Sponsors Link

Benjolan Di Siku Tangan Kiri: Penyebab, Bahaya Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Benjolan yang ada pada tubuh, seringkali ditakuti karena memunculkan dugaan kita terjangkit sebuah masalah kesehatan tulang yang serius. Biasanya terdapat benjolan bekas patah tulang selangka, benjolan di tulang kepala, benjolan di bawah tulang ekor, hingga benjolan di siku tangan kiri. Penyebab benjolan ini sangat beragam, yaitu meliputi:

ads
  1. Infeksi Kulit.
  2. Trauma pada siku.
  3. Tumor jaringan ikat atau tendon.
  4. Bursitis.
  5. Kista Sebasea.
  6. Lipoma.
  7. Keganasan Tulang.
  8. Kista Ganglion.

Bahaya Benjolan Kista Ganglion

Banyaknya macam-macam penyakit tulang yang memunculkan benjolan di siku tangan kiri masuk pada kategori sebagai tumor. Tetapi tumor berbeda dengan kanker. Penyakit yang paling sering memunculkan benjolan pada siku tangan yaitu kista ganglion atau kista tulang. Bernama lain ganglion cysts, jenis penyakit ini merupakan massa yang menonjol dan timbul di tangan serta dapat tumbuh di bagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan. Kista ini dapat muncul di ujung persendian jari-jari hingga di bagian bawahnya dengan berbagai ukuran.

Pertumbuhan salah satu kelainan pada tulang ini tergantung aktivitas Anda. Semakin terus-menerus beraktivitas, pertumbuhannya akan membesar. Dan begitu juga sebaliknya, kista ini akan mengecil jika Anda minim dalam melakukan aktivitas pada lokasi tumbuhnya. Ganglion bisa juga muncul di persendian dan bentuknya seperti balon. Biasanya bagian dalamnya menggumpal dan jika dipegang akan berasa tebal, licin, cair dan menyerupai cairan yang melubrikasi persendian. Penyakit ini menjangkit orang yang berusia 15-40 tahun, dan biasanya diderita oleh perempuan.

Kemunculan Benjolan Kista Ganglion

Benjolan ini muncul tidak menimbulkan gejala kista tulang sama sekali. Tetapi saat kista ganglion menekan saraf-saraf akan berefek rasa sakit, geli, dan lemah otot. Namun ada beberapa hal yang merupakan tanda kemunculan kista ganglion sebagai berikut.

  1. Munculnya benjolan yang semakin membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari.
  2. Berisi cairan.
  3. Bulat, kenyal, dan halus.
  4. Ukurannya tergantung Anda beraktivitas. Jika, memiliki aktivitas aktif pada sendi maka ukurannya lebih besar. Dan sebaliknya, ketika Anda banyak memberi istirahat pada sendi, kista ganglion akan mengecil.
  5. Kista ganglion bisa menimbulkan rasa sakit, kelemahan, atau mati rasa karena menekan pada saraf dekat sendi, tetapi juga bisa tidak merasakan sakit.

Agar lebih pastinya Anda harus melakukan foto rontgen pergelangan tangan yang bisa memperlihatkan struktur tulang, biar mengetahui adanya artritis ataupun tumor tulang.

Pengobatan Kista Ganglion

Kista ganglion biasanya dapat hilang tanpa diberikan obat apapun. Tetapi jika kista ganglion menganggu Anda, yang bisa dilakukan adalah pengobatan kista tulang berikut :

  • Imobilisasi

Pada dasarnya kista ganglion akan membesar jika pada sendi Anda beraktivitas secara berlebih. Maka bisa menggunakan bebatan atau balutan pada letak kista ganglion berada, untuk imobilisasi daerah tersebut. Cara ini membantu daerah yang ada kista ganglion untuk beristirahat. Saat kista ganglion menyusut, maka rasa sakit akan menghilang karena tekanan pada saraf berkurang.

  • Aspirasi

Cara ini akan menguras cairan pada kista. Pada tahapnya, dokter akan melakukan prosedur anestesi lokal, dengan cara menusuk kista dengan jarum dan cairannya terambil.

  • Operasi

Cara terakhir adalah melakukan operasi, hal ini dilakukan karena rasa sakit yang parah, biasanya gerakan sendi juga akan sulit. Proses operasinya  berjalan cepat, sehingga tidak memerlukan rawat inap.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Monday 25th, March 2019 / 09:54 Oleh :