Sponsors Link

Nyeri Sendi dan Ruam Merah: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Nyeri sendi adalah suatu kondisi yang mudah dirasakan setiap orang. Tidak semua orang sama, meski terbilang rentan terjadi namun nyeri sendi hanya akan menimpa seseorang yang mempunyai riwayat kesehatan kurang stabil. Biasanya hal ini juga di pengaruhi oleh faktor usia. Nyeri sendi membawa seseorang dalam keadaan yang kurang atau bahkan tidak nyaman. Keadaan seperti ini mempengaruhi setiap orang minimal  sekali dalam seumur hidup. Munculnya suatu akibat tentu ada penyebab, begitu pula dengan nyeri sendi.

ads

Untuk permasalahan Nyeri sendi ini mungkin umum terjadi pada setiap orang, tapi bagaimana kalau yang terjadi adalah Nyeri Sendi Ruam Merah? Ruam memerah adalah suatu gejala umum yang biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri sendi, namun masih belum banyak masyarakat yang memahami apa penyebab, bahaya hingga penanganannya. Adapun yang menyebabkan Nyeri Sendi Ruam Merah adalah sebagai berikut:

  • Arthritis

Arthritis merupakan penyakit tulang yang juga menjadi penyebab umum dari nyeri sendi yang disertai dengan ruam merah. Jenis penyakit ini ada dua, yang pertama adalah osteoarthritis dan kedua yakni rheumatoid arthritis. Keadaan seperti arthritis akan mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan sendi. Selain itu juga menyebabkan terjadinya pembengkakan, peradangan, kaku, dan melemah.

  • Osteoarthritis

Penyakit penyebab dari Nyeri Sendi Ruam Merah lainnya adalah Osteoarthritis. Penyakit ini tergolong sejenis dengan arthritis, hanya saja osteoarthritis merupakan proses bertahap dari kerusakan tulang rawan yang telah memburuk waktu ke waktu. Sedangkan untuk pengobatan alaminya Anda dapat menggunakan obat tradisional osteoarthritis berikut.

  • Rheumatoid Arthritis

Masih dengan penyakit sejenis yang menjadi penyebab dari nyeri sendi beserta dengan ruam yang merah. Rheumatoid Arthritis yakni suatu gangguan sendi auto imun yang mana sistem kekebalan tubuh telah menyerang jaringan normal pada sendi. Sehingga hal ini mengakibatkan radang yang akhirnya membuat nyeri pada sendi serta kerusakan tulang rawan. Bagi Anda yang tengah menderita rheumatoid arthritis, segera atasi dengan melakukan terapi rheumatoid arthritis dan konsumsi makanan untuk penderita rheumatoid arthritis untuk mendukung kesembuhan lebih cepat.

  • Radang Sendi

Mengapa nyeri pada sendi terjadi disertai dengan ruam merah? Yang pasti penyebab selanjutnya adalah karena radang sendi. Semua ini bisa terjadi jika lapisan jaringan sendi meradang, atau disebut dengan sinovitis traumatis. Kalau sudah mengalami masalah seperti ini, maka Anda harus bisa menjaga diri dengan baik dari berbagai pantangan radang sendi tulang yang bisa membuat kondisi semakin parah.

  • Encok / Gout atau Pseudogout

Banyak sekali istilah dari encok sebagai penyebab nyeri sendi ini. Encok dikenal juga dengan gout atau nama lainnya adalah pseudogout. Encok akan menimbulkan rasa sakit dengan tiba-tiba, dan membuat timbulnya merah-merah pada sendi atau ruam merah. Ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang sekaligus menjadi produk sampingan dari pemecahan protein. Meski sama, tetapi pseudogout berbeda dari gout. Kondisi ini terjadi dimana kristal kalsium tersimpan di sekitar sendi.

  • Kerusakan Tempurung Lutut

Nyeri sendi serta merahnya ruam bisa saja lantaran adanya kerusakan pada tempurung lutut. Mungkin anda pernah mendengar chondromalacia, dikenal sebagai “lutut pelari”. Merupakan suatu kondisi yang terjadi di mana tulang rawan di tempurung lutut telah rusak. Tidak memandang usia, keadaan ini bisa menyerang orang yang masih muda dan aktif serta bisa menyerang orang dewasa. Namun, jika Anda mengalami tulang lutut bergeser, silahkan ketahui cara menanganinya pada link tersebut.

Sponsors Link

  • Keseleo dan Tegang

Nyeri sendi yang di alami seseorang mungkin terjadi karena telah keseleo atau tegang. Pada saat seseorang mengalami keseleo dan tegang, ligamen menjadi robek yang merupakan jaringan penghubung tulang pada sendi. Akibatnya hal ini yang membuat orang mengalami nyeri sendi.

Beberapa diatas merupakan penyebab dari nyeri sendi serta ruam yang memerah. Jika di pertanyakan tentang seberapa bahayanya keadaan ini, tergantung dari tingkat kondisinya. Jika hanya nyeri sendi sementara, bisa dikatakan hal yang tidak berbahaya. Namun jika nyeri sendi sudah membuat ruam menjadi merah dan berlangsung cukup lama maka bisa di katakan bahaya. (Baca Juga: Makanan Penyebab Nyeri Sendi)

Tidak ada penyakit atau kondisi fisik yang aman-aman saja tanpa penanganan. Setiap penyakit mempunyai riwayat masing-masing, terutama dengan yang semacam ini. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bukan tidak mungkin lagi memengaruhi aktifitas sehari-hari. Setelah itu perlahan tubuh akan lemah dan tidak bisa bekerja optimal. Nah, untuk penanganannya ada beberapa cara yang bisa di tempuh.

Selain medis ada juga langkah alami yang bisa di lakukan penderita. Kendati demikian anda tetap harus konsultasi terlebih dulu pada dokter. Minimal mempertanyakan seberapa lama kondisi menyerang dan dalam tingkat parah yang bagaimana. Biasanya dokter akan memberikan resep obat yang bisa di minum atau di tebus.

Sponsors Link

Selain itu, biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik, wawancara medis, melihat rekam medis, dan jika dibutuhkan maka akan dilakukan pemeriksaan medis penunjang lain meliputi tes darah, EKG, tes alergi. Inilah pentingnya melakukan pemeriksaan terhadap dokter, karena seseorang tidak tahu langkah terbaik yang bisa di tempuh sebelum memahami riwayat penyakitnya sendiri, khususnya macam-macam penyakit tulang yang di deritanya.

Sementara langkah alami dan tambahan lain yang bisa di terapkan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan istirahat yang cukup
  • Menghindarkan diri dari berbagai aktifitas berat untuk sementara waktu
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi terbaik dan di butuhkan
  • Banyak minum air putih minimal 2-3 liter/hari
  • Hindari minum alkohol
  • Hindari merokok

Setelah Anda mengetahui berbagai macam penyebab, bahaya dan cara menangani Nyeri Sendi Ruam Merah ini maka ketika menjumpai kejadian seperti ini sudah mengetahui apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan supaya penyakit tersebut bisa sembuh dengan cepat sebelum kejadian semakin parah. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 02nd, July 2018 / 17:05 Oleh :