Sponsors Link

10 Perbedaan Osteomalasia dan Osteoporosis yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Banyak penyakit yang ada dalam tubuh menimbulkan gejala yang hampir sama antara penyakit yang satu dengan yang lainnya yang membuat orang awam sering keliru dalam menilai gejala suatu penyakit dan dibutuhkan pengetahuan lebih untuk bisa mengenali suatu penyakit berdasarkan gejala – gejala yang timbul dan bisa dirasakan oleh penderita.

ads

Seperti yang kita ketahui ada macam-macam penyakit tulang yang telah kita kenal selama ini. Mulai dari penyakit kelainan pada tulang, tumor tulang hingga kanker tulang yang sangat berbahaya. Namun penyakit tulang yang paling banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya adalah tulang keropos atau Osteoporosis.  Namun ada juga penyakit tulang lain yang memiliki gejala hampir sama dengan gejala osteoporosis yakni penyakit Osteomalasia, sama-sama menyerang tulang dan sama-sama memiliki resiko patah tulang.  Namun penyebab terjadinya Osteomalasia ini bukan karena tulang yang rapuh namun terjadi akibat menurunnya kepadatan tulang tapi karena proses pertumbuhan tulang yang tidak sempurna.

Untuk mengenali perbedaan Osteomalasia dan Osteoporosis ini lebih lanjut sebaiknya simak beberapa perbedaan osteomalasia dan osteoporosis berikut ini:

  1. Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi tulang dan hilangnya kepadatan pada tulang akibat pengaruh dari faktor usia dan kekurangan kalsium. Sedangkan Osteomalasia terjadi akibat tubuh yang kekurangan asupan kalsium dan vitamin D akibat kurangnya kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin D karena pernah terserang penyakit bilier.
  2. Osteoporosis dikenal dengan pengeroposan tulang atau tulang rapuh sedangkan Osteomalasia dikenal dengan tulang lunak yang mengakibatkan hilangnya kekuatan pada tulang..
  3. Penyakit Osteoporosis biasanya menyerang orang lanjut usia dan wanita yang akan memasuki usia menopouse sedangkan Osteomalasia lebih banyak menyerang anak-anak disaat masa pertumbuhan.
  4. Osteomalasia akan menyebabkan seseorang memiliki otot yang lemah pada alat gerak sedangkan Osteoporosis akan menimbulkan rasa nyeri pada persendian.
  5. Osteomalasia terjadi karena ketidaksempurnaan pertumbuhan tulang sehingga tulang tidak dapat mengeras dan menjadi lunak sedangkan pada Osteoporosis tulang tumbuh dengan sempurna namun menjadi rapuh dimakan usia.
  6. Osteomalasia akan menimbulkan rasa nyeri pada area tulang belakang, panggul dan juga bagian kaki sedangkan pada Osteoporosis penderita akan bisa merasakan nyeri pada bagian tulang belakang dan persendian. Ketahui juga cara mengobati nyeri sendi lutut yang patut untuk dicoba untuk eredakan rasa nyeri tersebut.
  7. Pada penyakit Osteoporosis ini tulang punggung penderita akan mengalami pembengkokan sehingga terlihat membungkuk sedangkan pada penderita Osteomalasia yang mengalami pembengkokan adalah pada bagian tulang kaki.
  8. Osteomalasia juga disebabkan oleh adanya gangguan pada tubulus renalis yang mengganggu tubuh dalam menyerap vitamin D sedangkan Osteoporosis juga disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan hormon estrogen.
  9. Penderita Osteomalasia dianjurkan untuk sering-sering terkena matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D karena orang yang terserang Osteomalasia ini biasanya adalah orang yang jarang mendapatkan sinar matahari sedangkan pada Osteoporosis dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak kalsium dan makanan bernutrisi lainnya untuk menambah kepadatan tulang yang keropos.
  10. Perbedaan osteomalasia dan osteoporosis yang lainnya adalah osteomalasia dapat menyebabkan kecacatan pada tulang sedangkan osteoporosis dapat menjadi penyebab patah tulang karena tulang yang rapuh.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan osteomalasia dan osteoporosis yang hampir serupa tapi tak sama. Adapun cara pengobatan Osteomalasia ini bisa dilakukan dengan menambah asupan kalsium, vitamin D, pola hidup sehat serta berolahraga.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 29th, April 2018 / 06:12 Oleh :