Sponsors Link

Tulang Pinggul Geser – Akibat, Penyebab, Pengobatan

Sponsors Link

Tulang pinggul adalah salah satu jenis tulang yang penting untuk dijaga agar tetap sehat. Tulang yang satu ini terletak di bagian pinggul, seperti namanya. Oleh karena itulah, kerusakan pada tulang ini akan mengganggu beberapa aktivitas yang berkaitan dengan pinggul seperti misalnya duduk, dan lain sebagainya. Mengingat betapa pentingnya tulang pinggul, tentunya kita perlu menjaga agar tulang yang satu ini tetap sehat. Penyakit tulang pinggul sama berbahayanya dengan bahaya sakit tulang ekor.

ads

Salah satu jenis masalah yang mungkin terjadi pada tulang pinggul adalah pergeseran tulang pinggul. Pergerseran tulang pinggul adalah salah satu masalah masalah yang bisa dihindari apabila kita mengetahui apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itulah kita perlu mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi tulang pinggul yang mengalami pergeseran. Tentunya kita juga harus mengetahui akibat dari tulang pinggul geser sehingga bisa menyadari betapa penting masalah tulang pinggul geser tersebut.

Akibat Pergeseran Tulang Pinggul

Hal pertama yang perlu kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah mengenai apa saja akibat tulang pinggul yang mengalami pergeseran. Dengan mengetahui hal ini, maka kita bisa menyadari betapa berbahayanya tulang pinggul yang geser dan tentunya bisa menjadi lebih waspada terhadap berbagai macam masalah tulang pinggul yang mengalami pergeseran.

Adapun beberapa macam akibat yang bisa ditimbulkan karena pergeseran tulang pinggul, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Infeksi

Akibat lain yang bisa ditimbulkan oleh pergeseran tulang pinggul adalah terjadinya infeksi. Infeksi bisa terjadi pada berbagai macam bagian tubuh yang dekat dengan tulang pinggul. Infeksi yang terjadi tentunya memiliki risiko tersendiri untuk mengakibatkan berbagai macam komplikasi lainnya yang juga akan berbahaya terhadap kesehatan tubuh sang penderita infeksi. Oleh karena itulah, pergeseran tulang pinggul harus dihindari agar tidak sampai terjadi infeksi yang parah dan merugikan serta membahayakan kesehatan pasien.

2. Kesulitan beraktivitas

Salah satu akibat dari penyakit tulang pinggul geser adalah sulitnya penderita dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena tentunya dia akan kesulitan dalam bergerak dan memosisikan dirinya. Tidak hanya itu, dalam jangka panjang, pasien yang mengalami gangguan pada tulang pinggul juga bisa saja tidak dapat pulih sepenuhnya karena berbagai alasan. Oleh karena hal inilah tulang pinggul yang mengalami pergeseran lebih baik dihindari dan kalau bisa segera disembuhkan apabila telah terlanjur mengalaminya.

Tingkat pemulihan pada mereka yang mengalami sakit pada tulang pinggul berbeda-beda pada tiap pasien. Besar kemungkinan sangat tergantung dengan kondisi kesehatan pasien sebelum mereka mengalami patah tulang pinggul atau pergeseran tulang pinggul. Sebagian pasien bahkan mengalami penurunan kemampuan motorik berkepanjangan sehingga sulit untuk hidup mandiri dan juga cenderung stres karena mengalami rasa sakit yang juga berkepanjangan.

3. Rasa sakit

Akibat berikutnya adalah tentu saja rasa sakit berkepanjangan yang menyebabkan penderita tidak akan pernah merasa nyaman ketika beristirahat ataupun beraktivitas. Hal inilah yang juga memicu stres dan berbagai permasalahan lainnya yang berbahaya apabila dibiarkan begitu saja tanpa ditangani dengan serius. Akan lebih baik apabila pergeseran tulang pinggul dihindari sehingga tidak perlu melakukan berbagai macam pengobatan yang bisa berakibat negatif terhadap kesehatan pasien lebih jauh. Ingatlah bahwa rasa sakit pada tulang pinggul lebih dari sekedar ngilu pada lutut.

4. Pendarahan

Selain beberapa dampak di atas, dampak lain dari pergeseran tulang pinggul adalah pendarahan yang bisa terjadi pada bagian tulang ataupun otot yang mengalami kerusakan akibat pergeseran tulang pinggul tersebut. Pendarahan sangat berbahaya karena bisa berakibat hal lain yang jauh lebih berbahaya seperti misalnya berhentinya aliran darah, pembusukan, infeksi, dan berbagai macam masalah lain yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan penderita pergeseran tulang pinggul.

5. Nekrosis avaskular

Salah satu dampak pergeseran tulang pinggul sekaligus patah tulang pinggul adalah terjadinya nekrosis avaskular. Nekrosis avaskular adalah suatu komplikasi ketika aliran darah di daerah sekitar paha terganggu karena adanya patahan atau pergeseran tulang pinggul. Dengan demikian daerah di sekitar paha dan pinggul lama-lama akan mati dan membusuk sehingga menimbulkan rasa nyeri konstan yang bisa berlangsung selama beberapa tahun. Akan tetapi akibat yang satu ini lebih umum ditemui pada penderita patah tulang pinggul yang berjenis intrakapsular.

Sponsors Link

Penyebab Pergeseran Tulang Pinggul

Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan terjadinya tulang pinggul geser. Berbagai penyebab tersebut harus diantisipasi sesuai dengan ciri khas masing-masing sebab agar bisa dilakukan pengobatan dengan cara yang paling baik. Dengan mengetahui beberapa penyebab tulang pinggul yang bergeser di bawah ini, tentunya kita juga bisa menghindari masalah tulang pinggul yang mengalami pergeseran.

Lantas apa saja penyebab tulang pinggul yang geser itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kecelakaan

Kecelakaan adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan tulang pinggul bergeser. Risiko ini semakin besar terutama apabila bagian yang terkena kecelakaan adalah bagian di sekitar pinggul. Misalnya kita terjatuh saat duduk seperti akibat jatuh terduduk pada wanita, melompat dengan cara jatuh yang salah sehingga menyebabkan langsung terjatuh pada pinggul, dan berbagai macam kecelakaan yang lain. Oleh karena itulah kita harus berhati-hati dalam beraktivitas agar tidak sampai mengalami kecelakaan yang membahayakan tulang pinggul.

2. Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa tulang pinggul bisa patah dan bergeser. Dengan mengeroposnya tulang pinggul dan sekitarnya, maka komposisi tulang pun mudah berubah mengingat dorongan ataupun tarikan yang diberikan oleh beban tubuh bisa menyebabkan tulang patah dan akhirnya bergeser dari posisinya yang semula. Oleh karena itulah kita harus menjaga kesehatan agar tidak sampai terjadi pengeroposan yang bisa menyebabkan pergeseran tulang pinggul dan pergeseran serta patah tulang pada berbagai macam tulang yang lainnya.

3. Risiko usia

ads

Risiko usia juga menjadi salah satu penyebab atau faktor yang meningkatkan risiko patah tulang pinggul. Semakin tua seseorang, semakin besar kemungkinan dirinya terkena masalah tulang pinggul dan juga masalah tulang yang lain. Walaupun demikian, gaya hidup yang baik dan juga pencegahan-pencegahan yang lain seperti rajin melakukan olahraga dan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan tubuh dengan rutin, bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah agar faktor risiko tersebut bisa mengalami penurunan. Atau dengan kata lain, walaupun tua tidak sama dengan akhirnya kita harus menderita penyakit tulang pinggul.

4. Kurang nutrisi

Penyebab masalah tulang pinggul geser berikutnya adalah karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan agar tulang bisa berfungsi dengan baik. Hal ini wajar mengingat tulang, termasuk tulang pinggul membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup untuk menjamin agar tulang pinggul tetap kuat dan bisa berfungsi dengan baik serta tidak mengalami pergeseran. Oleh karena itulah konsumsi vitamin D dan kalsium yang cukup bisa membantu mengurangi risiko pergeseran tulang pinggul pada mereka yang sudah tua.

5. Kurang berolahraga/beraktivitas

Penyebab berikutnya yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa tulang pinggul bisa bergeser adalah karena kurang berolahraga atau beraktivitas, sehingga membuat tulang tidak memiliki daya tahan yang baik. Oleh karena itu, kita perlu melakukan olahraga dengan rutin untuk membantu penguatan daya tulang dan otot. Walaupun demikian, olahraga yang rawan terhadap benturan dan juga posisi jatuh yang berisiko juga menjadi salah satu jenis olahraga yang perlu diwaspadai karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang pinggul sekaligus pergeseran pada tulang pinggul

Pengobatan Pergeseran Tulang Pinggul

Setelah mengetahui berbagai macam akibat dan penyebab pergeseran tulang pinggul di atas, tentunya ada baiknya apabila kita mengetahui apa saja pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati tulang pinggul yang bergeser. Memangnya apa saja langkah pengobatan yang bisa kita lakukan untuk mengobati tulang pinggul? Apakah kamu telah mengetahuinya?

Setidaknya ada beberapa langkah pengobatan yang mungkin lebih detail akan diketahui dan dipaparkan oleh dokter yang ahli. Akan tetapi secara umum untuk mengobati tulang pinggul yang patah, dibutuhkan beberapa hal seperti berikut.

1. Operasi

Pengobatan pergeseran tulang pinggul diawali dengan cara melakukan operasi. Operasi biasanya dilakukan untuk membenahi tulang yang bergeser dan menatanya sesuai dengan posisi yang seharusnya sehingga bisa dilakukan pengobatan selanjutnya. Tanpa operasi, maka tulang yang bergeser akan sangat sulit untuk dikembalikan pada posisi yang seharusnya mengingat tidak ada ruang yang cukup untuk membenahi tulang tersebut. Oleh karena itulah ada baiknya apabila pasien yang mengalami pergeseran tulang pinggul segera dioperasi begitu dipastikan terjadi pergeseran tulang. Jangan lupa untuk memberikan obat tulang bergeser.

Sponsors Link

2. Rehabilitasi

Prosedur berikutnya yang perlu dilakukan untuk mengobati masalah tulang pinggul yang bergeser adalah melakukan rehabilitasi. Rehabilitasi secara prinsip adalah memberikan waktu bagi tulang yang telah ditata atau diatur agar bisa stabil atau terhubung dengan tulang yang lain secara sempurna layaknya sebelumnya. Masa rehabilitasi bisa berbagai macam, tergantung tingkat keparahan pergeseran tulang yang dialami oleh pasien. Hal ini sama dengan terapi tulang punggung bungkuk.

3. Pengobatan

Cara mengobati tulang pinggul yang bergeser berikutnya adalah dengan memberikan pengobatan tertentu kepada pasien. Sebenarnya langkah yang satu ini tidak terlepas dengan langkah yang rehabilitasi yang dilakukan di bagian atas. Pada prinsipnya berbagai macam jenis obat yang bisa membantu mempercepat penyembuhan tulang pinggul akan dikonsumsi oleh pasien untuk mempercepat proses penyembuhan tulang pinggul yang mengalami patah atau bergeser. Dengan demikian pasien bisa lebih cepat sembuh.

Itulah beberapa macam cara untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit tulang pinggul geser yang bisa kamu lakukan. Tentunya beberapa macam cara pengobatan di atas harus dilakukan oleh tenaga ahli yang profesional agar bisa menghasilkan hasil yang baik dan tidak menyebabkan masalah tulang lainnya yang lebih berbahaya.

Semoga dengan beberapa informasi ini kamu bisa mengatasi masalah tulang pinggul yang bergeser dengan lebih bijak. Seperti yang telah kita bahas di atas, pergeseran tulang pinggul adalah salah satu hal yang paling berbahaya dan harus dijauhi secara langsung. Oleh karena itulah kita harus menghindari masalah tulang pinggul sejauh mungkin dan tentunya berusaha untuk mencari kesembuhan ketika kita telah mengalami masalah tersebut. Selamat menjaga kesehatan tulangmu!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 19th, December 2017 / 03:56 Oleh :
Kategori : Tulang Geser