Sponsors Link

3 Cara Mengobati Rematik Pada Lutut Paling Ampuh

Sponsors Link

Rematik merupakan salah satu kelainan pada tulang yang umum terjadi pada manusia. Resiko terkena rematik meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Rematik dapat menyerang beberapa bagian tubuh, misalnya lutut, tulang kaki, dan tulang penyusun tangan. Salah satu rematik yang sering terjadi adalah rematik yang menyerang sendi dan tulang pada lutut.

ads

Saat kambuh, rematik dapat menimbulkan rasa ngilu pada lutut dan nyeri pada tulang yang terkena gangguan ini. Rematik juga akan membuat tulang dan sendi menjadi bengkak dan kaku. Tentu hal ini akan sangat mengganggu karena dapat membatasi gerakan tulang yang terkena rematik. Hal ini membuat banyak ilmuwan dan kalangan medis yang melakukan penelitian untuk menemukan cara mengobati rematik pada lutut yang tepat.

Namun, apakah rematik pada lutut dapat disembuhkan? Dari beberapa penelitian yang dilakukan hingga kini, belum ditemukan obat atau metode pengobatan yang ampuh untuk menghilangkan rematik pada lutut. Beberapa cara dapat dilakukan hanya untuk mengatasi hal-hal berikut:

  1. Mengurangi gejala rematik dan komplikasi jangka panjang yang ditimbulkan rematik. Pengobatan dilakukan untuk mencegah pembengkakan sendi yang semakin parah dan rasa nyeri saat penyakit ini kambuh.
  2. Membantu mengurangi dampak rematik pada peradangan sendi. Pengobatan yang ditemukan saat ini dapat mengurangi kemungkinan radang sendi yang akan ditimbulkan oleh penyakit rematik.
  3. Meminimalkan kerusakan yang lebih parah pada sendi dan tulang. Penyakit rematik akan membuat tulang mudah mengeropos dan mengalami peradangan sehingga mungkin untuk menimbulkan dampak yang lebih berbahaya. Metode pengobatan yang tepat dapat mencegah resiko yang lebih serius dari rematik.
  4. Meningkatkan fungsi tulang dan sendi dalam bergerak. Pengobatan dilakukan untuk menghilangkan bengkak, dan kaku pada tulang dan sendi. Pengobatan juga berfungsi untuk menghilangkan penyebab nyeri sendi lutut yang ditimbulkan oleh rematik.

Bagaimana Cara Mengobati Rematik Pada Lutut?

Ada banyak alternatif yang dapat dicoba untuk mengurangi dampak semakin parah dari penyakit rematik yang menyerang lutut. Beberapa pengobatan yang dapat dicoba adalah:

  • Menggunakan Obat-Obatan

Cara pertama dan yang paling umum dilakukan untuk mengobati rematik adalah dengan menggunakan obat-obatan. Jika penderita pergi ke dokter, maka terdapat beberapa jenis obat kimia dan obat herbal rematik kaki yang disarankan untuk dikonsumsi. Beberapa jenis obat yang umum digunakan untuk rematik adalah:

  1. Obat Pereda Nyeri Non Steroid (NSAID/Non Steroidal Anti-inflammatory Drugs). Penggunaan obat ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit serta peradangan yang ditimbulkan oleh rematik. Obat ini dapat diperoleh di beberapa apotek dengan beberapa merek tergantung yang diresepkan oleh dokter.
  2. Steroid. Penggunaan obat ini diperuntukan guna mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada sendi lutut serta memperlambat kerusakan pada sendi yang ditimbulkan oleh penyakit rematik. Umumnya obat jenis ini diresepkan untuk penyakit rematik akut.
  3. Disease-Modifying Antirheumatic Drugs (DMARD).   Penggunaan obat ini diperuntukan guna memperlambat perkembangan penyakit rematik pada lutut. Selain itu, obat ini juga mampu untuk mencegah kerusakan permanen sendi dan jaringan lutut.
  4. Obat Biologic Agents. Obat ini dibuat dengan menggunakan gen manusia yang sudah melewati proses rekayasa genetika. Penggunaan obat ini untuk mencegah dampak rematik sudah terbukti ampuh disaat penggunaan obat lainnya mengalami kegagalan.
  • Melakukan Terapi

Beberapa gerakan fisik dianjurkan sebagai bentuk terapi yang akan memperkuat fungsi tulang dan sendi lutut. Hal ini akan membantu mengurangi rasa nyeri dan dampak lebih parah yang dapat diakibatkan oleh penyakit rematik. Penderita rematik dapat melakukan beberapa olahraga dan gerakan yang ringan dengan melibatkan lutut, misalnya dengan menendang atau berjalan.

Sponsors Link

  • Melakukan Operasi

Operasi merupakan cara terakhir yang akan disarankan oleh dokter jika penderita rematik gagal mencegah dampak rematik melalui pengobatan dan terapi fisik. Tindakan operasi dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kerusakan pada sendi sehingga penderita dapat menggunakan lututnya seperti sebelumnya.

Operasi juga mampu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki kelainan bentuk lutut yang berubah karena penyakit rematik. Operasi pada rematik akan dilakukan jika rematik sudah parah, misalnya membuat tulang lutut mengalami peradangan sehingga sulit digerakan dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Dalam menjalani operasi radang akibat rematik, pasien akan melalui beberapa prosedur pembedahan, yaitu:

  1. Tahap Pertama: Pembedahan dilakukan dengan menghilangkan lapisan sendi lutut yang meradang.
  2. Tahap Kedua: Melakukan perbaikan pada tendon yang kendur dan putus di sekitar sendi lutut.
  3. Tahap Ketiga: Bagian sendi lutut yang mengalami kerusakan total akan dibuang dan digantikan dengan bahan yang terbuat dari logam dan plastik.
  4. Tahap Keempat: Jika tahap ketiga tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka dokter akan menggabungkan sendi untuk menghilangkan rasa sakit dan menstabilkan kembali sendi lutut yang mengalami kerusakan.

Dari beberapa cara megobati rematik pada lutut di atas, pilihlah metode pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan rematik yang diderita. Penderita juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk penderita rematik dan menjauhi pantangan penderita rematik sebisa mungkin. Namun, sebelum terserang rematik, melakukan beberapa cara mencegah rematik tentu menjadi pilihan yang tepat. Mulailah untuk hidup sehat dan menjaga tulang agar tetap kuat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 08:31 Oleh :
Kategori : Pengobatan, Rematik