Sponsors Link

Pergelangan Tangan Nyeri dan Bengkak, Bahayakah? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Pergelangan tangan nyeri dan bengkak lebih sering dirasakan oleh orang yang selalu bekerja dan beraktivitas dalam kesehariannya dengan mengandalkan banyak tenaga dari otot tangan, sehingga memiliki resiko tinggi untuk terkena cedera atau trauma hingga menyebabkan terjadinya peregangan, peradangan atau robekan pada otot atau ligamen yang terdapat di area pergelangan tangan yang akhirnya menjadi penyebab tulang ngilu.

ads

Namun tak hanya itu saja penyebab lain juga bisa memicu terjadinya pergelangan tangan nyeri dan bengkak seperti sindrom carpal tunnel, artritis, penyakit asam urat, diabetes, tumor jinak, faktor dari kehamilan, patah tulang, kelainan pada tulang atau bisa juga karena macam-macam penyakit tulang lainnya. Rasa nyeri dan bengkak pada pergelangan tangan ini bisa juga mengarah pada ciri-ciri radang sendi.

Bahaya nyeri dan bengkak pada pergelangan tangan.

Selain dapat menghambat aktivitas dan kegiatan sehari-hari, pergelangan tangan nyeri dan bengkak jika tidak segera diobati dan tidak mendapatkan penanganan yang benar dalam waktu yang lama bisa memperparah kondisi tersebut dan akan menimbulkan bahaya pada kesehatan dan fisik, seperti :

  • Proses penyembuhan akan semakin sulit dilakukan.
  • Dapat menghalangi kebebasan dalam bergerak dan beraktifitas dengan tangan.
  • Menyebabkan mati rasa pada area pergelangan tangan.
  • Mengecilnya otot di bagian pangkal ibu jari.
  • Terjadinya kerusakan saraf secara permanen.
  • Bisa menyebabkan terjadinya kecacatan.

Cara mengobati pergelangan tangan nyeri dan bengkak.

Jika terjadi kondisi nyeri dan bengkak pada pergelangan tangan sebaiknya lakukan beberapa langkah pengobatan ringan berikut ini, namun jika rasa sakit tidak kunjung berkurang sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat, sebagai berikut:

  1. Harus mengistirahatkan tangan yang sakit dan nyeri dari aktivitas apapun.
  2. Kompres area pergelangan tangan yang nyeri dan bengkak tersebut menggunakan es.
  3. Gunakan kompres air panas untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan kaku pada pergelangan tangan.
  4. Merendam pergelangan tangan menggunakan garam epsom sekitar 30 menit, selain dapat menghilangkan rasa sakit garam ini juga bisa radang dan bengkak pada pergelangan tangan.
  5. Menggunakan bantuan splint agar tidak banyak terjadi pergerakan pada tangan.
  6. Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri.
  7. Pada cedera yang sudah parah bisa menjalani perawatan dan pengobatan secara medis hingga menempuh langkah operasi.

Penyembuhan Pergelangan Tangan Nyeri dan Bengkak

Selain langkah pengobatan diatas ada juga cara alami dengan pengobatan herbal yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pergelangan tangan nyeri dan bengkak.

  1. Mengkonsumsi jahe setiap hari dapat menghilangkan rasa sakit, bengkak dan nyeri bahkan peradangan pada pergelangan tangan, karena pada jahe terkandung zat anti-inflamasi dan antioksidan.
  2. Selain jahe, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi sehingga mampu mengurasi rasa nyeri pada pergelangan tangan.
  3. Ada juga kayu manis sebagai pereda rasa nyeri dan bengkak dengan kandungan yang masih sama dengan jahe dan kunyit, namun kayu manis juga dapt memberikan efek relaksasi pada otot yang kaku.
  4. Teh hijau yang telah dikenal memiliki banyak manfaat ini ternyata juga mampu untuk mencegah dan mengontrol rasa nyeri dan bengkak pada pergelangan tangan. Hal ini telah ada penelitiannya, yakni  Arthritis Research and Therapy.

Demikianlah informasi mengenai cara mengobati tulang bengkak yang mudah untuk dilakukan. Dan jika rasa sakit, neri dan bengkak pada pergelangan tangan ditimbulkan oleh radang pada persendian maka anda harus tahu cara mengobati radang sendi agar rasa nyeri bisa segera hilang serta jauhi makanan penyebab nyeri sendi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 07th, March 2018 / 03:20 Oleh :