Sponsors Link

Tulang Bahu Sering Berbunyi Saat Digerakkan: Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Salah satu masalah tulang persendian yang sering terjadi di sebagian besar orang adalah tulang bahu yang ngilu dan berbunyi saat digunakan untuk bergerak. Tulang bahu sering berbunyi saat digunakan bergerak sering dikaitkan dengan tulang bahu geser atau dislokasi sendi bahu. Jika terjadi dislokasi biasanya akan diikuti dengan ciri-ciri dislokasi lain yaitu bengkak, memar, nyeri dan susah digerakkan. Sedangkan jika kondisi tulang hanya sekedar berbunyi ini masih sangat memungkinkan tulang bergerak bebas. Tulang bahu yang sering berbunyi saat bergerak ini disebabkan karena adanya:

ads
  • Cedera pada tendon, yaitu jaringan yang menghubungkan antara otot dan tulang.
  • Cedera pada ligamen, yaitu jaringan yang menghubungan antara dua tulang.

Penyebab Tulang Bahu Sering Berbunyi Saat Digerakkan

Kedua hal tersebut akan menjadi penyebab tulang berbunyi saat digerakkan namun pada sebagian besar kasus tidak akan mengakibatkan tulang mengalami hambatan untuk digerakkan. Namun ada beberapa jenis penyakit dan kondisi yang bisa memperparah keadaan tulang bahu sering berbunyi dalam waktu lama, antara lain adalah:

  • Osteoarthritis, yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan sendi.
  • Patah tulang, yang juga bisa mengakibatkan pembengkakan bahkan menurunkan fungsi sendi.
  • Rheumatoid arthritis, yang bisa memicu persendian tulang terasa ngilu dan pegal saat bergerak terutama bangun tidur.
  • Osteomielitis, yang disebabkan karena adanya infeksi pada jaringan persendian tulang.
  • Cedera ligamen, yang dapat menyebabkan ligamen menjadi renggang bisa disertai dengan pembengkakan dan terganggunya fungsi persendian.
  • Fraktur tulang bahu, yang bisa disebabkan karena terjadinya benturan atau kecelakaan biasanya juga mengalami memar dan nyeri tulang.

Pengobatan Tulang Bahu Sering Berbunyi Saat Digerakkan

Selain beberapa penyakit di atas, yang bisa menyebabkan tulang bahu sering berbunyi juga dapat disebabkan karena faktor usia, riwayat penyakit ortopedi atau melakukan pekerjaan berat yang mengharuskan penggunaan tulang bahu secara terus-menerus. Untuk memastikan apakah terdapat gangguan ada tidaknya tulang bahu, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Sehingga apabila terjadi penyakit seperti di atas dapat segera diatasi dengan penanganan yang tepat sebagai cara menghilangkan bunyi pada persendian.

Daripada mengobati, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya tulang bahu berbunyi saat digerakkan, yaitu:

1. Hindari angkat beban yang terlalu berat

Tulang bahu sering berbunyi dapat disebabkan karena otot persendian bahu mengalami kelelahan. Ketika olahraga angkat beban, sebaiknya mengurangi berat beban dengan intesitas yang sedang atau mengurangi intensitas olahraga yang dilakukan agar tidak menyebabkan persendian bahu lelah dan mengalami gangguan cedera.

2. Meningkatkan asupan nutrisi

Cara lain untuk meminimalisir terjadinya gangguan dan kelainan pada tulang adalah dengan mengkonsumsi suplemen maupun makanan yang mengandung nutrisi seperti macam vitamin penguat tulang dan sendi. Apabila tulang mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan secara cukup, dapat memperkuat bantalan sendi yang akan mencegah pergeseakan dan mengakibatkan tulang berbunyi.

3. Berolahraga secara teratur

Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, berolahraga sangat diperlukan cukup dengan intensitas sedang dengan teratur. Olahraga teratur juga dapat digunakan cara mengatasi sendi kaku dengan alami. Selain berolahraga, peregangan di sela-sela aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan waktu atau penggunaan bahu terus menerus juga sangat penting dilakukan. Sehingga otot dan persendian tulang akan tetap nyaman untuk digerakkan, tidak mudah berbunyi dan tidak gampang pegal atau nyeri.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab dan cara pencegahan mengenai tulang bahu sering berbunyi apabila digerakkan secara terus-menerus. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 08th, October 2018 / 09:15 Oleh :