Sponsors Link

Tulang Ekor Nyeri saat Menstruasi, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Siklus menstruasi yang di alami semua wanita yang berada pada usia produktif akan menyebabkan perubahan hormon pada tubuh wanita, seperti hormon estrogen, hormon perangsang folikel, hormon pelepas gonadotropin, hormon pelutein dan hormon progesteron yang biasanya juga akan mempengaruhi seorang wanita baik secara fisik maupun emosional yang dikenal dengan PMS atau sindrom prahaid. Sehingga seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi biasanya tidak stabil secara emosional yang menyebabkannya menjadi lebih mudah marah dan tersinggung. Sedangkan gangguan secara fisik bisa menimbulkan rasa nyeri pada area panggul dan area perut bagian bawah serta tulang ngilu dan badan lemas.

ads

Penyebab yang Mempengaruhi Tulang Ekor Nyeri saat Menstruasi.

Tulang ekor nyeri saat menstruasi terjadi karena adanya kontraksi otot pada saat pelepasan sel – sel pada dinding rahim sehingga aliran darah dan oksigen menjadi terputus  sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Dan rasa nyeri yang dirasakan pada tiap wanita juga akan berbeda-beda, dan tidak semua wanita pula yang akan mengalami rasa nyeri yang berlebihan selama melewati siklus menstruasi ini.

Tulang ekor sakit dan nyeri yang berlebih hingga merasakan tulang ekor nyeri saat menstruasi bisa di karenakan adanya kelainan selama mengalami siklus menstruasi atau rasa nyeri tersebut bisa juga timbul akibat adanya gangguan pada organ reproduksi wanita dan menjadi penyebab tulang ngilu, pegal dan nyeri.

Berikut beberapa penyebab lain yang mempengaruhi tulang ekor terasa nyeri saat menstruasi :

  1. Stenosis serviks

Yang juga dikenal dengan rahim tertutup merupakan suatu kondisi yang terjadi berupa penyempitan pada bagian leher rahim sehingga dapat mengakibatkan infeksi akibat adanya timbunan bakteri dan darah.

  1. Fibroid rahim

Terjadi karena adanya perkembangan dari jaringan sel yang tidak normal pada daerah sekitar rahim seperti pada dinding rahim, permukaan rahim atau pada bagian luar rahim dengan berukuran sangat kecil hingga besar yang perkembanggan juga di pengaruhi oleh hormon estrogen.

  1. Adenomiosis

Suatu keadaan dimana terjadinya kelainan pada jaringan endrometrium berupa tumbuhnya jaringan ini pada bagian dalam dinding dari otot rahim yang bisa menimbulkan gelaja pendarahan atau kram yang sangat tajam pada saat menstruasi, sehingga sebagian wanita juga bisa merasakan tulang ekor nyeri saat menstruasi.

  1. Radang panggul atau PID (pelvic inflammatory disease)

Penyakit radang panggul ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita seperti saluran indung telur, rahim dan leher rahim (serviks) dan bisa menyebabkan nyeri panggul yang kronis hingga kehamilan ektopik jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Endometriosis

Merupakan jenis penyakit yang menyerang organ dan sisitem reproduksi wanita dan tumbuh pada bagian luar dari rahim sehingga darahnya tidak keluar dan mengendap yang pada akhirnya menimbulkan iritasi.

  1. Terjadinya kelainan pada siklus menstruasi

Beberapa kelainan dan gangguan yang terjadi pada siklus menstruasi bisa berupa oligomenorea, omenorea, menorrhagia atau dismenorea yang menyebabkan rasa nyeri berlebih saat menstruasi.

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi tulang ekor nyeri saat menstruasi yang harus diwaspadai agar tidak menjadi suatu kondisi yang makin parah. Jika rasa sakit akibat jatuh terduduk bagi wanita pada tulang ekor bisa diatasi dengan cara mengobati tulang ekor sakit yang sederhana dan mudah dilakukan dirumah. Selain itu ketahui juga bahaya sakit tulang ekor yang bisa menyebabkan komplikasi hingga gejala kanker tulang ekor.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 19th, March 2018 / 03:23 Oleh :