Sponsors Link

Tangan Ngilu Sebelah Kanan – Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang penting bagi kehidupan manusia sehari-hari. Maka dari itu dalam setiap aktifitas yang dilakukan bisa saja seseorang beresiko mengalami berbagai penyakit atau cedera pada tangannya tersebut. Beberapa hal seperti pendarahan dalam, kesemutan, kram, terkilir, kram otot adalah salah satu dari sebagian penyebab tulang ngiluTangan ngilu yang dirasakan oleh seseorang, terlebih pada bagian sebelah kanan bisa saja terjadi oleh karena beberapa hal, baik itu karena gangguan alami ataupun gangguan kesehatan yang terjadi karena kecerobohan yang dilakukan dalam menjalani aktifitas. 

ads

Penyakit ngilu ditangan adalah salah satu dari bermacam-macam penyakit tulang yang bisa menyerang siapa saja. Hal ini juga berarti bahwa bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami penyakit ini. Penyakit ini bisa dialami oleh semua usia, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak. Penyakit ini selain bisa dialami oleh segala usia, penyakit tangan ngilu sebelah kanan ini juga bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan.

Penyebab tangan ngilu sebalah kanan

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan ngilu di tangan sebelah kanan Anda.

  1. Kebiasaan

Kebiasaan yang dimaksud adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seseorang yang menderita penyakit ini. Kebiasaan buruk tersebut bisa saja bukanlah kebiasaan yang hanya satu atau dua kali saja dilakukan, tetapi sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Kebiasaan buruk seperti posisi tidur yang salah dan juga posisi duduk yang tidak sesuai dengan anjuran kesehatan yang benar.

  1. Patah tulang

Patah tulang adalah sesuatu hal yang serius yang harus segera mendapatkan penanganan. Terkadang seseorang menganggap patah tulang adalah hanya sebatas terkilir saja. Biasanya patah tulang disebabkan oleh seseorang yang ceroboh atau tidak berhati-hati dalam menjalankan aktifitasnya. Kondisi seperti ini harus segera mendapatkan penanganan yang serius dari dokter untuk menghindari resiko yang lebih parah. Dalam proses penyembuhan patah tulang, biasanya penderita nya akan merasakan ngilu pada tangan, baik itu sebelah kiri atau sebelah kanan.

  1. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan kepadatan tulang, penyakit ini sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Keadaan dimana tulang mengalami penurunan kepadatan tulang, hal seperti ini mengakibatkan persendian ditangan menjadi ngilu hal ini juga bisa terjadi pada tangan sebelah kanan sehingga keadaan ini tangan sebelah kanan mengalami ngilu.

  1. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome adalah sebuah syndrome yang dialami oleh seseorang ketika telah melakukan berbagai aktifitas yang membuatnya mudah lelah. Aktifitas yang dijalani biasanya merupakan aktifitas yang dilakukan secara kontinyu oleh penderita penyakit ini. Contoh dari beberapa aktifitas yang yang  merupakan sebuah syndrome dimana dialami oleh seseorang ketika telah melakukan aktifitas yang terlalu lelah, aktifitas ini bisa saja merupakan aktifitas yang dilakukan secara terus menerus oleh penderita tersebut. Contoh aktifitas yang sering kita lakukan adalah mengetik dan bermain piano.

Dapat kita lihat bahwa beberapa kegiatan di atas adalah suatu aktifitas yang biasa kita lakukan dalam jangka waktu yang lama. Syndrome ini akan membuat seseorang merasakan nyeri pada daerah lengan bagian bawah, dan hal ini kelamaan akan menjalar ke bagian tangan lainnya baik kiri atau kanan. Carpal tunnel syndrome adalah salah satu jenis penyakit sendi jari tangan.

  1. Penyakit trigger finger

Kebanyakan orang belum mengatahui istilah untuk penyakit ini, tetapi perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini adalah penyakit kelainan pada tulang yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Trigger finger adalah suatu penyakit ketika seseorang merasakan ngilu di bagian tangan mereka ketika sedang ditekuk. Trigger finger juga bisa disebut sebagai penyakit yang menyebabkan jari tangan sakit ketika ditekuk.

Sponsors Link

Trigger finger yang dialami oleh orang tersebut akan menyebabkan perasaan ngilu yang sering terjadi dan secara berulang-ulang. Ngilu yang pada penyakit ini biasanya terjadi pada tangan sebelah kanan. Biasanya penyait ini dialami oleh seseorang karena berbagai hal seperti mengangkant beban yang berat dan dalam jangka waktu yang relatif lama.

  1. Gangguan fungsi syaraf

Seseorang yang menderita berbagai gangguan fungsi syaraf dan juga gangguan pada sistem peredaran darah yang terjadi di tangan biasanya akan merasakan berbagai gejala seperti nyeri dan kram pada tangan mereka. Hal ini biasanya terjadi pada tangan sebelah kanan jika penyakit syaraf dan gangguan pembuluh darah juga dirasakan pada tangan sebelah kanan.

Berbagai gangguan fungsi syaraf pada tangan ini  akan menyebabkan beberapa kondisi seperti kaku pada bagian tangan dan juga berlangsung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, sehingga para penderita penyakit ini akan kesulitan untuk mengangkat beban yang berat.

  1. Syaraf terjepit

Seseorang yang menderita syaraf kejepit yang terjadi pada tangan bagian kanan akan menimbulkan rasa ngilu dan nyeri pada bagian tangan tersebut. Syaraf terjepit dapat terjadi pada seseorang dikarenakan berbagai hal seperti posisi atau postur tubuh yang salah ketika melakukan aktifitas sehari-hari. Biasanya syaraf terjepit ini akan sangat beresiko untuk terjadi pada seseorang jika orang tersebut tidur dengan posisi yang salah dimana pada bagian tangan mengalami penekanan yang cukup keras.

  1. Serangan jantung
ads

Ketika seseorang merasakan tangan ngilu sebelah kanan, hal itu akan sangat beresiko untuk mengakibatkan berbagai penyakit. Hal ini juga merupakan sebuah tanda bahwa orang tersebut bisa saja mengalami serangan jantung. Dari sebagian besar orang yang mengalami tangan ngilu sebelah kanan biasanya adalah sebuah tanda akan munculnya penyakit gangguan jantung pada orang tersebut.

Ngilu yang dirasakan oleh sebagin besar orang pada tangan sebelah kanan ini yang beresiko munculnya penyakit jantung biasanya disertai beberapa gejala lainnya seperti gelisah, mudah berkeringat dan juga mual yang berkepanjangan. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami rasa nyeri yang berlangsung lama sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah segala resiko penyakit yang lebih parah yang bisa saja Anda alami nantinya.

Gejala ngilu sebelah kanan

Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi pada tangan sebelah kanan.

  1. Ngilu

Ngilu adalah gejala umum yang dialami dan dirasakan pada tangan sebelah kanan. Rasa ngilu ini bisa saja terjadi pada lengan tangan kanan bagian atas maupun bagian bawah. Tidak hanya terjadi pada tangan, ngilu ini juga bisa menyebar ke seluruh tubuh bahkan sampai ujung kaki. Hal ini merupakan sebuah tanda akan penyakit tertentu yang bisa saja terjadi nantinya.

  1. Kesemutan

Pada sebagian besar orang yang mengalami ngilu apalagi pada bagian tangan sebelah kanan biasanya akan disertai kesemutan. Kondisi ketika jari tangan sakit dan juga kesemutan bisa saja merupakan sebuah gejala akan beberapa penyakit serius lainnya. Kesemutan yang terjadi ini biasanya akan menyebabkan tangan orang tersebut menjadi kram sehingga menyebabkan tangan seseorang merasakan sakit jika ada sedikit sentuhan saja.

  1. Tangan kaku

Dalam kondisi tangan kanan sedang mengalami ngilu maka tangan juga akan menjadi kaku sehingga seseorang dalam waktu tersebut tidak mampu untuk mengangkat benda-benda yang terlalu berat.

Pengobatan tangan ngilu sebalah kanan

Untuk mengatasi tangan yang ngilu pada bagian sebelah kanan, maka seseorang penderita penyakit ini harus segera melakukan tindakan pengobatan, hal ini dikarenakan agar kondisi tersebut tidak menjadi semakin parah dan juga untuk menghindari berbagai penyakit yang mungkin bisa saja terjadi di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa tindakan pengobatan baik dengan cara konsumsi berbagai ramuan herbal dan juga terapi.

  1. Konsumsi kunyit

Kunyit merupakan sebuah bumbu dapur yang biasanya digunakan oleh para ibu sebagai campuran masakan. Kunyit ini juga bisa sangat mudah kita dapatkan di dapur kita. Maka dari itu, menggunakan kunyit adalah sebuah cara yang sederhana dan juga murah. Sejatinya kunyit adalah sebuah tanaman rempah yang memiliki berbagai manfaat sebagai obat herbal untuk mengatasi ngilu pada tangan. Selain itu kunyit juga sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional flu tulang. Menggunakan kunyit sebagai obat herbal ini sangatlah mudah, caranya dengan menghaluskan kunyit atau melumat kunyit kemudian ditambakan dengan minyak kelapa dan juga satu sendok bubuk lada hitam.

Setelah semua tercampur kemudian ambil sari air yang ada di dalamnya dan jangan lupa untuk menyaring. Setelah semua tersaring, kemudian Anda bisa untuk segera meminumnya. Dengan meminum ramuan tadi secara teratur, ngilu di tangan sebelah kanan Anda berangsur akan mulai menghilang. Selain kunyit bermanfaat untuk kesehatan tangan, penggunaan kunyit yang berlebihan juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Konsumsi teh hijau

Seperti yang Anda tahu bahwa teh hijau merupakan sebuah minuman yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat teh hijau adalah untuk mengobati ngilu yang Anda rasakan pada tangan sebelah kanan Anda. Selain itu, teh hijau juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat penyembuhan patah tulang tanpa operasi.

Sponsors Link

  1. Kompres dengan air hangat

Ketika rasa ngilu Anda alami pada bagian tangan sebelah kanan, Anda bisa melakukan terapi yang murah dan bisa Anda lakukan sendiri. Ini adalah dengan cara mengompres tangan Anda yang terasa ngilu menggunakan air hangat. Anda bisa mencelupkan handuk kecil yang bersih pada air panas, kemudian peras handuk tersebut sampai dirasa tingkat kadar air sudah cukup.

Setelah persiapan sudah dilakukan, kemudian kompreslah tangan Anda yang terasa ngilut tadi. Mengompres tangan kanan mampu untuk membuat otot-otot di sekitarnya menjadi rileks dan akan mengurangi efek ngilu yang dirasakan.

  1.  Perbaiki postur tubuh

Memperbaiki postur tubuh tidak sebatas pada memperbaiki posisi tidur saja, tetapi hal ini juga berlaku untuk setiap kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari. Dalam setiap kegiatan Anda, pastikan posisi tubuh atau postur tubuh yang Anda lakukan sudah cukup benar.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar otot-otot tubuh Anda khususnya pada tangan sebelah kanan tidak berubah posisi nya dan juga tidak mengalami gangguan kesehatan seperti ngilu atau linu bahkan dislokasi tulang. Beberapa ulasan tersebut di atas adalah berbagai informasi tentang penyakit ngilu yang Anda rasakan pada tangan sebelah kanan Anda. Sejatinya Anda tidak perlu melakukan pengobatan pada ngilu yang Anda rasakan, Anda hanya perlu untuk mencegahnya saja sebelum hal itu terjadi.

Anda bisa mencegah ngilu yang bisa saja terjadi pada tangan Anda dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan juga makanan yang bermanfaat untuk kesehatan sendi Anda. Tentunya olahraga juga sangat penting untuk dilakukan agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 08th, January 2018 / 07:24 Oleh :