Sponsors Link

4 Penyebab Jari Kelingking Bengkok yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Apakah jari kelingking Anda bengkok? Dari sekian macam-macam penyakit tulang, jari kelingking bengkok bisa membuat pemiliknya tidak nyaman dan tidak merasa senang. Selain bisa mengganggu penampilan, aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan bisa terganggu atau tersendat. Jari merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan, sehingga sangat berpotensi untuk mengalami cidera atau permasalahan.

ads

Penyebab jari kelingking bengkok bisa bermacam-macam sumbernya. Pada akhirnya, penyebab ini akan membuat pesendian pada tangan menjadi rusak dan membuatnya bengkok. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan jari kelingking Anda menjadi bengkok, antara lain:

1. Riwayat cidera

Jari adalah bagian tubuh yang vital untuk mengerjakan semua pekerjaan dan aktivitas lain. Sehingga kemungkinan terjadinya cidera juga tinggi. Cidera tangan seperti terjepit atau terbentur suatu benda bisa menjadi penyebab jari kelingking bengkok dan penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit, karena mengalami patah tulang. Jika tidak segera mendapatkan penanganan akan membuat kesembuhan tulang yang patah menjadi tidak sempurna, yaitu posisi tulang yang menjadi tidak lurus atau bengkok.

2. Radang sendi

Radang sendi atau arthtritis rheumatoid ini terjadi karena tulang rawan yang melindungi persendian pada jari kelingking rusak. Kerusakan ini akan mempengaruhi fungsi jari dan bisa membuat tulang menyimpang dan menjadi penyebab jari kelingking bengkok. Cara mengobati radang sendi yang mudah dicoba adalah dengan melakukan pengobatan agar dapat mencegah terjadinya penyimpangan (deformitas) pada tulang jari kelingking.

3. Kebiasaan yang tidak sehat

Segala jenis kebiasaan yang tidak baik selalu mengakibatkan hal yang buruk, begitu juga soal menggunakan jari. Ada beberapa pekerjaan yang selalu menggunakan jari, seperti mengetik, memotong atau yang lain. Pekerjaan tersebut jika dilakukan secara berulang atau terus-menerus dan jarang istirahat terkadang bisa membuat tangan kaku tidak bisa digerakkan. Jika kebiasaan ini terjadi secara terus-menerus tanpa penanganan yang tepat bisa membuat jari menjadi bengkok.

4. Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Penyakit ini dapat terjadi karena adanya peradangan kronis akibat gangguan sel imun tubuh. Penyakit ini bisa menyerang berbagai organ, sel, jaringan, kulit dan sendi, termasuk persendian pada jari. Sehingga apabila terjadi peradangan pada sendi jari, bisa menjadi penyebab jari kelingking bengkok seperti leher angsa. Satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah dengan memeriksakan ke dokter, agar dapat segera diatasi dan tidak mengganggu fungsi tubuh.

Untuk mengatasi masalah jari kelingking bengkok, solusi yang paling tepat adalah dengan memeriksakannya ke dokter spesialis bedah tulang. Dengan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat, kondisi dan fungsi jari kelingking bisa kembali ke keadaan semula. Sehingga aktivitas dan pekerjaan juga tidak akan terganggu. Selain itu, ada cara terapi jari bengkok yang bisa dilakukan di rumah sebagai bentuk pencegahan awal, antara lain:

  • Hilangkan persepsi bahwa mengurut jari adalah cara meluruskan tangan yang bengkok. Bukannya membuat sembuh, mengurut malaha akan membuat persendian semakin meradang.
  • Menghindari melakukan aktivitas yang bisa membuat jari mengalami cidera.
  • Mengkonsumsi makanan untuk memperkuat sendi banyak mengandung vitamin, kalsium atau zat besi.
  • Apabila jari bengkok tapi belum sempat mendapatkan pengobatan, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres jari menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.

Jadi, penyebab jari kelingking bengkok bisa dicegah dengan melakukan segala aktivitas yang dilakukan. Dan pastikan mendapatkan pengobatan secepat mungkin agar tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 16th, June 2018 / 01:39 Oleh :