Sponsors Link

Kenapa Tulang Belakang Bayi Menonjol Saat Duduk? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Tulang belakang pada bayi masih mengalami banyak perkembangan. Perkembangan ini akan membuat tulang yang awalnya lembut dan lemah menjadi semakin mengeras dan kuat. Namun, perkembangan pada tulang belakang terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

ads

Tulang belakang bayi dapat mengalami beberapa kelainan pada tulang yang menganggu proses perkembangan dan pertumbuhannya. Tulang belakang sakit yang disebabkan oleh pembengkakan tulang belakang atau tulang belakang bengkok ke samping merupakan beberapa contoh kelainan yang terjadi pada tulang belakang. Kelainan ini dapat semakin membahayakan jika tidak diobati sejak dini.

Kelainan pada tulang belakang yang terjadi pada bayi sulit untuk dideteksi kecuali dilakukan pemeriksaan khusus. Namun, ada beberapa kelainan pada tulang belakang bayi yang dapat dilihat dengan kasat mata. Salah satunya adalah tulang belakang bayi menonjol saat duduk.

Penyebab Terjadinya Tulang Bayi Menonjol

Beberapa bayi akan memiliki tulang belakang yang menonjol ketika duduk. Sedangkan ketika bayi tersebut berdiri bentuk tulang belakang akan baik-baik saja. Apa sebenarnya yang membuat tulang belakang bayi menjadi menonjol ketika bayi duduk? Beberapa hal yang dapat membuat tulang belakang bayi menonjol saat duduk adalah:

  • Trauma atau Cedera yang Terjadi pada Tulang Belakang

Tulang belakang pada bayi dapat mengalami cedera atau trauma. Trauma atau cedera ini dapat disebabkan oleh kecelakaan atau benturan yang terjadi pada bayi. Kecelakaan atau benturan yang mengenai tepat pada bagian tulang belakang dapat membuat tulang belakang mengalami perubahan bentuk atau mengalami masalah.

Misalnya, tulang belakang akan membengkak atau tulang belakang menjadi bengkok. Tulang belakang menonjol juga dapat menjadi salah satu masalah yang disebabkan oleh kecelakaan yang pernah terjadi pada bayi yang tepat mengenai bagian tulang belakang bayi. Guna mencegah hal ini, lakukanlah pemeriksaan menyeluruh ketika bayi mengalami kecelakaan. Orang tua dapat mendeteksi lebih dini mengenai kelainan yang terjadi pada tulang bayi. Hal ini dapat mencegah dampak yang lebih parah pada tulang belakang bayi.

  • Kelainan yang Dibawa Sejak Lahir

Beberapa bayi memang terlahir dengan berbagai kelainan pada organ atau bagian tertentu di tubuh. Tulang belakang menonjol merupakan salah satu kelainan yang dapat terjadi sejak bayi dilahirkan. Hal ini dapat disebabkan oleh gizi yang dikonsumsi oleh ibu ketika hamil atau proses melahirkan yang membuat bentuk tulang belakang tidak sempurna.

Ibu yang mengkonsumsi beberapa zat yang mempengaruhi pertumbuhan tulang di dalam janin dapat membuat bentuk tulang belakang menonjol. Tekanan yang dialami tulang belakang bayi saat proses melahirkan juga dapat membuat tulang belakang menonjol. Ibu dapat mencegah hal ini terjadi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi sepanjang kehamilan. Pilihan proses melahirkan secara operasi sesar juga dapat meminimalkan kemungkinan ini terjadi.

  • Genetik atau Keturunan

Ada beberapa keluarga yang memang memiliki bentuk tulang belakang yang berbeda. Tulang belakang yang bengkok, tulang belakang yang bungkuk, dan kanker tulang belakang dapat disebabkan karena keturunan atau genetik yang memang dimiliki oleh bayi tersebut.

Sponsors Link

Tulang belakang bayi menonjol saat duduk juga dapat disebabkan oleh keturunan yang dimiliki oleh bayi tersebut. Jika ada riwayat anggota keluarga yang mengalami kelainan tersebut, maka kemungkinan besar anggota keluarga lainnya juga dapat mengalami kelainan ini. Umumnya kelainan yang disebabakan oleh keturunan tidak dapat dicegah. Namun, beberapa cara terapi tulang belakang dapat menyembuhkan kelainan ini.

  • Bayi yang Dipaksa Duduk Terlalu Dini

Bayi akan tumbuh dan berkembang seiring bertambahnya waktu. Gigi bayi akan tumbuh sejak usia 4 bulan. Bayi akan dapat diberi makanan tambahan pada usia enam bulan ke atas. Begitupun dengan kemampuan bayi untuk duduk dan berdiri. Bayi akan mampu melakukan aktivitas ini setelah beberapa bulan sejak dilahirkan.

Memaksa bayi untuk duduk terlalu dini dapat membahayakan tulang belakangnya. Tulang belakang bayi belum sanggup untuk menahan beban kepala dan tubuhnya, sehingga dapat membuat tulang mengalami masalah. Beberapa bagian dari tulang belakang dapat menonjol atau membengkok yang akan membuat masalah baru. Orang tua sebaiknya tidak telalu dini memaksa anak untuk duduk. Hal ini tidak akan membuat anak semakin cepat duduk, namun akan membuat masalah baru pada tulang dan kesehatan anak.

Sponsors Link

  • Aktivitas Merawat Bayi yang Salah

Beberapa aktivitas merawat bayi seperti menggendong atau menidurkan bayi dapat membuat bentuk tulang belakang bayi menjadi berubah. Menidurkan bayi dengan posisi yang salah, misalnya bantal yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab tulang belakang miring. Sedangkan menggendong bayi dengan posisi yang salah dapat membuat tulang belakang bayi menonjol. Misalnya posisi menggendong bayi dengan menghadapkan bayinya ke arah depan. Hal ini membuat beberapa bagian di tulang belakang menjadi menonjol karena posisi bayi yang membungkuk ke depan.

Gendonglah bayi dengan menggunakan posisi yang benar untuk menghindari masalah pada tulang belakang. Selain itu, perhatikan dengan baik akitivitas yang dilakukan oleh bayi ataupun pengasuh bayi agar tidak membuat masalah pada tulang belakangnya. Tulang belakang yang menonjol pada bayi juga mungkin menjadi gejala dari penyakit tertentu. Orang tua dapat segera memeriksakan tulang belakang bayi ketika merasa bahwa hal tersebut sudah mengganggu kenyamanan dari sang bayi.

Jangan lupa juga bagi setiap orang tua untuk memberikan makanan yang bergizi pada sang bayi. Penting untuk memberikan makanan yang mengandung vitamin untuk pertumbuhan anak sehingga bayi dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, May 2018 / 08:45 Oleh :