Sponsors Link

Osteosarcoma Stadium 4 – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Hingga saat ini masih banyak yang belum mengetahui apa bahaya akan Osteosarcoma Stadium 4 ini, gejala apa saja yang dapat menimbulkan penyakit ini dan bagaimana cara pengobatannya? Osteosarcoma (Osteosarkoma) atau yang juga dikenal dengan sarcoma osteogenik merupakan salah satu jenis kanker tulang yang berawal dari sel-sel yang membentuk tulang yang berkembang di ujung tulang panjang pada tulang yang sedang aktif pertumbuhannya. Umumnya penyakit ini menyerang remaja berusia 20 an ke bawah dan anak-anak. Bagian yang diserang oleh penyakit ini biasanya adalah tulang-tulang dengan ukuran yang besar dan mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat, misalkan jenis tulang kering, paha dan lengan.

ads

Jika seseorang terkena Osteosarcoma Stadium 4, maka hal ini akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh. Kalau memang penyakit ini sudah mencapai Stadium 4, berarti tahap dimana sel kanker yang menggerogoti tulang telah menyebar hingga area yang lebih luas yaitu pada bagian-bagian tubuh lain atau dengan kata lain sel kanker tidak hanya bersarang pada jaringan tulang saja, misalnya juga pada area paru-paru, hati maupun otak. (Baca Juga: Penyebab Tulang Rusuk Sakit)

Adapun Osteosarcoma stadium dibagi menjadi dua, diantaranya:

  • Stadium 4 A: Penyebaran tumor telah sampai ke paru-paru
  • Stadium 4 B: Penyebaran tumor telah sampai pada kelenjar getah bening sekitar atau pada organ lain selain paru-paru

Gejala

Gejala utama penyakit Osteosarcoma ini diantaranya yaitu:

  • Adanya benjolan pada tulang – Jika kejadian ini terjadi pada bagian tulang belakang Anda, sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan mengikuti cara menghilangkan benjolan di tulang belakang berikut.
  • Rasa nyeri – Penderita Osteosarcoma akan merasakan nyeri dan sakit pada area tulang yang diserang. Rasa nyeri tersebut akan semakin bertambah jika bergerak serta akan sangat terasa ketika malam hari.
  • Pembengkakan – Area pada tulang yang terserang akan mengalami perubahan warna kemerahan serta pembengkakan pada tulang yang dekat dengan persendian. Hal tersebut akan mengakibatkan ruang gerak yang sulit dan terbatas.
  • Rasa kebas dan mati rasa – Anda juga perlu waspada dengan kejadian yang satu ini, hal itu dikarenakan mati rasa juga bisa menjadi gejala tulang ekor paling berbahaya yang harus segera mendapatkan perawatan.
  • Tulang Rapuh – Jika seseorang mengidap penyakit ini, maka tulang pada bagian yang terserang akan sangat lemah atau rapuh, terutama jika sudah mencapai stadium 4. Bahkan jatuh ringan dapat membuat tulang menjadi patah. Untuk itulah, sebaiknya penderita secara rutin mengkonsumsi makanan untuk mengobati tulang keropos berikut.

Penyebab

Penyakit Osteosarcoma ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab seseorang menderita Osteosarcoma Stadium 4:

  • Perubahan atau mutasi dalam struktur DNA pengendali pertumbuhan sel dimana hal tersebut memicu pertumbuhan secara terus menerus yang tidak terkendali. Hal tersebut akan membentuk kumpulan jaringan yang menjadi tumor dan pada akhirnya menyebabkan penyakit ini
  • Adanya gangguan genetik turunan. Seseorang yang mengalami sindrom genetik langka tertentu yang kemudian menurun dalam keluarga akan dapat memicu risiko Osteorsarcoma, termasuk sindrom LI-Fraumeni dan retinoblastoma. (Baca Juga: Ciri-ciri Penyakit Fibromyalgia)
  • Cedera minor kronis dan infeksi kronis
  • Peradangan kronis
  • Infeksi virus khusus
  • Paparan radiasi yang tinggi
  • Penyakit paget, yaitu sebuah kondisi dimana dapat berdampak pada melemahnya tulang
  • Terjangkit hernia umbilitikus sejak lahir
Sponsors Link

Pengobatan awal

Langkah awal diagnosis Osteosarcoma Stadium 4 yaitu dengan:

  • Tes Darah, dilakukan untuk mendeteksi tingkatan penyakit dari perubahan kandungan darah
  • Pemindaian Tulang, dilakukan dengan cara menyuntikkan bahan radioaktif ke dalam pembuluh darah. Teknik ini memang terbukti cukup canggih untuk mengenali berbagai macam penyakit, contoh penyakit lainnya yakni seperti tumor tulang, kanker sumsum tulang belakang stadium 3, tumor tulang lutut, dan masih banyak lagi.
  • CT Scan, dilakukan guna memberikan informasi mengenai penyebaran penyakit ke organ yang lainnya
  • MRI Scan, dilakukan guna mengetahui gambar tulang secara detail guna mengetahui informasi penyebaran penyakit
  • Positron emission tomography, dilakukan untuk menunjukkan bagaimana organ atau jaringan tubuh yang bekerja dengan memanfaatkan bahan radioaktif
  • Pencitraan sinar x
  • Biopsi, dilakukan dengan mengambil sedikit sampel dari tulang untuk diteliti di laboratorium
  • Bone scan, dilakukan dengan menyuntikkan zat radioaktif ke dalam tubuh melalui pembuluh vena.
Sponsors Link

Jika seseorang telah menderita Osteosarcoma Stadium 4, maka perlu dilakukan pengobatan secara serius. Adapun cara sering dilakukan untuk menghindari kematian yaitu operasi amputasi untuk menghindari kematian. Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini ada cara lain untuk melakukan penyembuhan kanker ini yaitu dengan metode teknik limb salvage.

Metode limb salvage yaitu dengan menyambung tulang yang telah terkena kanker dengan bekas kaki dari pasien lain yang baru saja meninggal dunia atau dengan cara mematikan tulang terkena kanker lalu dipasang lagi dengan radiasi. Selain itu, Terapi kemoterapi juga penting dilakukan untuk pencegahan penyebaran sel kanker tersebut. Untuk penyakit lain yang bisa disembuhkan oleh kemoterapi ini yaitu pengobatan osteosarkoma, pengobatan kanker tulang belakang, dan beberapa penyakit ganas lainnya.

Jika anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah diulas di atas, ada baiknya jika segera untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk segera dilakukan penanganan. Memulai mengatur pola hidup sehat juga perlu dilakukan untuk mencegah tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 16:09 Oleh :