Sponsors Link

Penyakit Psoriasis Arthritis: Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Sponsors Link

Setiap orang pasti mempunyai masalah kesehatan berbeda-beda, karena sejatinya tidak banyak seseorang yang 100% sehat. Kecil atau besar, pasti setiap orang akan mengalami penurunan fisik atau kesehatan. Dari banyaknya permasalahan kesehatan kini, adalah penyakit Psoriasis Arthritis yang akan di uraikan pada halaman ini. Memahami tentang penyakit ini adalah anjuran yang tepat untuk bisa antisipasi.

ads

Tentang kondisi ini sendiri, psoriasis arthritis merupakan bentuk arthritis yang dialami oleh sejumlah penderita psoriasis. Arthritis merupakan peradangan pada salah satu atau di beberapa persendian tubuh. Sedangkan psoriasis sendiri merupakan kondisi autoimun yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada kulit yang di sertai dengan kerak berwarna keputihan pada bagian atasnya. Kejadian ini juga tampak menyerupai gejala awal penyakit kusta.

Penyakit Psoriasis Arthritis terbagi menjadi lima jenis berdasarkan bagian tubuh yang terkena dampaknya, meliputi:

  • Psoriasis Arthritis Asimetris

Jenis yang satu ini biasanya hanya mengenai beberapa persendian di satu sisi tubuh, baik itu pada persendian besar atau kecil seperti misalnya pada jari tangan atau kaki.

  • Psoriasis Arthritis Simetris

Psoriasis arthritis simetris adalah jenis yang mengenai beberapa persendian di kedua sisi tubuh, misalnya yakni kedua siku atau kedua dengkul. Kondisi ini dapat merusak persendian serta dapat membuat sendi tidak berfungsi lagi dengan baik. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, Anda dapat menyelingi dengan mengkonsumsi makanan untuk memperkuat sendi lutut.

  • Arthritis Mutilans

Mutilans adalah psoriasis jenis yang merupakan paling parah dari kedua lain yang di sebutkan di atas dan paling merusak, hingga dapat menyebabkan perubahan bentuk.

  • Spondilitis

Sedangkan jenis lainnya adalah spondilitis ankilosis, yang mengenai sendi tulang belakang dan bisa menimbulkan peradangan serta kekakuan antara tulang-tulang leher, punggung, serta tulang panggul. Kondisi ini dapat menyerang ligamen yang menghubungkan otot-otot ke tulang serta jaringan penghubung lainnya.

  • Distal Interphalangeal Predominant (DIP)

Jenis yang satu ini lebih mengenai persendian kecil di ujung jari tangan dan kaki, serta kuku.

Itulah jenis-jenis dari Penyakit Psoriasis Arthritis, dan berikut ini adalah gejala yang harus anda ketahui:

  • Bengkak – Penderita akan mengalami persendiannya bengkak dan terlihat menonjol cukup besar bengkakan yang terjadi.
  • Nyeri – Selain bengkak penderita juga akan mengeluh tidak nyaman akibat nyeri yang terjadi. Rasa nyeri ini bisa timbul sewaktu-waktu.

Di samping dari beberapa gejala yang menimpa, umumnya penderita penyakit ini juga mempunyai berat badan lebih atau istilah lainnya obesitas. Lantas seberapa bahayanya kondisi ini? Bisa di bilang penyakit ini cukup berbahaya, apalagi jika tidak segera di tangani. Karena beberapa komplikasi akan terjadi, diantaranya:

  • Terjadinya kerusakan permanen pada sendi
  • Timbul penyakit kardiovaskuler.
  • Gangguan pada mata, seperti konjungtivis atau uveitis.

Untuk penyebabnya sendiri, bisa anda lihat dari keterangan daftar berikut:

Sponsors Link

Seseorang dapat terkena penyakit ini ketika sistem kekebalan tubuhnya mulai menyerang sel-sel serta jaringan tubuh yang sehat. Tidak normalnya respon sistem kekebalan tubuh yang terjadi ini disebut kelainan autoimun. Pada psoriasis arthritis, jaringan tubuh yang terserang meliputi sendi, sehingga menyebabkan terjadinya radang sendi bahu, radang tulang belakang, maupun radang di bagian lainnya. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko psoriasis arthritis, di antaranya adalah:

  • Psoriasis – Psoriasis merupakan faktor terbesar yang mampu meningkatkan risiko seseorang untuk menderita psoriasis arthritis.
  • Usia – Usia juga menjadi salah satu penyebabnya, karena kebanyakan yang mulai di serang penyakit ini adalah usia 30 sampai dengan 50 tahun.
  • Genetik – Genetik adalah keturunan, yang sebagian besar penderita psoriasis arthritis memiliki anggota keluarga yang menderita ini. Faktor ini menjadi yang paling umum dalam macam macam penyakit tulang.

Beberapa penanganan yang bisa di lakukan untuk mendiagnosis penyakit ini antara lain sebagai berikut:

  • Pemeriksaan Fisik

Penanganan pertama yang bisa di lakukan yakni pemeriksaan fisik. Tujuan inj untuk memeriksa tanda-tanda peradangan yang terjadi pada persendian pasien, lalu memeriksa ketidaknormalan lain pada kulit dan juga kuku.

  • Uji Pencitraan

Selain di lakukan pemeriksaan fisik, dokter juga akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan menggunakan foto rontgen atau MRI. Langkah ini untuk mendapatkan sampel gambar detail dari sendi yang telah meradang.

Sponsors Link

  • Uji Laboratorium

Uji lab yang dilakukan adalah guna melakukan pemeriksaan pada sampel darah dan cairan sendi.

Sedangkan untuk pengobatannya, saat ini memang belum di temukan obat untuk menyembuhkan psoriasis arthritis. Pengobatan yang bisa diberikan kepada penderita hanya bertujuan untuk menekan peradangan yang terjadi pada sendi, sehingga hanya bekerja dapat mengurangi nyeri dan mencegah kecacatan. Obat-obatan yang umumnya di berikan adalah sebagai berikut

  • Imunosupresan – Kegunaan obat ini untuk menekan respon sistem kekebalan tubuh pasien yang tidak lagi terkontrol.
  • Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) – Jenis obat ini dapat meredakan nyeri dan mengurangi terjadinya peradangan.
  • Penghambat TNF-alpha – TNF-alpha adalah obat untuk mengurangi rasa nyeri, pembengkakan sendi, dan kekakuan pada saat anda bangun tidur.
  • Obat antirematik modifikasi-penyakit (DMARD) – Sedangkan untuk obat jenis ini yang akan mampu memperlambat berkembangnya psoriasis arthritis dan menghindari terjadinya kerusakan permanen pada persendian dan jaringan tubuh lain.

Demikianlah definisi dari penyakit Psoriasis Arthritis mulai dari gejala, bahaya, penyebab, penanganan atau pengobatan. Kenali dan kalau memang sudah pasti, segera lakukan penanganan agar penyakit tidak melebar kemana-mana.

Sponsors Link
, , , , , , ,




Post Date: Wednesday 07th, November 2018 / 23:26 Oleh :