Sponsors Link

Penyebab Nyeri Punggung Setelah Operasi Caesar Beserta Cara Pengobatannya

Sponsors Link

Tidak semua wanita bisa melahirkan dengan normal, karena memang ada beberapa kondisi yang harus melakukan operasi caesar. Tetapi adapun hal itu tentu di pengaruhi oleh hal-hal tertentu. Nah, akibatnya juga bisa saja timbul nyeri punggung setelah operasi caesar. Ketika seorang ibu mengalami proses melahirkan secara caesar, ia akan mengalami rasa sakit pada punggung paska berlangsungnya operasi tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh bekas dari suntikan obat anestesi pada daerah punggung. Tak hanya itu, efek dari obat bius tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri pada sisa operasi yang diakibatkan berada dalam posisi yang sama dan dalam kurun waktu yang lama.

ads

Ketika seorang ibu melakukan operasi caesar, maka ia akan ditusukkan jarum ke celah tulang belakang, hingga ruang sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang menjadi perpanjangan antara saraf utama dari otak, yang mana berfungsi dalam menghantarkan informasi dari otak ke otot, serta informasi dari kulit ke otak. Rasa nyeri tersebut biasanya muncul setelah prosedur pembiusan punggung tersebut usai dilakukan. Untuk proses ini dilakukan dengan lembut dan penuh hati-hati sehingga tidak akan terjadi kerusakan sumsum tulang belakang.

Rasa sakit yang disebabkan oleh penyuntikan obat bius tersebut umumnya hanya bersifat sementara, yaitu sekitar 2 minggu. Bila berlangsung selama berminggu-minggu, ada kemungkinan bahwa kasus tersebut disebabkan oleh cedera saraf tulang belakang yang ditimbulkan oleh tindakan bius punggung tersebut.

Namun jika tidak mengalami prosedur bius punggung ketika melakukan operasi caesar, namun mengalami rasa nyeri. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal lainnya, seperti faktor usia, faktor kegemukan serta aktivitas lainnya. Namun nyeri punggung lebih sering disebabkan oleh penyebab mekanis, seperti :

  • Sprains serta strains, yakni otot yang mengalami tegang ataupun keseleo
  • Syaraf terjepit atau Hernia Nucleus Pulposus atau yang sering disingkat dengan HNP, merupakan suatu gangguan yang disebabkan oleh menonjolnya lapisan atau bantalan dari permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar ruas tulang
  • Sopdylolisthesis, merupakan kondisi dimana tulang belakang mengalami tergelincir tidak semestinya
  • Stenosis spinal, yaitu adanya penyempitan pada celah antar tulang belakang
  • Adanya kelainan tulang belakang lainnya, seperti skoliosis ataupun lordosis
  • Adanya gangguan organ dalam, seperti krista ovarium dan batu ginjal

Penyebab pasti dari keluhan rasa nyeri punggung setelah proses operasi caesar hanya dapat diketauhi dengan melakukan konsultasi ke dokter/ahli anestesi/ ahli saraf. Pemeriksaan yang diperlukan dalam mengetahui pasti penyebab rasa sakit tersebut biasanya melalui deretan proses, seperti:

  • Foto Roentgen
  • USG
  • CT-Scan
  • MRI

Sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter, rasa nyeri punggung setelah operasi caesar dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal seperti di bawah ini, yaitu :

  1. Melakukan Pemijatan

Pijat sangat baik untuk mengurangi ketegangan dari otot. Dengan melakukan pijat, rasa nyeri yang terjadi pada daerah punggung akan terasa lebih rileks. Namun yang perlu dicatat adalah, lakukan pemijatan pada jasa ahli pijat. Pijat adalah langkah tepat untuk membuat otot-otot dalam tubuh menjadi lemas, dan ini merupakan teknik terapi yang aman dan alami. Kendati demikian untuk melakukan pijat anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu. Dan area khusus yang perlu mendapatkan pijatan lebih banyak adalah tulang ekor, bagi yang belum mengetahui bisa mencoba menyimak cara memijat tulang ekor yang baik dan benar ini.

  1. Melakukan Yoga

Yoga adalah teknik olahraga dengan meditasi, tetapi pilihan gayanya cukup beragam. Gerakan ini cukup aman untuk latihan para ibu-ibu yang merasakan nyeri punggung setelah operasi caesar. Senam yoga sangat baik dalam menjaga kekuatan otot serta punggung. Tak hanya itu, melakukan senam yoga dapat mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelumnya dan dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung setelah melahirkan. Untuk gerakan dari olahraga satu ini memang cukup bervarian dan memiliki manfaat berbeda-beda, dua diantaranya yakni seperti gerakan yoga untuk menyembuhkan skoliosis dan gerakan yoga untuk memperbaiki postur tubuh.

Sponsors Link

  1. Melakukan Olahraga ringan

Tak hanya senam yoga, olahraga ringan seperti berenang maupun bersepeda cukup manjur dalam mengurangi rasa nyeri. Dengan melakukan olahraga ringan, maka tekanan pada area tulang pinggul maupun punggung dapat berkurang. Meskipun begitu, hindari olahraga yang dapat membuat tulang belakang terbebani, seperti lari maupun angkat besi. Olahraga ringan dapat mulai dilakukan setelah 40 hari melahirkan.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi

Untuk mengembalikan kekuatan otot dan tulang, hendaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, magnesium, serta zat mineral. Terutama untuk kondisi nyeri punggung, alangkah lebih baik jika seseorang pasca operasi caesar mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung kalsium seperti susu. Kalsium mampu menjadikan tulang lebih kuat dan mengurangi rasa nyeri. Untuk jenis makanan lainnya, Anda dapat mengetahuinya secara lengkap pada makanan yang mengandung kalsium tinggi berikut.

  1. Mandi Air Hangat

Berendam di tub atau dari shower dengan air hangat sangat membantu dalam merilekskan tubuh, melepaskan stres serta tekanan dan mengurangi rasa nyeri atau rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh proses operasi caesar. Namun tentunya dalam menjalankan ritual mandi air hangat ini dapat dilakukan ketika bekas luka operasi mengering atau dengan seizin dokter.

Sponsors Link

  1. Kompres

Melakukan kompres, baik dengan air hangat maupun dingin pada area yang sakit dapat mengurangi rasa nyeri serta tidak nyaman. Dikarenakan teknik pengobatan satu ini bersifat umum, maka dalam cara menyembuhkan tulang retak, cara mengobati tulang bengkak, cara mengobati tulang ekor sakit, dan kejadian lainnya merekomendasikan kompres sebagai salah satu teknik yang paling mudah untuk dilakukan.

  1. Menjaga Postur Tubuh
  • Memilih alas kaki yang datar
  • Memilih tas ransel, bukan tas selempang
  • Membiasakan gaya duduk yang baik dan benar
  • Menjaga posisi tidur

Cara-cara tersebut dapat anda lakukan untuk mengurangi nyeri punggung setelah operasi caesar. Selain cara tersebut, rasa nyeri juga dapat dikurangi dengan mengkonsumsi obat nyeri. Akan tetapi anda tetap harus menggunakan resep dokter untuk keamanannya. Disamping itu, obat mempunyai efek samping sendiri-sendiri yang perlu di perhatikan. Namun jika dalam kurun waktu yang lama rasa nyeri tersebut belum reda, ada baiknya untuk dibawa ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 28th, June 2018 / 10:01 Oleh :