Sponsors Link

Kenali 8 Ciri-ciri Batang Hidung Patah yang Sangat Mudah Dikenali

Sponsors Link

Patah pada batang atau tulang hidung merupakan salah satu macam patah tulang yang paling sering terjadi di wajah. Patah pada batang hidung adalah kondisi dimana tulang hidung mengalami retak atau patah karena trauma dari cedera seperti jatuh, berkelahi, olahraga dan lain sebagainya. Jika mengalami gejala dan ciri-ciri batang hidung patah akan menjadi penyebab tulang hidung sakit saat dipegang dan ditekan, sehingga perlu dilakukan penanganan segera untuk mempercepat penyembuhan.

ads

Biasanya patah pada batang hidung tidak hanya menimbulkan sakit pada daerah hidung saja, namun bisa membuat beberapa bagian lain di wajah juga mengalami nyeri dan sakit. Contohnya saja patah pada batang hidung bisa menjadi penyebab kenapa sakit pada tulang pelipis mata atau pada tulang pipi. Mengalami patah di batang hidung memang dapat dialami siapa saja, namun seseorang akan lebih berisiko mengalaminya karena:

  • Pernah mengalami cedera atau patah pada baguan hidung, sehingga jika terjadi cedera kembali akan semakin mudah untuk mengalami ciri-ciri batang hidung patah.
  • Bertambahnya usia, karena semakin tua usia seseorang maka kepadatan tulang juga akan semakin menurun sehingga akan lebih rentan mengalami tulang keropos dan bisa menjadi salah satu penyebab patah tulang pada batang hidung.
  • Berolahraga, terutama olahraga intensitas tinggi yang mengharuskan kontak fisik seperti bela diri, tinju dan lain sebagainya.
  • Kecerobohan, karena tidak berhati-hati atau tidak menggunakan pengaman contohnya seperti tersandung, tidak menggunakan sabuk pengaman pada saat mengemudi atau terjatuh dari motor.

Ciri batang hidung patah

Dari beberapa ciri-ciri batang hidung patah di atas, sebagian besar kasus patah batang hidung terjadi karena kecerobohan atau kurang berhati-hati ketika beraktivitas. Patah pada batang hidung pun bisa dari ringan sampai berat. Apabila patah batang hidung yang dialami ringan, biasanya dapat dilakukan penyembuhan patah tulang tanpa operasi dan tanpa harus pergi ke dokter. Tapi jika patah batang hidung yang cukup parah sampai pendarahan, tentunya harus segera diperiksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri-ciri batang hidung patah yang timbul jika terjadi cedera:

  • Nyeri, yang merupakan ciri-ciri umum jika terjadi gangguan pada tulang termasuk batang hidung.
  • Pembengkakan, pada hidung dan bisa terjadi di area sekitar hidung akibat benturan yang terjadi.
  • Timbul memar, biasanya muncul pada daerah hidung dan meluas sampai bawah mata.
  • Gangguan pernapasan, akibat nyeri atau pembengkakan yang terjadi bisa mengganggu fungsi hidung untuk bernapas.
  • Hidung bengkok, karena terjadi patah dan harus segera dilakukan cara mengatasi tulang hidung bengkok agar dapat kembali normal.
  • Mimisan hingga pendarahan, yaitu darah keluar dari hidung jika cedera hidung yang dialami cukup berat.
  • Keluar lendir dari hidung, yang terkadang tidak bisa terkontrol.
  • Keluar cairan serebrospinal, jika cedera yang dialami termasuk parah dan berat.

Ada beberapa cara mengobati patah tulang secara alami jika patah batang hidung termasuk ringan, misalnya dengan menggunakan kompres dingin beberapa kali dalam sehari untuk menangani pembengkakan atau dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri. Hindari melakukan olahraga karena selain menjadi penyebab mengapa tulang terasa sakit dan ngilu juga dapat memperlambat penyembuhan. Jika mengalami gejala dan ciri-ciri batang hidung patah yang berat da serius, maka harus segera ditangani dokter untuk dilakukan pengobatan yang tepat agar tidak menimbulkan komplikasi lainnya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 22nd, August 2018 / 03:02 Oleh :