Sponsors Link

Adapun hal-hal yang lain yang dapat mengakibatkan ligamen robek atau cedera yaitu :

  • Perluasan gerakan lutut yang terlalu jauh
  • Pemutaran lutut dengan kaki yang ditahan
  • Mengangkat badan dengan tiba-tiba dari satu kaki ke kaki yang lainnya
  • Melakukan pendaratan setelah melompat dengan posisi lutut yang tertekuk
  • Menerima pukulan langsung ke lutut atau tabrakan seperti sepak bola mengatasi

Aktivitas olahraga yang berlebihan juga dapat mengakibatkan ligamen robek. Untuk itu, ada baiknya jika anda mengetahui ligamen lutut yang rawan terhadap cedera agar anda berhati-hati dalam melakukan aktivitas. Berikut ini beberapa jenis tentang ligamen yang perlu anda pahami:

  • Ligamen Cruciatum Anterior – Ligamen yang terletak pada lutut dimana ligamen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan tulang paha ke tulang kering yang ada pada lutut.
  • Media Ligamen Collateral – Memiliki fungsi dalam menghubungkan antara tulang paha dengan tulang terletak pada bagian medial atau tulang yang terletak pada lutut
  • Posterior Ligamen – Ligamen utama yang terletak pada lutut ligamen yang memiliki fungsi dalam menghubungkan tulang paha ke tulang kering yang ada pada lutut. Dengan begitu Anda harus waspada ketika tulang kering terbentur karena beberapa gejala yang tidak menyenangkan bisa saja terjadi pada tubuh Anda.
  • Lateral ligamen Collateral – Memiliki fungsi dalam menghubungkan antara tulang paha ke fibula dan tulang kecil kaki pada bagian bawah dengan sisi samping atau sisi luar pada daerah lutut.
ads

Robekan yang terjadi pada ligamen dapat membuat persendian menjadi tidak stabil dengan tingkat keparahan yang bervariasi, mulai dari cedera ringan hingga sangat parah. Cedera ligamen yang terjadi tiba-tiba dapat berkembang menjadi cedera kronis, dimana kondisi ini akan mengakibatkan lebih sulit dalam mengontrol area gerakan yang sakit. Bahkan hal tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan yang menyusun persendian yang dapat mengakibatkan osteoarthritis dini yang mana dapat disembuhkan dengan obat tradisional osteoarthritis berikut.

Salah satu pengobatan jika anda mengalami Gejala Ligamen Robek adalah dengan prosedur bedah alias operasi. Bahkan terapi juga tetap di lakukan pasca melakukan operasi. Berikut ini adalah tips mempertahankan ligamen robek pasca operasi.

  • Menaikkan Kaki Secara Lurus

Latihan sangat di butuhkan sekali, salah satunya yakni dengan menaikkan kaki lurus ke atas. Teknik ini sangat bagus untuk mengurangi ketegangan pada daerah ligamen. Lakukan cara ini dengan mengulanginya 10-15 kali. Perlu Anda ketahui bahwa teknik ini juga merupakan salah satu cara memanjangkan kaki yang paling efektif.

  • Hamstring Curls

Hamstring merupakan otot-otot bagian belakang paha. Cara melakukan hamstring curls yakni dengan berbaring di atas lantai dengan menelungkup. Lalu secara perlahan angkat kaki dan bawa tumit mendekat bokong sesuai dengan kemampuan. Tahan posisi ini beberapa detik dan lakukan 15 kali.

  • Berjinjit

Jinjit adalah salah satu teknik yang sangat sederhana. Saat anda selesai melakukan operasi, terapi yang bisa di lakukan yakni dengan berjinjit. Caranya sangat mudah, mulailah dengan berdiri dan kedua kaki menopang beban tubuh menghadap bagian belakang. Angkat kaki anda yang tidak mengalami cedera ligamen secara perlahan, sehingga beban tubuh juga akan ditopang oleh kaki yang cedera. Lakukan teknik berjinjit dengan setinggi mungkin dan ulangi 10 kali.

Jika terjadi Gejala Ligamen Robek, ada baiknya jika segera dibawa ke dokter untuk dilakukan diagnosa atau anda juga dapat melakukan pertolongan pertama seperti kompres es serta memberikan obat nyeri tulang kaki untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Istirahatlah yang cukup ketika anda mengalami tersebut, aktivitas yang berlebihan dapat menimbulkan kondisi yang lebih parah. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti terapi cedera ligamen lutut ini untuk mendukung kesembuhannya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 28th, April 2018 / 12:49 Oleh :