Sponsors Link

Telapak Tangan Sakit Saat di Tekan: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Berbagai kondisi di alami seseorang mulai dari yang sehat sampai dengan sakit. Namun tidak semua penyakit yang di alami beberapa orang identik dengan kronis, akan tetapi mungkin saja sebagian hanyalah gejala ringan. Salah satu kondisi yang mungkin terdengar sepele adalah telapak Tangan sakit saat di Tekan. Seperti apa penggambaran keadaan ini? Pastinya artikel kali ini akan membawa anda untuk mengulas tentang keadaan yang seperti ini. Karena ada kalanya seseorang pernah merasa sakit di bagian telapak tangan saat mereka menekannya.

ads

Biasanya, keadaan seperti ini akan sering di temui oleh mereka yang seharian di kantor dan berhadapan dengan komputer. Mungkin mengetik memang sepele, namun seringnya seseorang mengetik akan menimbulkan sakit di telapak tangan. Jika di tanya tentang seberapa bahayanya, tergantung dari penyebabnya itu sendiri. Karena pada dasarnya penyebab dari telapak yang sakit bukan hanya satu atau dua saja, namun lebih. Oleh karena itu di lihat dari apa saja penyebabnya, bahaya dari kondisi ini tergantung.

Meskipun memang bukan organ vital, akan tetapi tangan merupakan salah satu organ yang sangat penting dan terlibat dalam setiap aktivitas keseharian. Jadi, mengenai telapak Tangan Sakit saat di Tekan, anda harus mencari solusinya. Serta oleh karena inilah anda pun harus mau untuk selalu menjaga kesehatan. Pentingnya anda mengetahui atau membaca artikel ini, tentu sudah menjadi salah satu cara untuk mencegah kondisi seperti ini.

Kemungkinan yang Anda alami adalah sindrom terowongan karpal (carpal tunnel syndrom). Sindrom Terowongan Karpal ini berhubungan dengan kegiatan yang melibatkan gerakan repetitif pergelangan tangan dalam waktu yang lama. Penyebab dari telapak yang sakit ini diantaranya yakni:

  • Carpal Tunnel Syndrom

Penyebab dari telapak sakit ketika di tekan adalah carpal yang merupakan terowongan tulang-tulang di dalamnya yang terbentuk oleh tulang pergelangan dari tiga sisi dan jaringan ikat. Meski hanya bisa dirasakan, namun kejadian ini bisa dibilang lebih berbahaya jika dibandingkan dengan pergelangan tangan nyeri dan bengkak.

  • Asam Urat

Penyebab lainnya adalah terjadinya asam urat. Mungkin anda berfikir, bagaimana bisa asam urat membuat telapak terasa sakit ketika di tekan. Namun perlu anda tahu jika kondisi asam urat sendiri terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ada di dalam makanan dan juga minuman yang telah anda konsumsi.

Apabila tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan, maka bukan tak mungkin lagi tubuh tidak mampu untuk membuangnya dan akhirnya mengendap didalam sehingga terbentuk kristal – kristal padat pada sendi. Selain itu, asam urat sendiri juga menjadi pemicu masalah lain, beberapa diantaranya yakni menjadi penyebab tulang ngilu, telapak tangan sulit menggenggam, tulang terasa ngilu dan pegal, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedang untuk kadar asam urat normal bagi wanita yakni 2,4 – 6,0 miligram per desiliter ( mg / dL ). Umumnya kadar asam urat yang tinggi akan memicu timbulnya penyakit Gout atau penyakit peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini terjadi karena asam urat sudah mengkristal serta memerlukan pengobatan.

Sponsors Link

  • Gout

Gejala lain dari penyakit Gout yakni nyeri. Untuk rasa nyeri pada bagian persendian kecil (jari – jari) yang datang dan pergi, sendi yang nyeri ini biasanya juga akan terlihat kemerahan, namun jika dibiarkan maka rasa nyeri tersebut dapat bertahan selama 7 sampai dengan 10 hari. Penyakit asam urat bisa menimpa semua orang dimulai dengan usia 20 tahunan. Namun ada juga beberapa orang yang sudah mengalami masalah ini meski umurnya masih belum 20 tahun, selain keturunan berikut penyebab penyakit gout yang bisa menyerang semua kalangan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari Telapak Tangan Sakit Saat di Tekan serta seberapa besar tingkat bahayanya, anda harus melakukan pengobatan yang tepat. Berikut ini adalah model suatu langkah yang bisa menjadi pengobatan anda.

  1. Mengatur Pola Hidup Sehat

Salah satu pola hidup sehat yang harus di perhatikan adalah tentang makanan dan minuman apa saja yang layak di konsumsi secara sering dan mana yang tidak. Sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut:

Sponsors Link

  • Batasi mengkonsumsi seafood, daging merah, hati, ikan sarden
  • Berhenti untuk merokok
  • Jangan minum minuman beralkohol
  • Hindari atau jauhi minuman dengan pemanis buatan seperti minuman ringan dan lain sebagainya
  • Kurangi atau hindari kacang-kacangan seperti kacang kedelai, tahu dan juga tempe.
  • Melakukan Olahraga teratur sesuai dengan kemampuan masing-masing individu
  • Perbanyak minum air putih, minimalnya adalah 2 liter perhari
  1. Kompres

Cara yang kedua sebagai pengobatan dari Telapak Tangan sakit saat di tekan adalah mengompresnya. Lakukan dengan menggunakan air hangat dan biarkan tangan masih berada di dalam wadah kira-kira 20 menitan. Banyak sekali penyakit yang ampuh ketika diobati dengan cara ini, beberapa diantaranya yakni seperti cara menyembuhkan tulang retak, cara mengobati tulang bengkak, cara menyembuhkan tulang geser, cara mengobati tulang ekor sakit, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah penyebab, bahaya hingga cara penanganan terhadap Telapak Tangan sakit saat di Tekan yang bisa Anda ketahui supaya saat mengalaminya di suatu hari nanti dapat melakukan cara yang tepat. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Pentingnya pengobatan sejak dini akan menghambat kondisi seperti yang sudah di sebutkan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 30th, August 2018 / 17:10 Oleh :