Sponsors Link

Tulang Tangan Bengkok – Kondisi dan Pengobatan

Sponsors Link

Cara meluruskan tulang tangan yang bengkok adalah dengan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan bagian yang bengkok sehingga dapat diatasi dengan menggunakan alat atau operasi. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan dokter dan tenaga medis. Pada kasus dimana terjadinya bagian yang mengalami patah tulang atau retak. Hal ini akan terasa sangat menyakitkan. Para penderita juga akan merasakan ketidaknyamanan yang merepotkan. Hal lain yang juga akan membuat terjadinya gerakan kemudian akan menambah bagian dari rasa sakit sehingga akan menyebabkan bagian pada tubuh beresiko adanya luka. Luka ini dapat terjadi infeksi dan keadaan yang lebih parah jika tidak diatasi dengan benar. Pada terjadinya beberapa kasus pada patah tulang ataupun retak dapat terjadi di dalam beberapa kondis. Berikut adalah kondisi patahan yang meyebabkan kebengkokan.

ads

Kondisi Patahan

1. Fraktur sederhana (Patah Menjadi Dua)

Pada patahan ini adalah kondisi dimana patah tulang membelah menjadi dua bagian.Hal ini terjadi karena berbagai kondisi salah satunya adalah kecelakaan. Pada saat mengalami kecelakaan terjadi tekanan yang melebihi kapasitas tulang dalam menahan beban. Gejala mirip dengan jari tangan sakit dan kesemutan.

2. Fraktur Terbuka

Keadaan ini adalah kondisi dimana tulang terlihat tulang tangan bengkok  menonjol ke bagian luar pada kulit. Pada kasus ini akan membutuhkan perawatan yang lebih khusus dan pembenaran dengan menggunaka alat.

3. Fraktur Tertutup

Pada bagian patah tulang yang tertutup akan mengalami sobek dimana adanya tonjolan keluar. Pada kasus ini juga membutuhkan perawatan yang lebih diantaranya dapat dilakukan operasi untuk pembenaran bagian tulang. Hal ini sangat penting untuk normalisasi.

4. Fraktur kominutif

Pad kondisi ini tulang yang akan terjadi akan menjadi remuk. Hal ini akan yang akan dialami oleh penderita berupa patah yang terbagi minimal menjadi tiga bagian tulang atau lebih. Tindakan operasi dan berbagai tindakan penggunakan alat juga dapat dilakukan.

5. Fraktur greenstick

Pada patahan ini yang akan dialami oleh penderita adalah berupa patahan tulang tangan bengkok  pada satu sisi tulang patah. Pada sisi lainnya kemudian akan mengalami kebengkokan karena terdapatnya tekanan yang berlebih.

6. Fraktur oblig

Pada kasus ini adalah kondisi dimana patah tulang yang terjadi kemudian menyebabkan bagian tulang miring atau melengkung. Ini juga membuthkan suatu perawatan berupa operasi atau pemasangan alat yang dapat membantu untuk tulang kembali ke dalam posisi yang normal.

7. Fraktur stress

Pada kondisi ini tulang akan ditemukan dalam kondisi yang retak. Hal ini kemudian yang akan terjadi dimana tulang mengalami aktivitas atau kinerja yang berlebihan. Pada saat gerakan lain yang akan terjadi secara terus – menerus dimana patah tulang ini banyak terjadi pada orang yang memiliki profesi sebagai atlet.

8. Fraktur patologis

Pada kebengkokan ini adalah salah satu tulang yang akan rusak karena penyakit atau kelaian tertentu.Hal ini dapat dikonsultasikan kepada tenaga medis bagaimana cara dalam penanganan yang terbaik pada kelainan tulang yang terjadi. Hal yang juga dilakukan adalah upata terapi maupun operasi.

Sponsors Link

Pengobatan Kebengkokan

1. Pemasangan Alat Pada Tulang yang Bengkok

Pemasangan pada alat ini dapat dilakukan dengan cara dipasang pada bagian tulang yang bengkok. Alat bidai salah satu alat yang banyak digunakan dengan permukaan yang keras dan lurus sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan kondisi yang seperti semula. Pada bidai ini akan menjadi penahan di bagian tangan. Penahan tersbut kemudian akan memiliki fungsi untuk memberikan dukungan atau penjagaan pada wilayah yang terkena cedera yakni patah tulang. Pada kasus yang terntentu juga akan menyebabkan tulang mengalami kelainan di berbagai bagian diantaranya adalah di sel dan jaringan. Pada bagian tendon dan sendi juga kerap untuk mengalami kelainan akibat dari cedera atau kecelakaan yang terjadi. Pada kasus komplikasi akan dilakukan perawatan yang lain sehingga akan tetap mencapai tujuan akan kesembuha dimana tulang tetap akan mampu untuk kembali seperti semula.

Para penderita sebaiknya mengetahuoi bagaimana prosedur dan cara mengobati patah tulang. Hal ini akan membuat kita untuk tidak terlalu banyak melakukan gerakan. Ini juga akan mengurangi berbagai resiko yang terjadi dalamm tubuh sehingga sangat penting untuk membuat bagian yang bengkok kemudian  menjadi lurus mungkin dan sembuh seperti sedia kala. Pada alat bidai juga akan sangat dapat membantu dalam mengurangi berbagai rasa sakit. Ini juga akan menjaga rasa kestabilan yang terdapat pada tangan. Bidai juga dapat mengurangi adanya pembengkakan yang terjadi pada bagian yang mengalami cedera. Pada kasus patah tulang tangan ini kemudian akan diperiksa oleh dokter.  Pada kasus yang terjadi ini akan membutuhkan spesialis tulang yang harus menangani dengan sesegera mungkin. Ini juga akan membuat para penderita untuk menghindari hal yang akan semakin parah pada bagian tangan yang patah.

2. Pemasangan Belat

ads

Para penderita juga sebaiknya mengetahui ciri-ciri tulang retak sebelum dilakukan pengobatan pada tulang yang mengalami kebengkokan. Para penderita juga sebaiknya mengetahui berbagai persyaratan yang harus dilakukan untuk penggunaan belat dengan benar. Pada pemasangan alat belat harus memahami bagian istilah dimana adanaya dasar berbagai orientasi dan posisi. Hal ini bertujuan agar pemasangan terjalin kompak dan tepat. Pada pemasangan ini juga berguna untuk mengurangi bagian lain yang mengalami cedera parah.  Pada beberapa cara yang harus diperhatikan di dalam pemasangan belat adalah cara dalam meluruskan tulang yang bengkok. Pemasangan sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional dan tenaga ahli dibidangnya. Hal ini untuk menghindari berbagai resiko yang terjadi.

3. Perlindungan Tangan Bengkok

Hal lain yang juga dapat memberikan perlindungan pada tulang tangan bengkok. Perlindungan ini diterapkan dengan menggunakan kasa. Kasa kemudian dilengkapi dengan kain yang bersih dan ikat pinggang. Pada perlindungan ini akan di belitkan dengan cara dilakukan bersama dengan  belat yang dipasang pada daerah pergelangan tangan. Hal ini juga akan menjaga agar belat yang tidak terjadi tidak mengalami pergeseran. Para penderita juga harus mengetahui belitan yang sangat membantu dalam pemasangan pada belat. Pada saat balutan dilakukan pada umumnya akan ada balutan yang terdapat warna. Hal ini akan sangat berguna untuk para tenaga medis dalam membantu pada saat pemeriksaan.

Pada pemasangan belat akan berbeda rasanya dengan penggunaan gips. Jika pada belat ini akan dibungkus dengan sangat rapat. Pembungkusan ini akan membuat posisi pada tulang yang bengkok menjadi lebih santai dan rileks. Pada pemeriksaan juga akan membuat gerakan tampak lebih fleksibel. Pemeriksaan ini memang harus dilakukan dengan cara berturut turut. Pengontrolan juga harus terus dilakuakan. Pemasangan juga harus memperhatikan mengenai kenyamanan pada bagian kulit. Hal ini untuk kulit tetap merasa nyaman dan terhindar dari iritasi.

4. Pengompresan dengan Es

Pada pengompresan ini dapat dilakukan dengan menggunakan sebungkus es. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman pada bagian tulang yang mengalmi kebengkokan. Para penderita juga dapat menggunakan handuk yang menutupi pada es yang digunakan. Handuk dingin itu dapat kemudian diletakkan di bagian atas tangan. Hal lain yang dimaksudkan yakni adalah untuk mencegah tangan yang retak menjadi semakin parah dan mengalami peradangan. Es juga dapat meredakan  pembengkakan. Pada penerapan ini juga akan langsung memiliki efek pada bagian kulit. Kompres ini sebaiknya dilakukan selama 10 hingga 20 menit dlam satu hari. Pengompresan ini juga akan mempermudah perlakuan penyembuhan. Kini ada kompres gel. Kompres jel berguna untuk menghidari tetesan air dari es. Cara menyembuhkan tulang retak banyak dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan. Jika ini dilakukan sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter yang bersangkutan.

6. Operasi

Operasi juga dapat dilakukan jika memang sangat dibutuhkan. Hal ini memang akan dilakukan jika sangat dibutuhkan. Pada tulang yang hancur dan patah ini memang membutuhkan perawatan yang khusus. Pada bagian tulang yang dilakukan operasi ini akan dipasang alata yang juga akan membantu dalam penyambungan tulang agar terbentuk dengan sempurna dan dapat pulih seperti semula. Pada operasi ini akan mengembalikan fungsi dari tulang tersebut sehingga dapat melakukan aktivitas seperti semula dan dapat kembali untuk menopang tubuh. Hal ini pada umumnya akan dilakukan jika bagian tulang mengalami kebengkokan yang tidak bisa dipulihkan hanya dengan alat.

7. Fisioterapi

Fisioterapi  adalah cara yang juga dapat menjadi alternatif. Hal ini merupakan salah satu penanganan yang dinilai juga dapat meluruskan kembali tulang yang bengkok. Penyebab tulang bengkok yang terjadi bermacam – macam juga menjadi alasan untuk menentukan perawatan yang terbaik.  Fisioterapi ini dapat dilakukan sebagai upaya untuk perawatan dengan melakukan peregangan yang spesifik. Pada latihan ini akan dilakukan mobilisasi untuk penguatan pada bagian tulang yang cedera. Banyak pula terapis fisik yang akan merangsang, dan melakukan kontraksi untuk menguatkan otot yang lemah. Pada proses  elektroterapi akan menggunakan stimulasi pada otot dengan elektronik. Perlakuan ini dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali per minggu.

Demikian beberapa ulasan tentang tulang tangan yang bengkok yang bisa anda ketahui bagaimana keadaan bentuknya dan bagaimana cara pengobatannya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 03rd, January 2018 / 07:10 Oleh :