Sponsors Link

Tumor Tulang Kepala: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Tulang merupakan bagian penting dari tubuh manusia, yang berfungsi sebagai pelindung organ-organ dalam dari segala macam benturan yang berasal dari faktor eksternal atau faktor luar. Beberapa tulang bahkan memiliki peran yang sangat penting dikarenakan organ dalam yang dilindungi oleh tulang-tulang tersebut merupakan organ-organ vital yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Tulang-tulang tersebut antara lain seperti tulang dada alias sternum yang berfungsi sebagai penyangga untuk tulang selangka dan tulang rusuk, serta melindungi organ dalam dari benturan ke arah dada, dan kemudian tulang lainnya adalah tulang rusuk yang melindungi organ vital seperti paru-paru dan jantung. Kemudian ada satu tulang lagi yang perannya tidak kalah penting yaitu tulang kepala, yang berfungsi sebagai tempat penyangga bola mata, gigi bagian atas, rahang serta gigi bagian bawah, dan juga melindungi otak manusia dari benturan.

ads

Berkat adanya tulang-tulang tersebut, seluruh organ vital di dalam tubuh manusia dapat menjalankan fungsinya dengan normal sehingga kita tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa gangguan. Namun, masih banyak diantara kita yang sering lupa atau lalai dalam menjaga kesehatan tulang, yang mengakibatkan terjadinya disfungsi serta penyakit-penyakit yang menyerang tulang, seperti penyakit syringomyelia. tulang selangka bengkok, pendarahan sumsum tulang belakang, dan lain-lainnya. Sekarang coba bayangkan apabila kita lalai dalam menjaga kesehatan tulang, dan kemudian mengakibatkan munculnya penyakit yang menyerang tulang-tulang penting tersebut, hal itu bisa berbahaya dan sangat mengancam kelangsungan hidup kita.

Salah satu contoh penyakit yang sangat berbahaya apabila dibiarkan berkembang adalah tumor tulang, dimana penyakit ini sangat sulit terdeteksi pada tahap awal dan biasanya keluhan baru disampaikan dan ditangani setelah bagian tubuh yang terkena tumor tersebut membengkak dan tumor sudah berubah menjadi tumor ganas. Penyakit tumor tulang ini bisa terjadi di beberapa bagian tulang, dan bahkan pada tulang-tulang yang vital seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu tulang dada (sternum), tulang rusuk (costae), dan juga tulang kepala (cranium). Ada beberapa macam jenis tumor tulang yang bisa menyerang manusia, diantaranya seperti tumor tulang lutut, Osteoblastoma, Enchondroma, Osteosarcoma, Chondrosarcoma, dan juga tumor tulang kepala. Tumor ini sendiri biasanya pada awal berkembangnya tidaklah berbahaya dan mudah diambil melalui prosedur operasi, tetapi akan menyulitkan apabila berkembang menjadi ganas dan terutama apabila menjadi kanker.

Jenis-jenis tumor tulang kepala

Tulang kepala juga dapat terkena penyakit tumor, dan bukan hanya organ di dalamnya saja seperti tumor otak, karenanya sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyakit yang termasuk ke dalam tumor tulang kepala.

Pada bagian anterior, penyakit tumor tulang kepala yang menyerang dan bisa terjadi pada bagian ini antara lain adalah:

  • Meningioma (tumor pada tulang mata)
  • Olfactory Neuroblastoma (tumor pada tulang hidung)
  • Tumor pada area sinus

Kemudian pada bagian tengah tulang kepala, penyakit tumor yang diketahui dapat menyerang atau tumbuh antara lain adalah:

  • Pituitary adenomas (tumor pada bagian pituitary)
  • Craniopharyngiomas (tumor yang juga umum menyerang area sekitar pituitary)
  • Kista celah Rathke

Dan selanjutnya, pada bagian posterior dari tulang kepala, tumor yang umum menyerang adalah:

  • Acoustic neuroma (tumor pada area pendengaran)
  • Chondrosarcoma (tumor Cartilage)
  • Chordoma (tumor pada bagian dasar tulang kepala)
  • Epidermoid tumor
  • Meningioma

Beberapa tumor tersebut hanyalah sedikit contoh dari sekian banyaknya lesi, kista, tumor, dan kanker yang dapat menyerang tulang kepala alias tengkorak, dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Sponsors Link

Faktor Penyebab tumor tulang kepala

Meskipun penyebab terjadi tumor berbeda-beda tergantung dari jenis tumornya, dan bahkan jarang yang diketahui secara pasti, tetapi beberapa penyebab umum inilah yang sering ditemukan pada penderita tumor tulang kepala tersebut:

1. Akibat terapi radiasi yang pernah dilakukan pada area kepala dan leher

Terapi jenis radiasi yang pernah dilakukan seseorang dapat menyebabkan tumor tumbuh dan berkembang, baik itu menjadi tumor jinak, maupun sudah menjadi tumor ganas dan bahkan kanker.

2. Sering berada di area penuh debu dan zat kimia

Apabila anda bekerja di area yang penuh debu dan juga sering terkontaminasi zat kimia, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri terutama apabila terjadi keluhan-keluhan seperti sakit kepala dan sebagainya, karena sangat mungkin kondisi tersebut menyebabkan tumor berkembang.

3. Faktor genetis

ads

Faktor genetis atau disebut juga faktor turunan juga dapat menyebabkan peluang munculnya tumor pada diri anda lebih besar. Segera periksakan ke dokter apabila anda mengalami keluhan dan jelaskan bahwa ada anggota keluarga anda yang pernah memiliki riwayat penyakit tumor.

Gejala dan Tanda-tanda Tumor Tulang Kepala

Pada artikel yang kami tulis sebelumnya, kami sudah pernah membahas sedikit mengenai ciri-ciri tumor tulang kepala, yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengalami nyeri pada bagian tulang kepala
  • Demam tinggi yang disertai dengan keringat dingin pada malam hari
  • Ada pembengkakan pada area tulang kepala
  • Sakit kepala yang menjadi-jadi
  • Hilangnya fungsi penciuman (apabila menyerang tulang hidung)
  • Kuping berdenging (apabila menyerang area telinga)
  • Kehilangan keseimbangan (apabila menyerang area telinga)
  • dan lain sebagainya

Memang belum tentu semua itu menjadi indikasi pasti bahwa anda terkena tumor tulang kepala, tetapi ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga apabila memang benar anda menderita tumor bisa segera diberikan penanganan sebelum kondisi semakin buruk.

Bahaya rumor tulang kepala

Tentunya apabila dibiarkan terus berkembang, tumor yang semula jinak dan tidak terlalu mempengaruhi aktivitas sehari-hari dapat berkembang dan semakin menggerogoti tulang kepala sebelum akhirnya dapat menyerang organ bagian dalam. Bahaya yang ditimbulkan oleh tumor tulang kepala ini sangat bergantung kepada area mana yang diserang, karena akan mempengaruhi penyebarannya dan bagian tubuh mana yang memiliki tingkat bahaya lebih tinggi.

Misalnya tumor berada di area tulang mata, maka apabila dibiarkan memburuk akan dapat menyebabkan penderitanya mengalami kebutaan dan mata menjadi tidak berfungsi sama sekali. Kemudian kalau tumor menyerang pada area hidung atau sinus, tentunya akan berpengaruh pada sistem pernafasan anda dan bisa menyebabkan kesulitan bernafas yang tentu akan fatal bagi penderita. Lalu apabila tumor berada di area telinga, bahaya yang akan terjadi akan beragam, mulai dari berkurangnya fungsi pendengaran dan bahkan akan mengakibatkan anda mengalami kesulitan pada keseimbangan tubuh, menimbulkan suara berdenging, dan area muka atau wajah akan terasa kebas.

Cara mengobati tumor tulang kepala

Pengobatan yang bisa dilakukan kepada penderita tumor tulang kepala akan sangat tergatung dari jenis, lokasi, dan juga tingkat keganasan dari tumor itu sendiri, tetapi beberapa tindakan yang umum dilakukan bisa dikategorikan sebagai berikut:

1. Operasi

Tindakan operasi merupakan yang paling lazim dilakukan pada penderita tumor, lesi atau kista, dikarenakan memang penyakit ini bisa diambil dan dipisahkan dari area yang terserang tumor. Cara melakukan operasi tumor tulang kepala ini bisa bermacam-macam, ada yang melalui saluran hidung dan nasal, melalui lapisan alis, dan ada juga kemungkinan untuk dilakukan bedah pada tulang kepala bagian atas.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi biasanya dilakukan menjelang operasi, guna memudahkan pengangkatan tumor nantinya, dan juga sering dilakukan pasca operasi supaya sisa-sisa sel tumor dapat dihancurkan, serta juga berguna untuk memperlambat pertumbuhan sel tumor yang tidak bisa diambil melalui jalan operasi.

Sponsors Link

Memang sebelumnya sudah disebutkan bahwa terapi radiasi juga dapat merangsang munculnya sel tumor di area lain, tetapi terkadang terapi ini perlu untuk dilakukan dan karenanya sebaiknya anda memilih dokter atau ahli medis yang benar-benar memahami soal tumor dan penanganannya.

3. Rehabilitasi

Proses ini adalah proses yang umum dilakukan pasca operasi, atau untuk tumor yang tidak bisa diangkat, dimana penderita tumor tulang kepala akan dirawat inap guna menjalani serangkaian tes dan terapi, yang diawasi serta dimonitor langsung oleh dokter sehingga apabila terjadi sesuatu hal dapat segera ditangani. Anda juga bisa mencoba beberapa obat herbal tumor tulang kepala yang kami rekomedasikan pada artikel sebelumnya, dan juga mencoba beberapa cara mengobati tumor tulang kepala yang juga pernah kami bahas di artikel lainnya.

Dan bagi anda yang tidak menderita tumor tulang kepala ataupun tumor tulang lainnya, ada baiknya mulai sekarang anda mencoba untuk selalu mengatur pola hidup yang lebih baik, menghindari area-area yang dapat merangsang tumor, dan juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat-zat yang dibutuhkan tulang. Karena selain tumor, masih banyak penyakit tulang lainnya yang perlu anda waspadai, seperti misalnya tulang keropos, tulang yang bengkok, patah tulang, dan lain sebagainya yang juga tidak kalah bahaya.

Untuk menghindari tulang keropos, cobalah mengkonsumsi buah yang baik untuk tulang keropos seperti nanas, plum, apel, jeruk, dan lain sebagainya, serta mengkonsumsi susu untuk pengapuran tulang sendi guna memperkokoh tulang, dan juga mendapatkan asupan dari sumber lain seperti vitamin untuk tulang rawan yang baik bagi anda. Diharapkan informasi yang kami berikan ini akan dapat menjadikan anda semakin sadar akan bahaya dari tumor tulang kepala, jenis-jenisnya, dan juga memahami bagaimana cara mencegah dan pengobatan apa yang sebaiknya yang harus dilakukan apabila anda terkena gejala-gejala tumor tulang kepala tersebut.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Monday 19th, November 2018 / 03:07 Oleh :
Kategori : Tumor Tulang