Sponsors Link

Kenapa Sakit pada Tulang Pelipis Mata? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Kadang kala kita kerap merasakan rasa tidak nyaman pada bagian sekitar mata dimana tulang terasa sakit dan ngilu yang akhirnya malah menimbulkan rasa sakit yang sangat menggangggu. Dimulai dari adanya rasa penat pada bola mata hingga rasa nyeri dan menusuk pada bagian tulang temporal atau yang lebih di kenal dengan tulang pelipis.

ads

Penyebab tulang ngilu dan adanya rasa sakit pada tulang pelipis mata ini biasanya terjadi secara berulang yang menandakan bahwa ada kondisi yang tidak normal terjadi pada area sekitar mata yang harus segera di periksakan agar rasa sakit tidak terus berlanjut.

Penyebab Rasa sakit pada tulang pelipis mata

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada tulang pelipis atau tulang temporal. Di antaranya :

  1. Sakit Kepala Migrain.

Migrain yang menyerang juga bisa menjadi salah satu penyebab rasa sakit pada tulang pelipis mata. Migrain merupakan jenis sakit kepala yang biasanya hanya menyerang sebagian kepala saja dengan gejala kepala yang terasa berdenyut.

  1. Trigeminal Neuralgia.

Trigeminal Neuralgia merupakan jaringan saraf yang terletak pada wajah untuk merasakan rangsangan dan  sentuhan pada wajah. Timbulnya rasa nyeri yang berlebihan akibat saraf trigeminal pada wajah terlalu sensitif dalam menerima berbagai rangsangan pada wajah yang akhirnya menjadi penyebab tulang hidung sakit, penyebab tulang pipi sakit dan juga menimbulkan sakit tulang pelipis menjalar ke kepala.

  1. Sakit Kepala Kluster / Cluster headache.

Merupakan salah satu dari banyak tipe sakit kepala yang sakitnya terasa menusuk pada area mata bagian belakang hingga kepala belakang yang terkadang di sertai dengan wajah bengkak pada satu sisi serta hidung dan mata yang berair. Jadi itulah sebabnya tulang pelipis juga bisa terasa nyeri.

  1. Temporal arteritis.

Rasa sakit pada tulang pelipis mata bisa terjadi karena adanya pembuluh darah arteri di area pelipis atau tulang temporal yang sedang meradang yang penyebabnya bisa karena infeksi. Dan karena adanya radang itulah yang menimbulkan rasa nyeri pada pelipis yang terkadang juga disertai dengan timbulnya bengkak pada pelipis..

  1. Terjadi Infeksi di sekitar Mata.

Terjadinya infeksi pada area sekitar mata juga dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang bisa menyebar hingga ke bagian pelipis mata. Bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti debu, kotoran atau contact lens yang tidak higinis dan tangan yang tidak bersih saat pemakaian dan pelepasan lensa kontak.

  1. Glaukoma.

Glaukoma ini merupakan sebuah gangguan atau kelainan pada mata berupa terjadinya tekanan bola mata yang meningkat sehingga menimbulkan rasa sakit pada tulang pelipis mata.

  1. Otot Kaku pada area mata.

Otot yang kaku dan terasa tegang yang terjadi pada area sekitar pada dan tulang pelipis juga bisa menjadi pemicu munculnya rasa sakit di bagian tulang pelipis.

Sponsors Link

Hal ini bisa terjadi karena kurang tidur dalam waktu yang cukup lama sehingga menimbulkan gangguan pada mata.

  1. Adanya Tekanan pada Tulang Tengkorak.

Faktor lain penyebab timbulnya rasa nyeri pada pelipis adalah karena adanya tekanan yang meningkat pada kepala atau rongga tengkorak yang disebabkan oleh adanya pendarahan di otak, abses otak atau tumor pada otak.

  1. Trauma pada Tulang Pelipis.

Trauma pada tulang ini terjadi karena adanya benturan yang cukup keras pada tulang tengkorak dekat pelipis sehingga terjadi sedikit keretakan yang menimbulkan rasa nyeri.

Jika kondisi ini terjadi maka cara mengobati tulang tengkorak retak yang tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan medis serta mengkonsumsi makanan bernutrisi untuk mempercepat proses penyembuhan tulang retak.

Setelah mengetahui penyebab di atas maka diwaspadai jika terjadi rasa nyeri pada bagian kepala dan tulang pelipis mata. Untuk mengetahui penyebab pasti dari rasa sakit pada tulang pelipis ini harus segera di lakukan pemeriksaan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 06th, April 2018 / 04:41 Oleh :