Sponsors Link

Sendi Lutut Sakit Setelah Olahraga: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Olahraga memang merupakan aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi setelah melakukan aktivitas ini, sendi lutut akan terasa sakit. Nah, hal itu perlu anda sadari dari sekarang, mengapa dan apa penyebabnya karena memang ketika sendi lutut sakit setelah olahraga pasti ada penyebabnya yang harus segera ditangani dengan sesegera mungkin. Memang sih olahraga sangat berguna dalam melatih jantung, bahkan kebugaran juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kendati demikian, olahraga bukanlah sebuah aktivitas tanpa risiko. Seringkali setelah melakukan olahraga, seseorang mengalami cidera atau rasa sakit, seperti pada sendi lutut.

ads

Lutut merupakan salah satu tumpuan dalam mendukung setiap kegiatan olahraga. Maka sangat wajar ketika melakukan atau setelah melakukan olahraga, seringkali terjadi rasa sakit yang muncul pada sendi lutut.

Berikut ini adalah gejala ketika seseorang mengalami sakit pada sendi lutut ketika usai olahraga :

  • Rasa nyeri yang muncul akan terasa semakin sakit
  • Lutut sulit untuk digerakkan
  • Lutut terasa sangat kaku
  • Munculnya perubahan pada lutut, seperti memerah dan munculnya pembengkakan

Penyebab Sendi Lutut Sakit Setelah Olahraga diantaranya yakni:

  1. Keseleo atau Terkilir

Keseleo atau terkilir ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti adanya perubahan kecepatan atau arah yang mendadak, jatuh dalam posisi yang tidak menguntungkan serta adanya benturan keras yang terjadi pada lutut. Ketika atau keseleo bisa mengakibatkan terjadinya penegangan pada otot yang membentang secara paksa.

Saat melemah, ligamen otot tidak akan kembali sel struktur dengan bentuk yang normal seperti sebelumnya. Hal tersebut memang tidak membuat rusak secara permanen, namun dapat mengakibatkan otot lutut yang tidak stabil. Oleh karena itulah, jika pergelangan kaki terkilir atau tulang lutut bergeser alangkah lebih baik kalau segera dilakukan penanganan agar jaringan yang ada di dalam tubuh tidak rusak.

  1. Postur yang Buruk

Saat berolahraga, seringkali kita sadar melakukan gerakan yang salah. Hal tersebut jika terjadi secara terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatan, terutama pada sendi lutut, baik akut maupun kronis. Lutut merupakan persendian yang stabil  antara persendian yang memiliki fungsi untuk meredam setiap benturan ketika melakukan aktivitas. Oleh karena itu, dalam melakukan kegiatan olahraga sangat penting dalam membentuk postur yang sempurna sesuai dengan teknik yang diajarkan oleh pakar.

Postur yang sempurna menjadi kunci dalam menghindari stress serta rasa tegang pada sendi lutut. Salah satu postur tubuh yang salah dalam melakukan olahraga yaitu dengan menggelung lutut ke dalam ketika melakukan lunges atau squat. Hal tersebut dapat memicu timbulnya rasa nyeri yang terjadi pada persendian lutut. Tidak hanya itu saja, untuk penyebab nyeri sendi lutut lainnya dapat Anda simak pada link tersebut.

  1. Penggunaan yang Terlalu Sering (Tendonitis)

Lutut adalah bagian dari tubuh yang tentunya membutuhkan istirahat. Jika kerja sendi lutut terlalu sering atau bahkan memaksa untuk bekerja keras, maka bukan tidak mungkin jika akan timbul rasa nyeri yang tidak nyaman bagi tubuh, bahkan rasanya untuk berjalan lagi sudah tidak mampu.

Penggunaan atau aktivitas yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya iritasi serta peradangan pada persendian lutut. Bila terjadi demikian, maka lutut akan terasa sakit. Rasa sakit yang dirasakan tersebut biasanya akan disertai dengan pembengkakan, berwarna merah serta terasa hangat. Bahkan rasa sakit tersebut akan semakin memburuk ketika digunakan untuk beraktivitas di permukaan yang menurun landai seperti menuruni tangga. Jika kejadian ini tengah dialami, maka Anda harus sebaik mungkin untuk menghindari berbagai macam pantangan radang sendi yang dapat memperparah keadaan.

Sponsors Link

  1. ITB (Iliotibial band syndrome)

Penyebab sendi Lutut sakit setelah Olahraga selanjutnya adalah ITB. Rasa nyeri atau sakit ini paling sering diderita oleh para atlet lari. Rasa nyeri akibat sindrom ini yaitu munculnya rasa nyeri hebat pada area luar lutut, area tonjolan tulang paha serta ke daerah pantat. Penyebab dari sindrom ini diduga karena telapak kaki rata atau adanya perbedaan antara panjang kaki kanan dengan kaki kiri.

Ketika melakukan olahraga lari, rasa sakit pada sendi lutut akan terasa dan semakin kuat jika aktivitas tersebut terus dilanjutkan. Rasa sakit tersebut akan reda ketika berhenti berlari, dan akan timbul kembali ketika aktivitas berat bagi lutut tersebut kembali dilakukan. Kalau kejadian ITB syndrome bila tidak ditangani segera bisa mengakibatkan sobekan pada meniskus yang mana akan membutuhkan operasi koreksi dalam penanganannya.

  1. Penyebab Lain

Rasa sakit yang terjadi pada lutut dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti benturan langsung yang terjadi pada lutut, otot paha depan yang melemah, telapak kaki datar dan masih banyak lainnya. Ketika seseorang mengalami cidera, maka bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada area persendian, terutama lutut yang kemudian mengakibatkan timbulnya pendarahan ke dalam ruang sendi.

Kondisi yang demikian dikenal dengan haermathrosis. Untuk kejadian semacam ini baru akan timbul jika terjadi sobekan pada tendon maupun ligamen ataupun bila salah satu patah tulang lutut. Masih belum mengetahui bagaimana ciri-ciri yang akan dialami ketika seseorang mengalami hal semacam ini? Jika iya, Anda dapat mengetahuinya pada gejala ligamen robek dan ciri ciri otot tendon putus berikut.

Sponsors Link

Sendi Lutut sakit setelah Olahraga ringan biasanya dapat sembuh dalam waktu beberapa menit saja. Adapun jika kamu mengalami rasa sakit pada bagian sendi ketika olahraga yang cukup parah, kamu dapat mencoba mengikuti metode PRICE, yaitu:

  • Protection, yaitu merupakan metode dengan memberikan perlindungan pada area lutut.
  • Rest, yaitu dilakukan dengan mengistirahatkan atau melakukan pengurangan aktivitas yang dapat memicu bertambahnya rasa nyeri pada lutut.
  • Ice, yaitu dilakukan dengan mengkompres lutut dengan es bila timbul rasa nyeri
  • Compress, merupakan penanganan dengan membalut bagian lutut yang terasa sakit ataupun nyeri
  • Elevated, yaitu dilakukan dengan mengangkat kaki lebih tinggi atau meninggikan bagian kaki terasa sangat nyeri.

Untuk metode tersebut merupakan teknik penanganan cepat yang bisa dilakukan jika merasakan sendi Lutut sakit setelah Olahraga. Namun jika melalui cara tersebut tak kunjung sembuh, maka kamu dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti ibuprofen atau obat nyeri tulang kaki lainnya.

Bila langkah tersebut tak kunjung membuahkan hasil yang maksimal juga, kamu dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan yang lebih lanjut. Jangan menunda ke dokter jika rasa sakit yang ditimbulkan semakin parah, penundaan penanganan justru dapat berdampak buruk pada yang dapat mengakibatkan kronis dan komplikasi. Anda tentu tidak mau bukan jika hal tersebut terjadi?

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, June 2018 / 00:05 Oleh :