Sponsors Link

Tulang Ekor Sakit saat Berbaring, Kenapa? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Akibat aktivitas yang padat dan kerjaan yang tiada habisnya bisa membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. Padatnya aktivitas terkadang membuat kita lengah dalam menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Berbagai rasa sakit dan nyeri pun bisa datang menyerang kita kapan saja tanpa diketahui apa penyebab pastinya. Sehingga rasa nyeri tersebut akhirnya mengganggu keseharian kita dalam bekerja dan membuat ruang gerak menjadi terbatas.

ads

Seperti tulang ekor sakit saat berbaring mungkin pernah anda rasakan, namun terkadang hilang dalam beberapa hari dengan bantuan obat-obatan. Namun ada juga yang rasa sakitnya terus muncul yang akhirnya membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Kenapa Tulang Ekor Sakit saat Berbaring?

Tulang ekor yang terasa nyeri dan sakit saat berbaring bisa dipicu oleh banyak faktor, bisa karena kesalahan dalam bekerja keseharian atau bisa juga memang ada suatu penyakit atau gangguan yang sedang terjadi pada bagian tulang belakang bawah, tulang ekor, tulang panggul atau organ-organ di sekitarnya yang akhirnya menimbulkan rasa sakit. Berikut faktor penyebab tulang ekor terasa nyeri saat berbaring :

  • Duduk dalam waktu yang lama pada tempat duduk yang keras.
  • Adanya cedera pada bagian tulang belakang bawah dan sekitarnya.
  • Trauma akibat terjatuh sehingga mengenai tulang ekor.
  • Faktor usia yang makin menua.
  • Kelebihan berat badan.
  • Posisi tubuh yang sering salah dan tidak ideal selama bekerja.
  • Cedera setelah menjalani persalinan.
  • Adanya infeksi, patah tulang atau tumor pada tulang ekor dan sekitarnya.
  • Kebiasaan merokok.
  • Stress.
  • Pengaruh obat-obatan sejenis kortikosteroid yang dapat mengganggu kesehatan tulang.
  • Tegang pada otot.
  • Adanya tekanan dan gesekan yang berulang pada tulang ekor, seperti bersepeda.

Bahaya Tulang Ekor Sakit saat Berbaring.

Rasa sakit pada tulang ekor ketika berbaring bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang mengalami gangguan kesehatan yang serius dan yang tidak anda ketahui. Ada beberapa bahaya sakit tulang ekor yang bisa ditimbulkan akibat tulang ekor terasa nyeri saat berbaring ini, yakni :

  1. Infeksi Ginjal.
    Infeksi pada ginjal ini disebut juga dengan pielonefritis,  yang sebabkan oleh bakteri yang ada pada kandung kemih mengalami perpindahan dan menginfeksi ginjal yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Dan jika tidak diobati dengan tepat bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang permanen.
  2. Infeksi Kandung Kemih.
    Penyakit ISK ( Infeksi Saluran Kemih ) ini disebabkan oleh bakteri karena kurang kebersihan diri dan lingkungan, bakteri ini menyerang organ pada sistem perkemihan sehingga menimbulkan infeksi yang menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan tulang ekor sakit saat berbaring.
  3. Skoliosis.
    Skoliosis termasuk kelainan pada tulang karena terjadinya kelengkungan yang abnormal pada tulang belakang bagian bawah. Kelainan tulang ini bertambah parah akan menimbulkan rasa nyeri yang kuat hingga kesulitan untuk bernapas. Dan skoliosis ini dapat memperburuk kesehatan karna akan menimbulkan komplikasi lainnya jika tidak mendapat perawatan dengan tepat.
    Sponsors Link

  4. Osteoporosis / tulang keropos.
    Pengeroposan pada tulang ini terjadi akibat kurangnya asupan makanan yang mengandung kalsium dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk kesehatan tulang sehingga terjadi penurunan kepadatan tulang yang akhirnya membuat tulang menjadi rapuh dan berisiko mengalami patah tulang. Bisa jadi rasa nyeri yang dirasakan disebabkan oleh gejala osteoporosis.
  5. Artritis atau radang tulang dan sendi.
    Merupakan suatu kondisi dimana terjadinya radang pada tulang dan sendi pada area disepanjang tulang belakang yang akhirnya berujung pada kerusakan tulang dan sendi yang menimbulkan rasa nyeri.

Itulah beberapa penyebab dan bahaya dari tulang ekor sakit saat berbaring yang harus diwaspadai, bahkan pada kondisi terparah bisa menyebabkan kerusakan sumsum tulang belakang hingga kelumpuhan akibat cedera tulang belakang.selain itu waspadai juga gejala kanker tulang ekor.  Jangan pernah anggap sepele sebuah rasa nyeri yang anda rasakan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 06th, April 2018 / 06:30 Oleh :