Sponsors Link

9 Penyebab Kaki Sering Kram yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Dibandingkan dengan bagian lainnya, kaki adalah bagian yang cukup sering mengalami kram dan biasanya terjadi di daerah jari kaki atau betis. Kram bisa muncul tiba-tiba pada saat malam hari atau di tengah aktivitas, yang bisa menyebabkan kaki terasa tegang selama beberapa waktu. Lama kram dan nyeri yang dirasakan bisa dipengaruhi oleh penyebab kaki sering kram, yang bisa dilihat di bawah ini:

ads

1. Tubuh mengalami dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas tidak bergairah namun juga bisa mengganggu aliran darah ke jaringan otot. Hal ini akan mengakibatkan otot kekurangan oksigen sehingga akan menimbulkan gejala kram pada kaki, seperti tulang betis terasa ngilu dan tertarik.

2. Kurang melakukan peregangan

Tubuh yang kurang peregangan juga dapat menjadi penyebab kaki sering kram sering terjadi. Ketika kaki digunakan beraktivitas seperti berjalan dalam waktu yang lama, otot akan mengalami kelelahan dan biasanya timbul kram jari kaki. Sehingga sebaiknya jangan terlalu dipaksakan untuk berjalan apabila kaki sudah mulai terasa sakit.

3. Tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga

Kaki yang mengalami kram bisa disebabkan karena otot kaki mengalami kaget karena tiba-tiba digunakan untuk beraktivitas dalam waktu lama atau aktivitas dengan intensitas yang berat seperti berolahraga. Salah satu contohnya adalah kurang peregangan dan pemanasan sebelum berenang bisa menyebabkan kaki kram dan bisa menyebabkan cedera saat berenang maupun otot sakit setelah berenang.

4. Kurang berolahraga

Tubuh yang kurang bergerak dan kurang berolahraga juga dapat menyebabkan kram otot jari maupun macam-macam penyakit tulang lainnya. Kurang olahraga bisa menyebabkan tubuh menjadi kaku, begitu juga dengan otot yang akan menjadi mudah terserang kram dan sulit untuk digerakkan.

5. Tubuh kekurangan asupan nutrisi

Penyebab kaki sering kram juga dapat dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi seperti magnesium, kaium, kalsium dan vitamin D.  Zat tersebut sangat penting untuk mencegah berbagai masalah tulang dan otot, bisa didapatkan dengan mengkonsumsi suplemen, buah-buahan atau lainnya untuk mencegah kram.

6. Tidak memakai alas kaki yang sesuai

Alas kaki yang tidak sesuai dengan pekerjaan, tidak nyaman atau rusak juga dapat menyebabkan kram juga sakit tulang telapak kaki. Kondisi kaki yang tidak nyaman bisa memicu otot mengalami gangguan akibat tekanan atau lainnya, menyebabkan kram bahka cedera.

7. Mengalami gangguan kesehatan

Adanya gangguan kesehatan pada kaki bisa menjadi salah satu pemicu kram dan penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit saat digerakkan. Misalnya saja pada penderita plantas fascitis atau penyakit tendonitis dapat meningkatkan frekuensi terjadinya kram. Selain itu penyakit lain seperti diabetes atau gangguan tiroid juga dapat menjadi penyebab kaki sering kram.

8. Akibat dari suhu dingin

Otot tubuh cenderung tidak kuat ketika terkena dingin dan bisa memicu gangguan otot dan tulang. Tidak seperti pengaruh minum es pada tulang, melainkan seperti tersiram air dingin atau es, kehujanan, sering mandi air dingin atau lainnya.

9. Syaraf tulang belakang tertekan

Gangguan seperti tertekannya syaraf pada tulang belakang tidak hanya menjadi penyebab tulang belakang sakit. Tertekannya syaraf tulang belakang dapat mempengaruhi jaringan otot yang berada di sekitar kaki, sehingga akan menimbulkan kram dan bisa memburuk jika dipaksakan untuk terus digerakkan.

Demikian beberapa informasi tentang penyebab kaki sering kram yang harus diketahui dan diwaspadai, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 30th, October 2018 / 04:26 Oleh :