Sponsors Link

9 Ciri-ciri Tulang Bengkok dan Penyebabnya

Sponsors Link

Setiap orang pasti memiliki resiko akan terserang beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah gangguan kesehatan pada tulang. Penyakit pada tulang merupakan salah satu dari sekian macam-macam penyakit tulang yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat, baik itu anak-anak atau orang dewasa. Namun kebanyakan orang menganggap remeh hal ini karena hanya dianggap seperti penyakit biasa yang dapat dengan mudah disembuhkan. Namun apabila hal ini terus dibiarkan saja, akan menyebabkan berbagai resiko kesehatan yang lebih buruk yang bisa saja dialami oleh orang tersebut.

ads

Faktanya, berbagai kelainan pada tulang memiliki berbagai macam jenis dan juga penyebab serta ciri-ciri yang berbeda pada setiap jenis penyakit tulang yang sedang dialami. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai berbagai penyebab dan juga ciri-ciri penyakit tulang, khususnya ciri-ciri tulang bengkok yang dialami oleh sebagian besar masyarakat.

  • Kifosis

Kifosis adalah salah satu dari sekian banyak jenis penyakit tulang belakang pada manusia. Orang yang menderita kifosis biasanya memiliki ciri-ciri pada bentuk tulang punggungnya atau pada bentuk badannya yang cenderung menonjol ke belakang atau ke depan. Pada kasus kifosis yang banyak diderita oleh sebagian besar orang yang sudah lanjut usia ini biasanya menyebabkan bentuk punggung menjadi tidak normal seperti umumnya bentuk tubuh manusia.

Berikut ini adalah ciri-ciri tulang bengkok jenis kifosis yang biasa terlihat pada penderitanya :

  • Punggung melengkung ke depan atau membungkung lebih dari 50 derajat
  • Punggung melengkung ke belakang lebih dari 50 derajat

Pada sebagian besar kasus yang pernah terjadi, kifosis biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti postur tubuh yang tidak benar, radang sendi dan masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan penyakit ini muncul. Tetapi kifosis yang dialami oleh anak-anak biasanya muncul tanpa sebuah sebab apapun atau juga bisa disebut idiopatik. Kifosis ini akan menyebabkan rasa lelah dan juga nyeri serta kaku yang berkepanjangan pada daerah sekitar punggung.

  • Lordosis

Lordosis adalah salah satu jenis penyakit tulang yang lainnya yang menyebabkan tulang menjadi bengkok. Lordosis juga merupakan salah satu penyebab sakit pada tulang belakang tengah. Penyakit ini lebih beresiko terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Pada sebagian besar orang dengan tulang belakang yang normal akan memiliki bentuk tulang belakang yang terlihat lurus. Misal sedikit agak melengkung namun masih dalam kondisi yang wajar. Hal ini berbeda dengan orang yang menderita lordosis.

Ciri-ciri yang dapat terlihat pada  seseorang yang menderita lordosis biasanya akan memiliki kondisi tulang belakang yang berada tepat di atas bokong mengalami lengkungan ke dalam yang menyebabkan tulang belakang menjadi terlihat melengkung ke arah belakang. Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui secara tepat, namun berbagai faktor yang dapat memicu munculnya penyakit tulang ini biasanya adalah jenis kelamin seseorang, penempatan posisi tubuh yang salah, pemakaianalas kaki dengan hak atau heels yang terlampau tinggi dan juga faktor genetik. Ciri-ciri seseorang yang menderita penyakit ini biasanya berbeda-beda pada masing-masing individu. Namun beberapa ciri-ciri umum yang sering terjadi pada penderita lordosis dapat disimpulkan sebagaimana berikut :

  1. Bokong seseorang yang menderita lordosis akan terlihat sangat menonjol
  2. Seseorang yang menderita lordosis akan juga menderita gangguan neuromuskular. Neuromuskular adalah gangguan yang terjadi pada daerah sekitar otot yang berada di simpangan neuromuskular. Ini terdapat pada setiap ujung serat syaraf yang terhubung langsung degnan tempat khusus pada selaput otot yang disebut dengan istilah penggerak atau juga piringan.
    Sponsors Link

  3. Seseorang yang menderita lordosis juga akan mengalami distrofi otot. Distrofi otot adalah kondisi dimana kumpulan berbagai jenis penyakit yang ditandai dengan lemahnya dan degenerasi otot yang berfungsi untuk mengendalikan segala aktifitas dan gerakan tubuh.
  4. Selain itu, seseorang yang menderita lordosis juga akan disertai dengan gangguan displasia pinggul. Ini adalah suatu kondisi kongenital yang mana sendi panggul melemah yang menyebabkan pinggul keluar dari lokasi normalnya.
  5. Merasakan nyeri pada kaki dan daerah sekitar punggung yang merupakan salah satu gejala tulang punggung sakit.
  • Rakitis

Rakitis adalah salah satu jenis penyakit tulang yang sering dibahas dalam pelajaran sekolah dasar. Gangguan pada tulang yang menyebabkan pembengkokan pada tulang kaki ini disebabkan karena kurangnya asupan Kalsium dan juga Vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang. Berbagai cara untuk mencegah penyakit rakitis seperti berjemur di bawah sinar matahari dan menghindari konsumsi alkohol dan rokok agar Anda terhindar dari penyakit rakitis ini.

Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang menderita ciri-ciri tulang bengkok jenis ini :

  • Kaki akan terlihat menyerupai bentuk O
  • Kaki akan terlihat menyerupai bentuk X

Penyakit ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, namun orang dewasa dan lanjut usia juga beresiko mengalami penyakit tulang bengkok yang satu ini. Beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri tulang yang bengkok di atas adalah sebuah gambaran yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi lebih dini akan adanya sebuah gangguan kesehatan tulang yang bisa saja Anda atau keluarga Anda alami.

Jika hal tersebut terlihat pada Anda atau keluarga, maka sebaiknya segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis tulang untuk mendapatkan penanganan yang optimal serta terhindar dari berbagai resiko yang lebih serius.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 10th, January 2018 / 07:18 Oleh :