Sponsors Link

Telapak Tangan Sulit Menggenggam – Penyebab dan Pengobatannya 

Sponsors Link

Telapak tangan sulit menggenggam akan membuat tangan kaku dan tidak bisa digerakan yang disebabkan oleh berbagai hal misalnya radang dan dapat ditangani medis maupun tradisional. Banyak kasus yang mengeluhkan sakit pada telapak tangan. Hal ini dapat terjadi dengan berbagai macam penyebab. Pada orang yang menderita sakit di telapak tangan pada umumnya akan merasakan beberapa gejala.

ads
  • Telapak tangan lemas.
  • Telapak tangan kaku.
  • Telapak tangan nyeri

Penyebab dari hal ini beraneka macam diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat yang seringkali dilakukan oleh para penderita. Level rasa sakit pada kesulitan penderita untuk menggenggam tangan dapat dikonsulitasikan kepada tenaga medis. Hal ini menjadi perhatian agar tidak disepelekan.

Penyebab Telapak Tangan Sulit Menggenggam

1. Kadar Asam Urat Tinggi

Seseorang yang memiliki rasa sakit pada bagian telapak tangan dapat disebabkan oleh asam urat. Penyakit asam urat adalah penyakit yang timbul akibat kondisi karena gejala nyeri yang tidak tertahankan. Pada kondisi yang lebih parah akan timbul adanya pembengkakan yang disertai dengan rasa panas. Perasaan tersebut timbul di bagian  persendian. Seseorang yang mengalami asam urat akan menyerang umumnya pada bagian sendi di jari tangan sakit kalau ditekuk. Rasa sakit juga kerap menyerang bagian lutut, bagian pergelangan kaki, dan area jari kaki. Penderita sebaiknya memperhatikan kadar pada asam urat dan kadar kolesterol  di tubuh. Penderita juga sebaiknya menghindari makanan yang dapat meningkatkan tidak kadar asam urat. Jika terjadi peradangan, juga akan membuat keadaan semakin parah.

2. Fibromialgia

Fibromialgia adalah kasus yang menimbulkan nyeri pada bagian otot dan jaringan penyokongnya di bagian tangan. Penyakit ini juga akan menimbulkan nyeri dan kekuan pada tangan. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena kelelahan yang hebat. Gangguan ini akan dirasakan dengan gejala seperti kelelahan, perubahan perasaan, dan ketidaknyamanan saat tidur. Jika penderita merasakan gejalan tersebut sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter. Penyakit ini seringkali disepelekan, namun jika dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas sehari -hari seperti penerapan cara meluruskan tangan bengkok.

3. Radang Sendi (Arthritis)

Radang sendi kerap sekali akan dirasakan karena berbagai penyebab diantaranya adalah serangan virus. Peradangan juga dapat terjadi sebagai akibat dari komplikasi rematik, penuaan, maupun asam urat. Radang seringkali menyerang bagian sendi pada tulang sehingga harus menerapkan pantangan radang sendi. Penderita akan merasakan rasa sakit akibat radang di bagian tangan. Hal ini yang akan menjadi penyebab tangan memiliki kesulitan untuk digenggam. Gejala yang akan dirasakan oleh penderita diantaranya adalah rasa nyeri, bengkak telapak tangan, kemerahan, serta berbagai sensasi rasa panas. Hal ini juga akan menyebabkan pada bagian inflamasi mengalami kekakuan. Rasa sakit dan sulit digenggam terjadi karena hilangnya fleksibilitas pada tangan sehingga sebaiknya mengetahui pantangan radang sendi tulang.

4. Gangguan syaraf

Sponsors Link

Rasa sakit yang diderita dapat pula terjadi karena adanya kompresi saraf ulnaris. Kelainan ini terjadi karena adanya peradangan pada bagian saraf ulnar. Saraf ini merupakan salah satu saraf yang berada di bagian tangan. Jika saraf ini terganggu maka akan terjadi sensasi rasa tidak nyaman. Gangguan ketidaknyamanan juga akan terasa di bagian jemari dan menyebar ke sekitar siku.

5. Sindroma Carpal Tunnel

Sindrom carpal tunnel adalah kondisi yang akan menyebabkan bagian jari pada tangan terasa mati rasa atau kesemutan. Rasa tersebut juga disertai dengan rasa nyeri. Bagian tangan akan menjadi bagian yang dinilai paling berpengaruh. Penyakit ini juga akan membuat pergerakkan tangan menjadi terganggu. Saraf yang terganggu yakni saraf median. Saraf ini adalah saraf yang memiliki peran dalam kontrol indra serta gerak. Saraf ini berada di bagian telapak tangan.Jika saraf terganggu maka yang akan terjadi adalah pergerakan akan terganggu.

6. Defisiensi Vitamin B

Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan kondisi tangan sakit untuk digenggam. Vitamin B dapat diperoleh dari berbagai makanan diantaranya adalah kacang – kacangan dan berbagai sayuran hijau. VItamin B membantu proses metabolisme tubuh sehingga lebih baik.

7. Defisiensi Asam Folat

Sponsors Link

Asam folat merupakan protein yang juga membantu proses regenerasi sel dan berbagai proses fisiologis di dalam tubuh. Asam folat dapat didapatkan dengan konsumsi susu dan berbagai macam sayuran.

8. Infeksi bakteri atau virus

Infeksi dapat pula membuat telapak tangan menjadi kaku dan sulit untuk digenggam misalnya akibat dari gejala chikungunya. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan dokter anda.

9. Penyakit Stroke, Multiple Sklerosis, Lupus, dan Parkinson

Kesulitan untuk menggenggam juga dapat terjadu karena berbagai penyakit seperti stroke dan lainnya. Hal ini juga bisa terjadi karena aktivitas hormon misalnya hormon pada wanita yakni estrogen dan progesteron. Hormon tersebut akan memudahkan wanita untuk deposisi lemak.

Pengobatan Telapak Tangan Sulit Menggenggam

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara tradisional maupun medis tergantung kepada tingkat keparahan yang dialami oleh penderita. Pada umumnya dokter akan menyaran untuk melakukan pemeriksaan dengan CR scan, rontgen, dan lain – lain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab dengan pasti dari rasa sakit yang diderita. Penyebab yang diketahui dengan baik akan membuat penanganan yang tepat. Berikut adalah pengobatan tradisional yang dapat dilakukan di rumah.

  • Mengompres bagian telapak dan jari yang kaku serta nyeri dengan menggunakan air hanga.
  • Melakukan senam jari.
  • Menghindari untuk melakukan pergerakan yang berlebihan dan berulang – ulang.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang seperti makanan untuk patah tulang tangan.
  • Memperbanyak makanan yang kaya akan vitamin B.
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat.
  • Melakukan olahraga dengan teratur.

Demikian beberapa ulasan tentang telapak tangan bisa sulit di genggam yang bisa anda ketahui bagaimana penyebab dan pengobatan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 03rd, January 2018 / 06:36 Oleh :