Sponsors Link

Otot Sering Berkedut Sendiri: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Apakah anda salah satu orang yang sering merasakan kedutan? Ya, tentunya banyak orang di dunia ini mengalaminya. Otot Sering Berkedut Sendiri adalah kondisi yang umum terjadi dan cukup wajar, bahkan sebagian orang telah mengabaikan hal itu. Secara sadar ataupun tidak sadar, hampir semua orang pernah mengalami otot kedutan dengan sendirinya seperti ini. Adapun sensasi yang dirasakan biasanya yakni mendadak otot anda seperti menegang atau ditarik. Akan tetapi kebanyakan orang mengeluhkan otot tangan berdenyut, kedutan pada bagian kelopak mata, ibu jari, jempol kaki, atau betis bahkan telapak tangan pun bisa.

ads

Kedutan atau juga yang dikenal dengan istilah twitching merupakan hal yang umum terjadi dan biasanya akan hilang dengan sendiri. Tetapi jika anda sangat sering mengalami otot kedutan, hati-hati karena ini hal bisa berarti anda tengah berisiko mengidap penyakit saraf tertentu. Untuk mencari apa arti kedutan yang yang sering anda alami, berikut ini akan menyampaikan gejala, penyebab sampai dengan pengobatan dari Otot Sering Berkedut Sendiri.

Apa yang terjadi pada saat otot anda berkedut?

Ketika anda mengalami kedutan, sebenarnya sistem saraf pusat telah bertugas sebagai pusat perintah dan komunikasi dalam tubuh manusia. Sel-sel neuron motorik dalam sistem saraf pusat tersebut juga akan membentuk unit motorik. Unit motorik inilah yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan serta kontraksi otot.

Kedutan terjadi pada saat unit motorik memberi sinyal pada otot guna berkontraksi secara berulang-ulang tanpa kendali. Kedutan bisa terjadi pada bagian kelopak mata, jemari, lengan, atau betis seperti yang telah di sebutkan di atas. Gejala kedutan sendiri tidak begitu banyak, anda bisa melihat berikut ini:

  • Nyut-Nyutan

Pada awal terjadinya kedutan, pada bagian mana maka disitulah timbul sensasi nyut nyutan.

  • Gerak Sendiri

Mulailah otot bergerak dengan sendirinya yang disebut bahwa kedutan telah berlangsung.

Memang tidak banyak gejalanya, namun ada beberapa penyebab dari Otot Sering Berkedut Sendiri. Ada cukup banyak kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya sensasi kedutan. Pada umumnya, kedutan-kedutan kecil yang anda alami ini tidak bersifat membahayakan. Berikut untuk lebih jelasnya mengenai penyebab dari seringnya kedutan:

  • Gugup

Penyebab yang pertama suatu kedutan adalah timbulnya rasa gugup, bagi anda yang sering mengalami nervous inilah maka akan membuat otot mampu berkedut.

  • Cemas

Bukan hanya rasa gugup, siapapun yang merasa cemas juga bisa mengalami kedutan dengan sendirinya. Terkadang seseorang memang mempunyai rasa khawatir, dan tanpa anda sadari hal ini menyongsong pada otot yang akhirnya ikut berkontraksi. Jika Anda memiliki rasa cemas berlebih, untuk mengatasinya Anda dapat mencoba melakukan terapi fibromyalgia berikut.

  • Stres

Orang yang stres juga akan sering mengalami kedutan, karena hal ini otot ikut mengalami apa yang terjadi pada pikiran seseorang. Stres terjadi karena fikiran seseorang yang terlalu keras. Anda harus waspada terhadap stres, sebab banyak sekali kejadian negatif yang ditimbulkan dari masalah ini, termasuk menyebabkan tulang betis terasa ngilu.

  • Banyak Mengkonsumsi Kafein

Entah kopi ataupun teh, minuman atau makanan apapun yang banyak mengandung kafein dan sering di konsumsi akan membuat seseorang tersebut mudah mengalami kedutan. Perlu anda ketahui, mengonsumsi terlalu banyak kafein seperti kopi atau minuman energi akan memicu kedutan dan efek samping lainnya.

Kafein adalah zat stimulan yang bisa memberikan efek samping kepada penikmatnya. Apabila tubuh anda ternyata cukup sensitif terhadap kafein, otot-otot akan bereaksi dengan cara berkontraksi di luar perintah anda. Mengenai kafein pasti berkaitan dengan kopi, untuk pengetahuan saja Anda harus mengetahui efek kopi untuk tulang ini. Kenikmatan Kopi memang sulit dihilangkan, tapi menjaga kesehatan juga perlu.


Lantas bagaimana cara mengobati kedutan ini?

Sebenarnya kedutan merupakan suatu sensasi yang tidak terjadi karena penyakit tertentu. Sehingga pengobatan untuk Otot Sering Berkedut Sendiri tidak dengan medis melainkan beberapa cara yang harus anda lakukan yakni sebagai berikut:

  • Tambah Nutrisi Anda

Kekurangan nutrisi tertentu ternyata bisa membuat otot-otot berkedut secara tak terkendali. Oleh sebab itu tambahlah nutrisi anda, dan biasanya nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, serta mineral. Sebagai referensi, Anda dapat mencoba berbagai macam makanan untuk memperkuat sendi lutut berikut yang mana sudah lengkap akan kebutuhan nutrisi.

  • Hindari Dehidrasi

Apabila yang berkedut adalah otot-otot besar pada lengan, kaki, dan torso, kemungkinannya anda telah mengalami dehidrasi. Pada saat saraf yang terhubung dengan otot tidak mendapat asupan sodium dan air, maka saraf-saraf tersebut menjadi sangat sensitif dan bisa menjadi penyebab spasme otot. Jadi pastikan anda tidak mengalami dehidrasi.

  • Minimalisir Merokok dan Vaping

Merokok dan atau rokok elektrik alias vaping bisa menyebabkan kedutan karena kandungan nikotin yang nyatanya mengganggu sistem neurotransmiter pada otak. Neurotransmiter merupakan senyawa alami yang bertugas mengirimkan informasi pada sel saraf. Gangguan pada neurotransmiter akan menyebabkan kekacauan pada perintah yang diterima oleh otot anda.

  • Istirahat yang Cukup

Kurangnya seseorang untuk istirahat juga berisiko membuat otot sering berkedut, terutama pada kelopak mata. Hal ini karena kurang tidur dan istirahatlah yang menyebabkan jumlah neurotransmiter yang diproduksi otak tidak stabil dan sehingga perintah yang diterima saraf otot pun menjadi terganggu. Cukup banyak sekali kejadian buruk yang disebabkan oleh kekurangan istirahat, diantara lain seperti penyebab tulang belakang sakit, penyebab sakit tulang belakang tengah, penyebab nyeri sendi lutut, dan lain sebagainya.

Demikianlah yang bisa di sampaikan mengenai kedutan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 06th, January 2019 / 11:18 Oleh :