Sponsors Link

Sakit Tulang Ekor hingga Demam – Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Rasa sakit yang terjadi pada tulang ekor atau tulang ekor sakit adalah sebuah sensasi rasa sakit yang terjadi pada tulang coccygeus atau bisa disebut sebagai tulang ekor yang terletak pada daerah bokong bagian tengah. Tidak jarang rasa sakit yang dialami akan menjalar mulai sampai pada daerah sekitar pinggang. Bahkan untuk sakit yang amat parah, biasanya akan menimbulkan demam dan perasaan menggigil di sekujur tubuh yang merupakan salah satu gejala kanker tulang ekor, hal ini dikarenakan nyeri yang tak tertahankan. Rasa sakit yang terjadi pada tulang ekor bisa saja menyebabkan terganggunya kegiatan-kegiatan kita sehari-hari seperti ketika duduk, ketika naik dari posisi duduk dan juga saat berdiri dengan waktu yang cukup lama.

ads

Seseorang yang menderita rasa sakit pada tulang ekor juga bisa terjadi gangguan lainnya ketika buang air besar, hal ini biasanya akan begitu menyakitkan. Bagi wanita, sakit pada tulang ekor juga bisa membuat menstruasi menjadi tidak nyaman serta menyebabkan demam. Berbagai hal tersebut adalah bahaya sakit tulang ekor yang harus kita waspadai. Mengapa tulang ekor bisa sakit? Terdapat berbagai kondisi yang menyebabkan sakit tulang ekor hingga demam menjadi sakit seperti duduk yang terlalu lama, duduk pada permukaan yang keras dan sempit, perubahan struktur sendi karena faktor usia dan juga akibat dari proses melahirkan.

Penyebab Tulang Ekor Sakit

Ketika kita dapat mengetahui berbagai penyebab dari penyakit yang kita alami maka hal tersebut akan memudahkan kita untuk melakukan penanganan, perawatan dan juga pencegahan agar jangan sampai penyakit tersebut terjadi lagi.

Ada berbagai kondisi yang berbeda-beda yang menjadi penyebab tulang ekor menjadi sakit. Meskipun tidak jarang, penyebab pasti rasaa sakit pada tulang ekor yang dialami adalah idiopathic atau tidak diketahui. Salah satu penyebab tulang ekor menjadi sakit yang sudah diketahui dan dipastikan adalah trauma. Trauma atau cedera pada tulang ekor yang menjadikan memar, patah tulang atau juga dislokasi tulang ekor. Hal seperti ini bisa saja terjadi karena berbagai aktifitas kita seperti :

  • Duduk terlalu kuat atau terjatuh di suatu tempat yang memiliki permukaan sangat keras dan dalam posisi duduk
  • Terjadinya serangan atau pukulan langsung pada tulang ekor, misalnya saat olahraga
  • Tulang ekor yang cedera atau bahkan patah pada saat proses melahirkan
  • Tekanan atau gesekan yang berulang-ulang pada sakit tulang ekor hingga demam, seperti bersepeda

Penyebab lain yang jarang terjadi adalah taji tulang, kompresi akar saraf (saraf kejepit), infeksi lokal, dan tumor.

Pengobatan Tulang Ekor Sakit

Sakit yang Anda rasakan pada tulang ekor atau juga disebut coccydynia ini sejatinya akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan. Meskipun demikian terdapat beberapa cara untuk mengurangi rasa sakitnya. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada tulang ekor.

  • Duduk dengan posisi bersandar ke depan
  • Duduk di atas bantal yang mempunyai bentuk seperti donat
  • Kompres air hangat atau kompres es pada daerah sakit tulang ekor hingga demam yang sakit
  • Jika sampai menyebabkan demam, Anda bisa minum berbagai obat penghilang rasa sakit seperti Acetaminophen (Parasetamol), Ibuprofen atau Aspirin

Sebenarnya masih banyak cara mengobati tulang ekor sakit. Namun apabila setelah melakukan beberapa cara tersebut rasa sakit nya tidak hilang, maka Anda patut untuk memeriksakan kesehatan Anda ke dokter terdekat. Bisa saja Anda mengalami coccydynia kronis. Maka dari itu konsultasikan bagaimana cara pengobatan untuk masalah tersebut. Biasanya berbagai pengobatan seperti fisioterapi dapat Anda gunakan untuk mengurangi gejalanya.

Di dalam sebuah fisioterapi, biasanya seorang terapis akan mengajari Anda bagaimana cara melakukan teknik relaksasasi dasar panggul seperti bernafas dalam-dalam dan berbagai latihan saat buang air kecil dan buang air besar. Masih banyak lagi terapi yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini, namun untuk beberapa kondisi yang sangat parah, biasanya operasi adalah satu-satunya jalan yang harus ditempuh untuk menghindari berbagai akibat tulang ekor bengkok. Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk sakit tulang ekor juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Selain itu selalu berhati-hati dalam melakukan berbagai aktifitas juga sangat diperlukan agar Anda terhindar dari berbagai cedera yang mungkin bisa terjadi.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 10th, January 2018 / 07:14 Oleh :