Sponsors Link

Kenapa Tulang Taju Pedang Menonjol? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Tulang merupakan salah satu alat gerak manusia yang memiliki struktur yang kompleks dengan sifatnya keras dan kaku. Itulah mengapa tulang yang menjadikan bentuk tubuh manusia serta makhluk yang memiliki rangka lainnya. Tulang yang sehat akan sesuai dengan bentuknya, akan tetapi jika mengalami kelainan pada tulang akan menghasilkan bentuk tubuh yang juga berbeda dari orang-orang biasanya.

ads

Kelainan pada tulang bisa disebabkan karena kecelakaan maupun karena faktor genetik. Sama halnya dengan tulang taju pedang menonjol yang bisa disebabkan oleh dua hal tersebut. Tulang taju pedang menonjol disebabkan adanya gangguan pada struktur sendi atau sambungan antara tulang dada dan tulang iga.

Penyebab Tulang taju Menonjol

Ada dua bentuk dari tulang taju pedang manusia, yakni pectus carinatum atau bisa juga disebut dada merpati dengan bentuk tulang taju pedang menonjol. Sebaliknya jika tulang taju pedang lebih cekung ke dalam dinamakan pectus excavatum. Ada beberapa hal yang menyebabkan tulang taju pedang menonjol sama seperti benjolan di bawah tulang ekor yang juga memiliki sebab. Karena segala sesuatu akan memiliki sebab yang akan menimbulkan akibat, berikut ini beberapa penyebab tulang taju pedang menonjol.

  • Faktor genetik atau bawaan sejak lahir bahkan bisa saja pada saat masa pertumbuhan yang menyebabkan adanya kelainan pada tulang taju pedang
  • Variasi bentuk tulang taju pedang yang berbeda-beda diantara manusia
  • Adanya kelainan pada struktur kulit seperti lipoma, kista aterom atau yang lainnya
  • Jika hal ini dialami oleh bayi, ada dua kemungkinan terjadi yakni karena proses pernafasan bayi lebih cepat atau bisa saja terjadi kelainan pada tulang belakang dan tulang dada bayi yang menyebabkan tulang taju pedang menonjol

Penanganan Tulang Taju Pedang Menonjol

Sebagian besar orang yang memiliki bentuk tulang taju pedang menonjol tidak mengalami keluhan apapun. Seperti tulang terasa sakit dan ngilu atau yang lainnya. Sebagian besar orang hanya mengeluhkan bentuk dada yang tidak normal dibandingkan dengan orang lainnya. Dan biasanya bentuk tulang taju pedang menonjol bisa terlihat jelas pada orang yang memiliki tubuh kurus dan juga bayi.

Sebenarnya bentuk tulang taju pedang menonjol bukanlah hal yang harus dikhawatirkan selama tidak menimbulkan gejala-gejala serius. Utamanya pada bayi yang memang terkadang menunjukkan tonjolan di sekitar tulang taju pedang. Hal ini terjadi karena beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, orang tua juga harus memperhatikan apakah bayi tersebut kesulitan dalam bernafas. Jika memang bayi sulit bernafas padahal tidak sedang mengalami pilek atau hidung tersumbat, bisa segera melakukan pemeriksaan pada dokter.

  • Tanpa Pengobatan

Sebenarnya kebanyakan kasus yang mengeluhkan tulang taju pedang menonjol tidak membutuhkan pengobatan yang serius. Karena memang bentuk tulang taju pedang setiap orang berbeda. Akan tetapi, diketahui bahwa sebagian penderita pectus carinatum mengidap penyakit jantung bawaan. Oleh sebab itu membutuhkan perawatan serta penanganan yang serius dari dokter ahli.

  • Menggunakan alat

Beberapa kelainan pada tulang dapat menimbulkan rasa sakit, nyeri bahkan ngilu yang sangat mengganggu. Seperti tulang ekor sakit saat duduk lama, pengapuran di ruas tulang leher dan sebagainya. Salah satu tulang yang dapat mengalami kelainan yakni tulang taju pedang menonjol.

Sponsors Link

Pengobatan bagi orang yang memiliki tulang taju pedang menonjol setidaknya harus dilakukan tidak lebih dari usia 18 tahun. Salah satu hal yang dapat dilakukan dokter untuk mengobati pectus carinatum pada penderita penyakit jantung bawaan yakni dengan memasangkan alat atau bisa juga diistilahkan pemakaian brace.

Pemakaian brace merupakan alat yang dipasang di dada yang berfungsi memberikan tekanan pada tulang dada agar dapat lebih terdorong ke dalam. Sehingga bentuk tulang taju pedang bisa normal seperti kebanyakan orang.Letaknya yang berada di ronggo dada bagian depan dengan fungsinya sebagai tempat melekatnya tulang iga di garis tengah tubuh menyebabkan bentuk tulang ini cekung ke belakang. Akan tetapi, sebagian orang memiliki bentuk tulang taju pedang menonjol ke depan. Atau biasa disebut dengan tulang dada menonjol oleh orang-orang awam.

  • Operasi
Sponsors Link

Terlambat melakukan konsultasi atau pemeriksaan pada dokter ortopedi akan memberikan efek yang tidak nyaman bagi penderitanya. Selain itu, jika hal ini diketahui pada penderita yang memiliki usia lanjut harus dilakukan operasi agar bentuk tulang taju pedangnya sama dengan orang-orang yang lain. Operasi tulang dada dapat menjadi pilihan pengobatan bagi penderita tulang taju pedang menonjol yang mengidap penyakit jantung bawaan pada orang yang telah lanjut usia.

Maka dari itu, menjaga kesehatan tulang sangat penting agar tidak menghambat segala aktifitas sehari-hari. Menjaga kesehatan tidak hanya bentuk tubuh yang harus mendapatkan vitamin serta nutrisi, melainkan tulang juga sangat membutuhkan nutrisi agar tetap kuat dalam memberikan bentuk tubuh serta menopangnya. Cara menjaga kesehatan tulang bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung zat gizi menguatkan tulang serta bisa juga ditambah dengan vitamin penguat tulang dan sendi.

Tuhan memberikan anugerah sebaik-baik ciptaan pada manusia. Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesempurnaan serta kesehatan selama ini. Semoga kita semua selalu berada dalam lindunganNya serta selalu mendapatkan kesehatan.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Sunday 27th, May 2018 / 04:39 Oleh :