Sponsors Link

Tulang Rusuk Sakit Saat Ditekan: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Secara anatomi, tulang rusuk dikenal juga dengan iga yang secara latin disebut dengan costae adalah tulang panjang yang tersusun melengkung serta membentuk rongga rusuk. Tulang rusuk fungsinya adalah untuk melindungi dada, yakni thorax secara bahasa latin, serta menjaga paru-paru, jantung, hati, serta beberapa organ dalam lainnya yang ada pada rongga dada. Setiap manusia tentu saja mempunyai tulang rusuk, baik itu pria atau wanita. Tulang rusuk sendiri terdiri dari 12 pasang masing-masing kiri dan kanan sehingga total keseluruhan 24 tulang rusuk.

ads

Dengan adanya tulang rusuk ini maka bagian penting seperti jantung, hati, dan paru-paru akan menjadi lebih aman. Tulang rusuk bertindak selayaknya sangkar yang terletak pada bagian dada sehingga anda harus menjaga supaya tidak terjadi cedera tulang rusuk yang dapat merusak bagian vital yang di lindungi.

Bicara tentang hal ini, pernahkah anda mengalami tulang rusuk sakit saat di tekan? Pernah ataupun tidak bukan suatu masalah pada pembahasan kali ini, namun yang pasti pada kesempatan kali ini sedikit wawasan tentang sakitnya tulang rusuk jika di tekan akan di sampaikan secara jelas. Karena bagaimanapun beberapa orang tentu ada yang mengalami ini.

Sebelum menuju pada poin utama yakni tentang tulang rusuk sakit saat di tekan, anda harus mempertebal pemahaman tentang tulang rusuk ini sendiri. Sangat mudah sekali untuk mengenali bagian tulang ini, yakni dengan meraba di sepanjang sisi dan depan dada tubuh, serta beberapa inci dibawah jantung. Apabila kita sedang bernafas dalam – dalam maka akan sangat mudah bagi kita untuk merasakan tulang rusuk didepan tubuh.

Struktur tulang rusuk ini berpasangan baik kiri maupun kanan yang masing-masing mengusung 12 tulang rusuk yang umumnya pada setiap pasangan sama persis. Akan tetapi tidak sedikit manusia yang memiliki satu tambahan tulang rusuk dan juga ada pula yang justru kekurangan 1 tulang rusuk di dalam tubuh. Lalu apa penyebab dari tulang rusuk sakit saat di tekan?

Setiap peristiwa atau kejadian tentu saja ada penyebabnya. Sama seperti sakitnya tulang rusuk apabila di tekan yang di sebutkan di bawah ini:

  • Fraktur Tulang

Kejadian dimana rulang rusuk sakit saat di tekan bisa saja hal itu di picu oleh fraktur tulang akibat kecelakaan. Fraktur tulang atau patah tulang bisa terjadi lantaran suatu kecelakaan, baik mengalami kecelakaan berkendara, kecelakaan tumpul seperti jatuh di tangga dan masih banyak lagi. Tetapi biasanya patah tulang lebih banyak terjadi pada orang dewasa. Dan yang untuk kejadian yang bisa menjadi semakin parah adalah Fraktur tulang tengkorak sebab bagian ini melindungi bagian terpenting dari tubuh manusia.

  • Osteoporosis

Apa itu osteoporosis? Suatu kondisi yang menyebabkan pengapuran tulang adalah osteoporosis. Kondisi ini merupakan keadaan tulang yang mengikis, dan perlahan mengalami rapuh dan tidak kokoh. Akibatnya hal ini bisa saja membuat tulang rusuk menjadi sakit saat di tekan. Kebanyakan osteoporosis memang menyerang pada orang dengan usia 50-an. Supaya kejadian ini tidak menimpa Anda, maka terapkan cara mencegah osteoporosis berikut mulai dari sekarang.

  • Peradangan

Bisa saja tulang rusuk sakit bila di tekan karena terjadi suatu peradangan tulang rusuk itu sendiri. Peradangan tulang rusuk dikenal juga dengan costachondritis yang merupakan inflamasi pada jaringan tulang lunak terdapat di ujung tulang rusuk yang menempel pada dada. Peradangan ini juga mengakibatkan tulang rusuk di bagian dada menjadi terasa sakit. Untuk peradangan ini bisa terjadi dimana saja, mulai dari radang tulang belakang, radang sendi bahu, maupun radang di bagian lainnya.

Sponsors Link

Seberapa bahayakah kondisi seperti ini? Jika di tanya tentang bahaya atau tidaknya, tentu saja di katakan bahaya. Dalam kondisi apapun jika di biarkan berlarut-larut akan sangat mengancam diri penderita. Apalagi ini menyangkut tulang, minimal saja penderita akan terganggu dan kesulitan dalam melakukan aktivitas seperti biasa.

Mungkin di awal-awal kondisi hanya merasakan keluhan sakit semata, tetapi cepat atau lambat bisa saja memerah dan mengancam jiwa. Oleh karena itu di butuhkan perlakuan yang cukup baik dengan melakukan perawatan. Berikut ini beberapa pengobatan untuk tulang rusuk yang sakit pada saat di tekan yang bisa anda pelajari.

  • Mengkonsumsi Obat

Cara pertama sebagai pengobat tulang rusuk adalah dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit. Tujuan ini adalah agar di pasien atau penderita bisa bernafas, batuk dan bergerak lebih nyaman tanpa adanya keluhan setiap saat. Bagi Anda yang suka akan herbal, dapat menggunakan obat tradisional sakit tulang rusuk paling ampuh berikut.

Sponsors Link

  • Melatih Pernafasan

Ketika tulang rusuk bermasalah, penderita akan merasa sakit pada saat menarik napas dalam-dalam sehingga menjadikan penderita akan lebih cenderung menarik napas secara pelan dan dangkal. Latihlah nafas anda dengan cara bernafas normal pada umumnya agar tidak terjadi infeksi dada dan membantu mengeluarkan lendir pada paru-paru. Namun hati-hati untuk melakukannya jika Anda juga menderita tulang rusuk sakit saat bernapas, sebab kejadian ini juga cukup berbahaya bagi tubuh.

  • Istirahat Cukup

Hal terpenting lain sebagai langkah pengobatan adalah dengan melakukan istirahat cukup. Cara ini adalah langkah umum setiap kondisi yang di alami seseorang. Sebaiknya gunakan waktu sebaik mungkin untuk perbanyak istirahat dan mengurangi aktifitas fisik berat.

Demikian pembahasan mengenai penyebab, bahaya hingga pengobatan tulang rusuk sakit saat di tekan, semoga mampu di pahami dan bermanfaat untuk kita semua para pembaca.

Sponsors Link
, , , , , , ,




Post Date: Sunday 12th, August 2018 / 23:32 Oleh :