Sponsors Link

Sakit Dada Hingga Ke Tulang Belakang, Bahayakah? Apa Akibatnya?

Sponsors Link

Sakit pada dada bisa berupa rasa nyeri, tulang rusuk sakit sebelah kiri, sakit tulang rusuk sebelah kanan, tertekan, panas atau lainnya yang terkadang menjalar hingga ke punggung. Kebanyakan orang menganggap bahwa sakit dada merupakan tada dari suatu penyakit pada jantung, padahal rasa sakit pada dada bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan apa akibatnya sakit dada hingga ke tulang belakang.

ads
  1. Penyakit asam lambung

Disebut juga GERD, Gastroesophageal Reflux Disease yang ditandai dengan rasa nyeri pada dada terutama ulu hati yang menjalar hingga ke tulang belakang. Penyakit asam lambung dikarenakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat menutup dengan baik dan menyebabkan asam lambung keluar dari perut.

Sayangnya, penyakit asam lambung tidak seperti maag yang bisa disembuhkan kecuali dengan jalan operasi. Kerusakan pada otot ini tidak dapat diperbaiki sehingga penderitanya hanya bisa meredakan gejalanya saja. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala asam lambung adalah dengan mengganti porsi makanan dengan porsi yang lebih kecil tapi sering, menghindari makanan pedaas dan berlemak, lakukan olahraga rutin, minum obat asam lambung dari dokter.

  1. Penyakit angina

Masyarakat awam menyebutnya angin duduk. Gejala angin duduk biasanya adalah rasa nyeri yang luar biasa hingga ke lengan, bahu, rahang, bahkan punggung, sesak nafas, menjadi penyebab sakit pada tulang rusuk, mual, pusing, keringat dingin, dan gelisah. Angin duduk disebabkan oleh berkurangnya pasokan darah ke dalam jantung. Penyakit angin duduk terbagi menjadi dua jenis, yakni angina stable dan angina unstable. Angina stable dapat disembuhkan dengan beristirahat, sedangkan angina unstable hanya bisa disembuhkan dengan pengobatan medis karena beresiko mengalami penyakit jantung.

  1. Penyakit jantung

Kebanyakan orang berasumsi bahwa nyeri dada adalah tanda dari penyakit jantung. Penyakit jantung memang memiliki gejala seperti nyeri pada dada yang tiba-tiba dan menjalar hingga ke lengan, pundak, punggung dan leher, keringat dingin, mual, dan sulit berbicara. Penyakit jantung bisa disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen yang dibawa ke jantung dan penyempitan darah koroner.

Penyakit jantung haruslah langsung mendapatkan penanganan medis. Biasanya pasien akan diberikan aspirin 300 mg terlebih dahulu untuk mengurangi resiko yang lebih fatal. Penyakit jantung dapat dihindari dengan gaya hidup sehat seperti makan makanan yang bernutrusu dan rendah lemak, tidur cukup 8 jam sehari, olahraga teratur, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi makanan pedas.

  1. Myalgia

Myalgia atau nyeri otot adalah suatu kondisi dimana otot-otot tubuh terasa pegal dan nyeri, bahkan terkadang menjalar hingga ke tulang belakang. Penyebab umum dari myalgia adalah kelelahan, trauma atau cedera, dan stress. Myalgia sendiri bisa disembuhkan dengan istirahat yang cukup.

  1. Kostokondritis

Kostokondritis adalah suatu kondisi dimana terjadinya radang pada tulang rawan yang menjadi penghubung tulang rusuk ke tulang dada hingga menyebabkan tulang terasa sakit dan ngilu hingga ke tulang belakang. Penyebab tulang rusuk sakit dan kostokondritis adalah infeksi sendi, tumor kanker, hantaman di dada, batuk parah,  arthritis, dan mengangkat beban yang terlalu berat.

Sponsors Link

Kostokondritis berbeda dengan cedera tulang rusuk. Kostokondritis tidak memerlukan pengobatan khusus, biasanya tulang terasa ngilu dan pegal akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun Anda dapat mengompres hangat pada bagian yang nyeri, mengurangi aktivitas yang  membuat gejala semakin parah dan minum obat pereda rasa sakit untuk mengurangi gejala yang timbul.

  1. Herpes zoster di daerah punggung dan dada

Herpes zoster merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster, yang juga menyebabkan cacar air. Gejala herpes zoster adalah rasa nyeri yang sangat seperti terbakar pada daerah luka/ saraf yang terinfeksi, demam, sakit kepala, sensitif pada cahaya, dan kelelahan. Herpes zoster bukanlah penyakit yang serius karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 14-28 hari. Penyebab dari herpes zoster adalah karena sistem imun tubuh yang menurun, usia, dan stres.

  1. Dispepsia
Sponsors Link

Dispepsia memiliki gejala berupa nyeri pada perut bagian atas, mual, muntah, dada terasa panas dan nyeri hingga ke bagian belakang. Penyebab umum dispepsia adalah adanya gangguan pergerakan saluran percernaaan, saluran pencernaan yang terlalu sensitif, keringat dingin, stres, asam lambung yang berlebihan, dan  infeksi lambung. Dispepsia dapat diobati hanya dengan minum obat maag, kecuali jika penyebab dispepsia adalah infeksi maka diperlukan antibiotik.

  1. Kram otot

Kram otot biasanya terjadi akibat adanya peregangan mendadak yang berlebihan pada otot, ligamen atau tendon hingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri. Biasanya terjadi karena aktivitas yang berlebihan atau posisi tidur atau duduk yang salah. Kram otot dapat diatasi dengan cukup istirahat.

Demikianlah artikel mengenai sakit dada hingga ke tulang belakang ini. Biasakan hidup sehat untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit. Hidup sehat bukan hanya menjaga asupan makanan yang mengandung kalsium,  tapi juga olahraga secara rutin, menjaga berat badan, tidur yang cukup, tidak merokok dan minum alkohol, juga menjaga kesehatan mental untuk tidak stres. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan kita terhindar dari penyakit juga selalu dalam keadaan sehat. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 01st, February 2018 / 02:36 Oleh :