Sponsors Link

9 Macam-Macam Senam untuk Skoliosis Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Apa saja Macam-Macam Senam untuk Skoliosis? Semuanya tentu akan di sampaikan pada halaman ini, mengenai penyakit tersebut yang bisa di ringankan dengan melakukan beberapa latihan fisik. Namun sebelumnya anda harus mengerti tentang kondisi skoliosis yang di maksudkan. Bahwa skoliosis merupakan suatu kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal.

ads

Penyerangan penyakit ini memang lebih sering terjadi pada anak-anak, yakni sebelum masa pubertas dengan kisaran usia 10 sampai dengan 15 tahun. Anak laki-laki dan perempuan membawa dampak risiko yang sama untuk mengidap skoliosis ringan, akan tetapi anak perempuan lebih rentan untuk mengalami perburukan gejalanya. Sehingga hal itu memerlukan penanganan yang memadai.

Nah, salah satu bentuk penanganan tersebut adalah dengan melakukan latihan fisik yang akan di sebutkan pada halaman Macam-Macam Olahraga Skoliosis. Lebih ringan, bisa di lakukan kapanpun dan tentunya menghemat biaya sekali. Meskipun di kebanyakan kasus, skoliosis yang telah menimpa anak-anak bersifat ringan dan tidak memerlukan perawatan khusus, tetapi semua itu tetap harus diawasi secara saksama.

Bahkan pasien juga akan disarankan untuk menjalani pemeriksaan X-ray secara rutin untuk mengetahui perkembangan dan juga untuk menghindari terjadinya komplikasi lanjutan. Keadaan seperti sulit bernapas dan nyeri biasanya akan dirasakan oleh penderita skoliosis remaja dan dewasa jika kelengkungan tulang parah. Oleh sebab itu, deteksi dini sangat diperlukan untuk pencegahan skoliosis mencapai tingkat lanjut yang lebih parah.

Adapun gejala dari skoliosis yakni bisa dilihat dari perubahan penampilan dada, pinggul, atau juga bahu. Berikut ini beberapa gejala dari skoliosis yang dapat anda ketahui dari penampilan fisik.

  • Pada salah satu pinggul tampak lebih menonjol
  • Tubuh akan lebih condong ke satu sisi
  • Bahu terlihat lebih tinggi salah satu
  • Salah satu tulang belikat terlihat lebih menonjol
  • Kaki mempunyai panjang yang tak seimbang

Disisi lain, skoliosis juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri punggung, meskipun tidak semua penderita skoliosis mengalami hal seperti ini. Penderita skoliosis dewasa akan lebih sering mengalami nyeri punggung pada titik lengkungan. Lalu nyeri tersebut dapat bertambah lagi jika lengkungan tulang belakang terjadi semakin parah. Sakit yang di alami oleh para penderita skoliosis cukup bervariasi. Tidak hanya skoliosis, ternyata nyeri punggung juga menjadi pengaruh tingginya asam lambung terhadap nyeri punggung yang perlu di waspadai juga.

Beberapa penderita mungkin ada yang mengalami rasa sakit terasa menjalar dari tulang belakang ke kaki, pinggul, hingga bahkan tangan, terutama saat mereka sedang berjalan atau sedang berdiri. Rasa sakit itu akan mereda apabila penderita berbaring dengan posisi punggung lurus atau pada salah satu sisi tubuh. Anda juga harus mengerti bahwa penderita skoliosis ada yang mengalami nyeri punggung secara konstan.

Pentingnya anda memahami Macam-Macam senam untuk Skoliosis tentu memberikan kemudahan agar bisa melakukan terapi atau perawatan mudah dirumah. Berikut ini bisa anda lihat, apa saja olahraga untuk skoliosis.

  1. Berenang

Anda tentu tahu dengan olahraga berenang bukan? Pastinya semua orang sudah mengerti, karena berenang adalah olahraga paling umum. Selain menjadi salah satu jenis olahraga dengan berbagai manfaat, renang juga menjadi sebagian hobi beberapa orang. Karena berenang bisa di nikmati dengan rilek. Satu hal yang harus anda ketahui bahwa berenang mampu meringankan kondisi skoliosis.

Sponsors Link

Khususnya adalah berenang dengan gaya bebas dapat mengurangi tekanan yang terjadi pada tulang belakang. Sehingga langkah ini akan mengurangi rasa pegal. Sebaliknya, yang harus anda ketahui bahwa gaya yang dihindari yakni gaya dada. Sebagai rekomendasi, berikut gaya renang untuk skoliosis yang bisa Anda lakukan. Renang adalah salah satu alternatif terbaik sebagai pengganti senam.

  1. Yoga

Melakukan yoga itu cukup penting untuk memperkuat otot-otot di punggung, terlebih lagi saat melakukan posisi kayang. Pada waktu anda melakukannya secara teratur, maka anda akan mencapai lebih banyak mobilitas di seluruh tulang belakang. Meskipun akan terasa sakit pada beberapa percobaan awal, namun punggung akan terasa lebih enak jika dilakukan secara rutin dan tlaten.

Dengan melakukan beberapa pose atau gerakan pada yoga khusus untuk kesehatan tulang belakang, ruas-ruas tulang belakang yang berdekatan dan juga bengkok dapat diregangkan kembali serta perlahan-lahan disesuaikan agar kembali pada posisi vertikal yang normal.

  1. Sit Up

Masih banyak olahraga untuk skoliosis yang lainnya, sebut saja sit up. Latihan ini merupakan salah satu exercise untuk membangun kembali otot dengan memaksa otot punggung bekerja semaksimal mungkin. Exercise lain yang mendukung yakni back up, cobra exercise dan juga alternate superman. Seluruh rangkaian latihan seperti ini bisa dilakukan dalam durasi waktu 20-30 menit. Lakukan pemanasan terlebih dulu untuk membuat otot-otot menjadi lentur. Selain skoliosis, sit up juga terbukti ampuh untuk pengobatan spondilitis.

  1. Bersepeda

Bersepeda memberikan efek positif pada kepadatan serta kekuatan tulang. Sehingga yang secara otomatis, kerangka tulang akan menguat. Disamping itu, bersepeda dapat menguatkan otot, dan juga otot yang kuat tentu saja mampu melindungi sistem kerangka. Dengan cara inilah tulang belakang diperkuat dan juga dilindungi terhadap stres eksternal yang bisa membantu untuk mengurangi kemungkinan tulang punggung sakit dan masalah lainnya.

Sponsors Link

  1. Strengthening Trunk

Strengthening truk merupakan salah satu bentuk senam yang dapat mengaktifkan otot-otot tulang belakang dan juga bisa memperbaiki tulang belakang yang tidak lurus. Caranya, ambil posisi telungkup di atas matras, lalu diikuti dengan tangan serta kepala. Saat mengangkat ini, usahakanlah hanya perut anda yang menempel pada matras. Tahan hingga 10 hitungan lalu ulangi tips ini sebanyak 5 kali.

  1. Stretching Thoraxal

Gerakan olahraga yang satu ini sangat efektif untuk mengobati tulang punggung bengkok pada thoraxal atau bagian atas. Caranya dimulai dengan berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, selanjutnya tekuk siku dan letakkan tepat pada dada samping. Sedangkan tangan yang lain diangkat di atas kepala. Liukkan badan ke arah samping ke arah tangan yang tadinya ditekuk. Tahan langkah ini hingga 10 hitungan dan ulangi sebanyak 5 kali.

  1. Fleksibilitas Punggung

Fleksibilitas punggung terdiri empat gerakan yang terfokus pada punggung. Gerakan ini dilakukan dengan rileks yakni membungkukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan juga kiri. Lalu tangan mengikuti arah badan yang ditekuk. Apabila ke samping, maka tangan diangkat dan diletakkan di atas kepala, sedangkan untuk tangan yang lain bebas. Tahan setiap pose kurang lebih selama 10 detik kemudian ulangi sebanyak 5 kali.

  1. Aerobic

Aerobic adalah salah satu senam yang di iringi dengan musik atau irama. Latihan ini mampu mengurangi nyeri yang di alami penderita skoliosis. Caranya hanya dengan melakukan gerakan ringan yang di pandu oleh instrukturnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat melihat pada sneam tulang belakang bengkok berikut.

  1. Senam Zumba

Zumba adalah salah satu jenis senam lain dan bisa untuk mengatasi skoliosis. Getakan yang di bisa di lakukan juga sangat bervariasi. Latihan ini mampu meringankan nyeri yang terjadi pada penderita skoliosis.

Itulah Macam-Macam Senam untuk Skoliosis, semoga bermanfaat.

 

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Monday 29th, October 2018 / 23:00 Oleh :
Kategori : Skoliosis