Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Rahang Patah yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tulang merupakan penopang tubuh sangat penting untuk dijaga. Tanpa adanya tulang, kita tidak akan bisa berdiri tegak. Tanpa adanya tulang, aktifitas kita akan terganggu. Tanpa adanya tulang, mungkin kita tidak bisa bergerak bebas kemanapun kita inginkan. Kesehatan tulang sangat penting untuk dijaga. Anda bisa mengkonsumsi buah untuk menguatkan tulang serta vitamin untuk tulang patah agar tulang tetap terjaga kesehatannya. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Anda bisa melakukan olahraga untuk penderita patah tulang serta olahraga yang bisa memperbaiki postur tubuh anda. Ketika anda memiliki kesehatan tulang yang bagus, anda akan menikmati segala aktifitas yang anda lakukan dengan bahagia.

ads

Tulang memang menjadi bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Salah satunya adalah tulang rahang. Ketika ada masalah dengan tulang rahang, akan berakibat ke saraf-saraf lainnya. Tulang rahang yang sakit akan sangat mengganggu segala aktifitas yang anda lakukan. Sakit pada tulang rahang bisa bermacam-macam. Apakah anda pernah mengalami nyeri pada tulang rahang? Ketika anda mengalami nyeri pada tulang rahang, maka tulang rahang anda sudah ada yang salah. Maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk menghindari penyakit lainnya. Selain tulang rahang, tulang-tulang pada pipi juga akan berpotensi sakit. Anda harus mengetahui penyebab tulang pipi sakit agar anda bisa menghindari hal-hal tersebut.

Ketika anda mengalami sakit pada tulang rahang, anda harus paham mengenai ciri-ciri rahang patah. Karena kemungkinan bahwa sakit pada tulang rahang disebabkan oleh adanya tulang rahang yang patah. Berikut adalah ciri-ciri rahang patah yang bisa anda ketahui:

  1. Rahang tidak simetris

Rahang yang bentuknya menjadi tidak simetris merupakan ciri-ciri bahwa rahang anda patah. Tidak simetrisnya rahang terjadi karena rahang atas dan rahang bawah tidak bisa bertemu dalam posisi yang pas. Ketika hal tersebut terjadi, maka ketidaksimetrisan bentuk rahang menjadi semakin terlihat. Dan itu adalah salah satu dari ciri-ciri rahang patah. Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan kondisi rahang anda.

Ketidaksimetrisan rahang memiliki kondisi yang berbeda jika anda memang dari dulu sudah memiliki rahang yang tidak simetris. Yang menjadi masalah adalah ketika anda memiliki rahang yang normal, kemudian berubah bentuknya menjadi tidak simteris. Hal ini bisa dikaitkan bahwa rahang anda mengalami permasalahan yang cukup serius.

  1. Rahang kaku

Ketika anda mengalami rahang patah, ciri-ciri lain adalah rahang akan terasa kaku. Ketika rahang kaku, maka rahang akan terasa sakit ketika digunakan berbicara maupun tertawa. Rahang kaku sangat mengganggu hari-hari anda jika tidak dilakukan pengobatan yang tepat. Anda harus memeriksakan kondisi rahang anda ke dokter, agar tidak terjadi gangguan rahang lainnya.

Rahang akan terasa kaku jika anda gunakan untuk diam saja. Meskiun terasa sakit, anda harus mencoba berbicara atau tertawa dengan hati-hati agar rahang terbiasa dan tidak kaku. Ketika anda mengalami hal seperti ini, anda harus menjaga pola makan anda. Rahang kaku, sebaiknya anda tidak makan makanan yang terlalu keras, karena akan menyebabkan rahang anda semakin sakit.

  1. Terdapat darah di mulut

Darah dimulut menjadi salah satu pertanda bahwa pada area mulut anda terjadi permasalahan. Darah tidak akan keluar begitu saja tanpa ada pemicu. Keluarnya darah dimulut pasti terjadi karena ada sesuatu yang robek atau patah. Hal ini bisa terjadi ketika anda makan makanan yang terlalu keras dan bertekstur menusuk. Sebab tidak semua makanan aman dikonsumsi dan tidak menusuk area mulut khususnya pada bagian gusi dan gigi.

Ketika anda mengalami pendarahan pada mulut, anda harus melakukan kumur dengan air untuk memastikan pendarahan tersebut pendarahan ringan atau parah. Darah dalam mulut bisa terjadi akibat tulang rahang anda patah. Hal ini sangat mudah terjadi ketika anda tidak berhati-hati dalam melakukan aktifitas. Hal lain yang bisa membuat pendarahan di mulut adalah jatuh, dihantam, dan lain-lain. Ketika anda jatuh dan terluka parah pada bagian wajah, hal tersebut akan beresiko bahwa tulang rahang anda akan mengalami patah ketika cedera yang anda alami sangat parah.

Sponsors Link

  1. Nyeri

Ketika anda mengalami patah pada bagian rahang. Rahang anda akan terasa sangat nyeri. Hal ini dikarenakan terjadinya sesuatu yang patah pada tulang rahang anda. Anda harus selalu berhati-hati dalam menjalankan segala aktifitas, ketika dalam kondisi rahang anda terasa nyeri. Anda bisa mengkonsumsi obat untuk nyeri pada rahang dengan resep yang dianjurkan oleh dokter.

  1. Memar

Rahang patah biasanya terdapat memar yang membekas. Memar tidak akan membekas jika luka pada rahang tidak serius. Ketika anda menemui kondisi memar pada rahang, maka anda harus memeriksakan tulang rahang anda ke dokter. Hal ini tidak bisa anda anggap masalah sepele, karena bisa menyebabkan gangguan rahang lainnya. Untuk itu anda harus selalu waspada mengenai memar-memar yang ada pada sekitar rahang.

  1. Bengkak
ads

Bengkak pada bagian rahang memang hal yang bisa menghambat aktifitas anda. Makan pun akan terasa sakit ketika rahang anda mengalami bengkak. Bengkak bisa terjadi karena rahang anda infeksi sehingga terjadi pembengkakan pada rahang. Hal ini menjadi salah satu ciri-ciri rahang patah, dan tidak boleh anda sepelekan. Bengkak bisa terjadi dalam waktu yang lama jika anda tidak segera mengangganinya dengan tepat.

  1. Gigi aneh dan tidak pada tempatnya

Gigi aneh terdapat dua kondisi. Pertama memang kondisi gigi dari awal seperti itu. Kedua terjadi perubahan kondisi gigi. Ketika anda mengalami di kondisi pertama, itu adalah hal yang wajar dan bukan berarti adan mengalami patah pada bagian rahang. Namun, hal itu bisa jadi berbeda kondisi jika anda berada pada kondisi kedua, gigi yang semula normal menjadi aneh. Anda harus tanggap bahwa terdapat perubahan pada gigi anda. Hal ini bisa menjadi ciri-ciri bahwa anda mengalami rahang patah. Anda harus memeriksakannya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Dagu dan bibir mati rasa

Ketika anda mengalami rahang patah, akan ada kemungkinan bahwa dagu dan bibir anda akan mati rasa. Hal ini disebabkan karena rasa sakit pada rahang yang tidak tertahankan lagi hingga menyebabkan bagian dagu dan bibir anda mati rasa. Kondisi ini tidak boleh anda biarkan begitu saja, karena akan menjadi gangguan lainnya. Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi rahang anda.

  1. Rahang bergeser

Ciri-ciri yang paling terlihat bahwa anda mengalami patah pada bagian tulang rahang adalah rahang bergeser. Rahang tidak akan bergeser dari posisi awalnya jika tidak terjadi apapun. Ketika posisi rahang sudah bergeser, anda harus waspada bahwa rahang anda mengalami patah. Hal ini tidak bisa anda biarkan begitu saja karena dapat menjadi permasalahan yang serius.

  1. Cara membuka mulut menjadi sempit

Ketika anda mengalami permasalahan pada rahang, cara membuka mulut anda menjadi terpengaruh. Rahang yang patah menimbulkan sakit yang luar biasa. Oleh karena itu akan mempengaruhi cara membuka mulut anda. Dari kondisi normal, mulut bisa dibuka dengan normal menjadi sempit. Hal ini menjadi ciri-ciri bahwa tulang rahang anda mengalami patah.

Rahang yang patah tidak bisa anda biarkan begitu saja. Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter yang berpengalaman di bidangnya. Permasalahan yang terjadi pada rahang tidak bisa anda sepelekan, karena hal tersebut bisa menjalar ke gangguan yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 14th, May 2018 / 03:14 Oleh :