Sponsors Link

6 Ciri Ciri Cedera Otot Perut Beserta Tingkatannya

Sponsors Link

Cedera otot perut merupakan suatu kondisi yang akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman pada bagian perut serta dapat mengenai satu/ lebih dari otot perut. Cedera otot ini umumnya juga terjadi akibat otot perut yang terulur cukup jauh atau melebihi normalnya. Kebanyakan cedera otot perut terjadi pada serabut otot perut juga mengakibatkan area di sekitar perut terasa sangat nyeri.

ads

Tetapi umumnya, cedera yang terjadi ini hanya akan berupa sayatan kecil pada serabut otot, akan tetapi jika hal ini dibiarkan begitu saja maka hasilnya dari beberapa cedera pastinya menyebabkan otot rupture alias robek. Tidak ingin hal ini terjadi? Tentunya anda harus mempelajari beberapa hal yang akan di sampaikan pada artikel ini, ciri ciri cedera Otot Perut.

Sebagai pemahaman umum, cedera otot perut sering menyebabkan nyeri yang muncul mendadak atau tiba-tiba pada area otot. Anda pun tidak bisa memprediksinya, kapan cedera akan terjadi dan berlangsung berapa lama. Selain itu nyeri juga akan terprovokasi ketika anda tengah melakukan gerakan fleksi/menekuk punggung kedepan.

Gejala umum lain yang paling sering yakni terjadinya ketegangan otot yang mana kejadian ini bisa menyebabkan jari tangan yang sakit kalau ditekuk juga. Tetapi terkadang juga terjadi pembengkakan sebagai akibat dari cidera otot perut itu sendiri jika memang sudah parah. Sebelum meninjau beberapa hal dari ciri ciri Cedera Otot perut, berikut adalah pembagian cedera berdasarkan derajatnya.

Adapun pembagian tersebut, cedera otot perut terbagi menjadi beberapa derajat berdasarkan dari tingkat keparahannya meliputi:

  • Grade I (Mild): Cedera otot perut yang menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman, tidak ada keterbatasan. Biasanya kondisi pada grade ini tidak mengganggu aktivitas penderita.
  • Grade II (Moderate): Untuk cedera otot perut grade 2 ini, atau di kenal juga dengan Moderate para penderita merasa tidak nyaman, aktivitas seperti fleksi dan juga side rotasi perut agak terganggu.
  • Grade III (Severe): Penderita bisa melakukan aktivitas normal yang tentunya tetap melibatkan perut timbul nyeri. Sering pasien mengeluh lantaran timbulnya ketegangan dan bengkak pada perut mereka.

Sedangkan dilihat dari penyebabnya, berikut ini hal-hal yang masih berkaitan dengan timbulnya cedera otot perut:

Adanya kelainan pada saluran kemih, misalnya seperti:

Kelainan pada saluran cerna, misalnya adalah:

  • Konstipasi (sembelit)
  • Gastroenteritis (infeksi saluran cerna)
  • Ileus ibstruktif (usus tersumbat)
  • Gejala awal apendisitis (radang usus buntu)
  • Kolitis (radang usus besar)
  • Irritable bowel syndrome (sindroma iritasi usus)

Bagaimanapun tingkat kondisi ini, anda tetap harus mengenali beberapa Ciri-Ciri Cedera Otot Perut seperti yang di sebutkan di bawah ini:

  1. Sensasi Terbakar

Terjadinya sensasi terbakar yang berlokasi tepat di bawah tulang dada, terutama setelah seseorang usai makan besar. Kemungkinan penyebabnya yakni refluks asam atau mulas. Untuk mengatasi kejadian seperti ini yaitu dengan mengambil obat di apotek dan menghindari makan makanan berminyak, terlebih lagi dalam porsi besar. Apabila rasa sakit tersebut berlangsung selama beberapa minggu, segera hubungi dokter.

Untuk sensasi seperti terbakar ini bisa terjadi di mana saja dan penyakit sakit yang diakibatkan juga berbeda-beda, misalnya saja kalau di bagian belakang yang berasa seperti terbakar, bisa jadi Anda mengalami sakit tulang belakang atas atau tulang rusuk sakit sebelah kiri, kemudian kalau kejadiannya di bagian sumsum tulang belakang harus lebih waspada lagi sebab bisa jadi itu merupakan gejala paraplegia.

  1. Rasa Nyeri

Timbulnya rasa nyeri di daerah sekitar dan di bawah pusar yang akan disertai pula dengan gas. Kondisi ini mungkin bisa disebabkan oleh suatu konstipasi atau perut kembung. Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit hasil akibat dari pengerasan tinja yang berlebihan dan juga sulit dikeluarkan hingga menyebabkan sakit perut.

Cara mudah mengatasinya adalah dengan mengimbangi asupan makanan, tidak melulu makan kering-kering namun juga sayuran seperti petai misalnya. Namun Anda juga harus perhatikan porsi makan sebab kalau sampai kebanyakan maka akan menimbulkan masalah baru yakni sakit pinggang setelah makan petai.

Sponsors Link

  1. Nyeri Mendadak Disertai Mual

Ciri ciri lain dari cedera otot perut adalah timbulnya rasa nyeri secara mendadak yang di sertai dengan mual. Lebihnya lagi, hal ini pasti juga menimbulkan nafsu makan berkurang. Ujung-ujungnya, demam akan melanda begitu saja. Apabila perut mengalami kondisi seperti ini, mungkin ini semua disebabkan oleh penyakit radang usus buntu atau apendistis. Untuk kejadian ini biasanya akan mengakibatkan pembengkakan tulang belakang sehingga Anda dapat dengan mudah mengenalinya.

  1. Perut Kanan Sakit

Perut pada bagian kanan mulai terasa sakit, kemudian hal ini akan menyebar ke bagian lain dari perut atau punggung. Keadaan ini sering juga di picu oleh batu empedu atau peradangan kantong empedu. Ketika rasa sakit timbul secara terus-menerus terjadi atau memburuk setelah makan makanan berminyak, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi ke dokter. Anda juga harus mengenali betul, sebab peradangan pada bagian tersebut, bisa juga menjadi penyebab sakit dada sampai ke tulang belakang.

  1. Nyeri Pada Tulang Rusuk

Bukan hanya terjadi di perut saja, akan tetapi sakit akan muncul juga di dekat tulang rusuk secara tiba-tiba dan menjalar hingga ke pangkal paha. Biasanya kondisi ini lebih banyak di sebabkan oleh batu ginjal, dan jika di sertai dengan demam maka hal itu bisa di katakan gejala infeksi ginjal atau infeksi kandung kemih.

  1. Rasa Nyeri di Sertai Diare

Rasa nyeri secara mendadak dan di sertai dengan diare bukan hal lain, tetapi ini merupakan ciri ciri dari cedera otot perut. Mungkin hal ini terjadi akibat dari penyumbatan usus, usus buntu yang berlubang atau akibat dari pendarahan pada usus. Ketika Anda mengalami gangguan pada saluran usus, perlu waspada sebab bisa jadi itu merupakan gejala penyumbatan sumsum tulang belakang yang cukup mematikan bagi tubuh.

Menanggapi dari beberapa ciri ciri cedera Otot Perut di atas, langkah yang tepat sebagai penanganan adalah dengan mengunjungi dokter, berkonsultasi dan tanyakan keluhan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 14th, September 2018 / 23:58 Oleh :