Sponsors Link

5 Ciri Ciri Kram Otot Paling Mudah Dikenali

Sponsors Link

Kram otot? Mungkinkah anda salah satu orang yang pernah mengalaminya, atau bahkan sering. Tentunya keadaan ini akan membuat tidak nyaman dan merasa terganggu. Akibatnya banyak aktifitas sementara yang tertunda. Kram sendiri membuat seseorang atau penderita sulit menggerakkan pada bagian yang terserang, misalnya saja seperti tangan kaku dan tidak bisa digerakkan. Bisa di bilang kram hampir mirip dengan mati rasa. Seseorang yang mengalami kram tidak bisa merasakan sesuatu sesaat.

ads

Dalam kasus yang lebih parah, kram bisa terjadi ketika seseorang berenang. Nah, akan sangat di sayangkan apabila keadaan ini tidak segera tertolong. Jika kram terjadi ketika seseorang sedang dalam tengah berenang, bisa saja hal itu membuatnya kesulitan mengimbangi tubuhnya dan berujung membahayakan bagi nyawa. Ini baru membicarakan tentang kram saja, padahal banyak jenisnya. Salah satunya yakni kram otot yang masih banyak tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu artikel tentang ciri ciri Kram Otot di tulis guna memberikan wawasan tentang kondisi ini. Banyak yang belum tahu bagaimana keadaan ini menimpa seseorang, apakah sama seperti kram biasa pada umumnya atau lebih mengganggu. Beberapa orang, dan bahkan anda sendiri tentu masih bertanya-tanya tentang bagaimana ciri ciri Kram Otot yang sebenarnya. Kram otot sering terjadi ketika seseorang bangun tidur. Orang yang mengalami kram otot akan merasakan salah satu bagian tubuhnya kram dan tidak bisa digerakkan.

Pada umumnya terjadi di jari kaki atau otot betis. Berdasarkan riset dari beberapa ahli medis, hampir 60% orang dewasa kerap mengalami kram otot pada malam hari. Yang mana bisa juga berdampak pada insomnia.

Meskipun begitu, kram otot sebenarnya tidak berdampak yang serius pada kesehatan. Berikut ciri ciri Kram Otot, yang wajib diketahui :

  1. Tiba-Tiba Otot Kaki Kejang (Saat Olahraga)

Untuk para atlet pelari, atau bisa jadi Anda yang memiliki hobi lari jarak jauh, sepertinya Anda sudah tak asing lagi dengan otot betis yang tiba-tiba menjadi kaku. Jika Anda terus merasakan kram otot saat berada di jarak tempuh lari yang sama, bisa jadi itu adalah penyakit sindrom kompartemen. Kondisi ini disebabkan oleh bagian otot kaki yang melebar.

Beberapa pelari atau orang yang pernah mempunyai cidera pada bagian otot, hal itu lah yang menyebabkan otot menjadi semakin lebar dan memenuhi ruang kaki. Saat berlari dalam kondisi normal, otot membutuhkan ruang serta aliran darah yang cukup. Namun bukan berarti ketika istirahat aman-aman saja, sebab Anda juga bisa mengalami otot betis ketarik saat tidur. Meski tidak sedang beraktifitas, akan tetapi kejadian tersebut rasanya cukup menyakitkan.

  1. Kram Otot yang Lama

Otot yang akan mengencang dan berlangsung sebentar itu saja sudah membuat tidak nyaman, apalagi yang berlangsung cukup lama. Bila Anda mengalami hal seperti ini sampai berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, jangan sampai diabaikan.

Salah seorang dokter mengatakan jika seseorang mengalami masalah kram otot dengan waktu yang lama, itu berarti ada sesuatu yang memburuk di dalam tubuhnya. Contohnya, seperti suplai darah yang kurang memadai yang biasanya disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Tidak hanya menyebabkan kram otot saja, kolesterol juga bisa menjadi penyebab tulang leher belakang sakit, penyebab tulang rusuk sakit, penyebab penyakit gout, hingga bisa menyebabkan penyumbatan sumsum tulang belakang juga.

  1. Kram Otot yang Membengkak, Kemerahan, dan Berubah Warna

Ciri ciri Kram Otot selanjutnya ini mengenai perubahan bentuk bagian tubuh yang mengalami kram otot atau otot kejang. Terkadang kram otot disertai bengkak, memerah, dan perubahan warna pada kulit.

Hal itu menandakan adanya penggumpalan darah di dalam tubuh. Meskipun gumpalan tersebut tidak terlalu berbahaya, namun sewaktu-waktu jika tetap dibiarkan saja bisa pecah dan menimbulkan kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

Sponsors Link

Dokter pun sempat mengingatkan bahwa wanita yang mengkonsumsi pil KB  bisa menyebabkan penggumpalan darah semakin meningkat. Atau anda yang sedang bepergian menggunakan pesawat terbang dan duduk di waktu yang lama.

  1. Merasa Panas dan Kesemutan

Jika anda mengalami kram otot yang disertai rasa panas dan kesemutan yang luar biasa, waspadalah. Pasalnya, hal ini adalah salah satu gejala herniated disk. Ini merupakan kondisi dimana adanya piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang sehingga menyebabkan tulang belakang sakit.

Keadaan ini terjadi saat seluruh atau hampir sebagian pusat piringan tulang belakang yang bersifat lunak ditekan sepanjang bagian yang lemah. Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya rasa panas seperti terbakar api dibagian bawah tubuh, terutama yang paling parah adalah kaki.

  1. Rasa Mual, Muntah, dan Demam

Kram otot yang disertai dengan rasa mual, sampai muntah, dan badan yang tiba-tiba demam, bisa jadi ada masalah yang serius di dalam tubuh Anda. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh dehidrasi yang mana hal ini juga bisa menjadi pemicu timbulnya kejadian tulang belakang sering kesemutan maupun spasme otot punggung.

Ketika Anda menemukan ciri ciri Kram Otot ini pada tubuh Anda, maka cara pengobatannya sendiri cukup gampang, yakni Anda hanya perlu untuk melakukan pemanasan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan segala aktivitas sehari-hari. Olahraga di Pagi itu perlu dan sangat dianjurkan, sebab dampaknya sangat baik untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 13th, September 2018 / 23:27 Oleh :