Sponsors Link

4 Gejala Rakitis Paling Menonjol yang Malah Terabaikan

Sponsors Link

Beragam jenis penyakit yang menyerang manusia, salah satunya adalah rakitis. Beberapa orang masih belum mengenal definisi dari penyakit ini. Lantas apa penyakit rakitis dan apa saja Gejala Rakitis yang bisa di kenali? Rakitis merupakan kelainan pertumbuhan tulang yang terjadi pada anak ataupun orang dewasa, dan umumnya di akibatkan oleh kurangnya vitamin D dan kalsium.

ads

Adapun alasan mengapa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakitis, karena vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium serta fosfat dari makanan yang telah dilakukan oleh usus atau di cerna. Akibatnya, kekurangan vitamin D akan menimbulkan reaksi tubuh kesulitan dalam menjaga kadar kalsium serta fosfat tersebut. Kondisi ini akan memaksa tubuh untuk melepaskan kedua zat dari tulang, dan pada akhirnya tulang mengalami pelunakan atau yang disebut dengan osteomalacia dan kerapuhan.

Penyakit rakitis tentu akan membuat penderita merasa terganggu, dan beberapa penanganan harus di lakukan dengan segera untuk membentengi perkembangannya lebih jauh. Sekedar informasi, Gejala Rakitis perlu di pahami lebih dini agar anda bisa melakukan pencegahan jika telah di temukan hal-hal mengarah pada penyakit ini. Sebelum mengulas lebih jauh tentang tanda-tanda rakitis, ada baiknya kita perluas pengetahuan tentang rakitis itu sendiri. Karena seperti yang sudah di jelaskan, anak-anak juga beresiko terkena rakitis. Justru perbandinganya lebih besar dari pada orang dewasa. Inilah alasan penting untuk anda memantau salah satu dari penyakit dari macam-macam penyakit ortopedi.

Penyakit umumnya menyerang anak-anak yang usianya antara 6 bulan sampai dengan 3 tahun. Anak-anak memang mempunyai risiko terbesar terkena penyakit rakitis. Hal itu karena masih mengalami masa pertumbuhan tulang, dan saat masih kecil keadaan tulangnya masih cukup lunak. Adapun beberapa hal yang dapat mengakibatkan anak-anak mudah terkena rakitis yakni kurangnya paparan sinar matahari, menjalani pola makan vegetarian atau sayur-sayuran, jarang mengkonsumsi susu atau minuman olahan susu seperti yogurt. Dalam beberapa kasus, rakitis juga bisa di picu oleh kelainan genetik. Untuk penyebab rakitis sendiri bisa anda lihat dari kalimat berikut ini.

Pemicu rakitis yang terjadi pada anak dan paling umum yakni kurangnya asupan vitamin D dan kalsium seperti yang tertampil di atas. Kedua zat ini sangat penting bagi anak-anak agar pertumbuhan tulang mereka kuat dan sehat, serta dapat berlangsung dengan baik. Beberapa sumber vitamin D yang bisa di dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Sinar Matahari

Mungkin anda sering melihat orang berpanas-panas di bawah matahari pada jam 8 pagi. Jika anda bertanya-tanya tentang ini, jawabannya adalah untuk memperoleh vitamin D yang dapat diproduksi oleh kulit dengan bantuan sinar matahari tersebut. Sebagian besar vitamin D yang di perlukan oleh tubuh didapatkan melalui proses mudah ini. Namun Anda juga harus tetap memperhatikan waktu, sebab kalau terlalu berlebihan akan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya osteomalasia.

  • Makanan

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga di hasilkan dari beberapa jenis makanan. Anda bisa mengalihkan untuk mendapatkan asupan vitamin D dari makanan ketika anda bosan harus mengapar di pagi hari. Adapun beberapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain seperti minyak ikan, telur, dan sereal yang mengandung vitamin D. Untuk melihat makanan lainnya, kurang lebih sama dengan makanan pencegah osteoporosis berikut.

Sponsors Link

  • Suplemen

Perlu anda ketahui juga bahwa kekurangan vitamin D juga dapat terjadi lantaran adanya gangguan penyerapan vitamin D di dalam usus. Saat-saat seperti ini di perlukan suplemen untuk memberikan asupan vitamin D dalam tubuh.

Lalu apa saja yang di rasakan seseorang ketika akan mengalami rakitis? Gejala Rakitis telah di rangkum dalam kesempatan kali ini, sehingga anda bisa mewaspadai sejak dini akan penyakit tersebut. Rakitis pasti akan menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi terhambat, sehingga hal ini akan memicu kelainan bentuk tulang, terutama pada anak-anak. Berikut ini adalah Gejala Rakitis yang wajib anda kenali:

  1. Nyeri Tulang

Gejala yang pertama pada penyakit rakitis adalah terjadinya nyeri pada tulang yang terasa sakit, sehingga anak-anak atau penderita dewasa penyakit rakitis lebih segan untuk berjalan atau mudah lelah. Selain itu, ketika mereka berjalan, gerakan penderita rakitis akan sedikit berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya.

Sponsors Link

  1. Tulang Rapuh

Rakitis bukan hanya akan menyebabkan nyeri tulang, tetapi bisa juga menimbulkan kerapuhan tulang yang sehingga lebih mudah mengalami patah tulang atau fraktur. Jadi, kondisi yang seperti ini jika tidak di tangani akan berpengaruh pada tulangnya. Ketika Anda mengalami hal ini, sebaiknya konsumsi makanan untuk mengobati tulang keropos ini secara rutin.

  1. Permasalahan Gigi

Gejala penyakit rakitis lainnya adalah menimbulkan permasalahan pada gigi. Lebih tepatnya, rakitis dapat menyebabkan kerapuhan enamel gigi, melambatnya pertumbuhan gigi serta lebih mudahnya muncul lubang pada gigi. Namun jika ada masalah lain terjadi pada mulut Anda, mungkin bisa saja itu disebabkan oleh rahang yang patah. Untuk mengetahuinya silahkan simak ciri ciri rahang patah berikut.

  1. Perubahan Bentuk Tulang

Terjadinya perubahan bentuk pada tulang juga menjadi awal gejala dari rakitis yang harus di ketahui. Rakitis akan menimbulkan perubahan bentuk pada tulang seperti menebalnya pergelangan kaki, lutut serta pinggang, pembengkokan tungkai, melunaknya tulang tengkorak, sampai tulang belakang yang pada akhirnya membungkuk. Namun untuk perubahan bentuk ini berbeda dengan kelainan pada tulang, dikarenakan penyebabnya juga tidak sama.

Demikianlah Gejala Rakitis yang kelihatannya spele namun menimbulkan efek besar nantinya. Sebaiknya lakukan pencegahan bila sudah di temukan tanda-tandanya, atau lakukan pengobatan bila sudah terjadi.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 05th, August 2018 / 23:18 Oleh :
Kategori : Rakitis