Sponsors Link

13 Penyebab Penyakit Polio yang Harus Anda Waspadai Segera!

Sponsors Link

Polio tentunya merupakan salah satu konsisi yang cukup familiar didengar oleh banyak orang. Selagi kita mempelajari tentang pencegahan penyakit polio, kita juga harus tahu apa saja penyebab penyakit polio ini. Penyakit Polio ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang nantinya akan melumpukan sistem syaraf dan membuat kelumpuhan otot. Jadi, sangat penting sekali mengenali lebih dalam tentang apa saja yang menjadi penyebab penyakit polio ini. Karena hanya dengan mengetahui hal tersebut nantinya kita bisa menghindari dan bisa meminimalisir terjadinya masalah polio yang biasanya mewabah di suatu tempat. Berikut beberapa penyebab penyakit polio yang bisa menyebabkan seseorang terkena maslaah polio ini.

ads

1. Tidak Divaksin

Melakukan vaksin sedari dini atau semenjak bayi adalah salah satu bentuk dari pencegahan yang bisa menghindarkan kita dari serangan virus polio ini. Seperti halnya obat tradisional rahang tendon, mencegah sangat baik dari pada mengobati. Jika kita sebelumnya sudah divaksin untuk virus polio tresebut maka tubuh akan lebih mudah mengenanli dan mengatasi maslaha infeksi virus polio yang menyerang nantinya. jadi, salah satu penyebab terawal yang bisa menyebabkan seseorang terkena masalah polio ini memang tubuhnya belum mengenal jenis virus berbahaya tersebut sehingga sangat sulit untuk membentuk antibody yang bisa digunakan sebagai perlawanan untuk masalah infeksi virus tersebut.

2. Memakan Manan Maupun Minuman Terkontaminasi

Virus polio paling sering masuk melalui saluran pencernaan dari makanan maupun minuman yang sudah terinfesi virus polio ini. Jadi, siapapun yang mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terinfeksi seperti infeksi tulang belakang, akan mengalami bahaya langsung dari serangan virus tersebut. Jadi, selalu wasapada untuk memakan makanan maupun minuman yang tidak kita buat sendiri, terutama jika diberikan pada anak-anak dan balita. Sebisa mungkin ketahui bagaimana tingkat kebersihan dan keamananya.

3. Tertular Di Udara

Kita pastinya tidak bisa menprediksikan apa saja yang bisa masuk dan menyebar melalui udara di saluran pernafasan kita. Salah satu hal buruk yang bisa menyebar dan mengasilkan dampak negatif melalui udara adalah penyebaran virus. Dan salah satu jenis virus berbahaya yang bisa saja menginfeksi siapapun melalui udara adalah virus polio ini seperti makanan penyebab flu tulang. Jadi, pastikan kita selalu berada di lingkungan yang bersih dan aman dari segala penularan penyakit. Sangat berhati-hati terutama membawa bayi di lingkungan yang berpotensi menularkan virus tersebut nantinya.

4. Tinggal Bersama Penderita Polio

Biasanya, penderita polio akan dirawat secara intensif dan dilakukan pengisolasian. Agar virus polio ini tidak menybar ke orang lainnya. Jadi, jika kita berada di dekat orang yang terkena virus atau tinggal dengan penderita polio maka akan mempertinggi kemungkinan untuk tertular oleh penyakit tersebut seperti halnya penyebab penyakit rematik. jadi, selalu waspada jika anda sedang berada di lingkungan yang sedang terkena wabah atau sedang terserang penyakit polio. Jika memang anda sedang barada di lingkungan yang sama atau bahkan serumah dnegan penderita polio maka usahakan anda tidak menggunakan peralatan dan jenis makanan yang sama dengan penderita polio tersebut. Meningkatkan kewaspadaan adalah hal mutlak yang dilakukan agar nantinya tidak tersebar masalah yang sama.

5. Sanitasi yang Buruk

Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika misalnya sanitasi atau lingkungan yang kotor bisa menyebabkan masalah penyebaran polio ini. Jika kita berada dan tinggal di tempat yang memiliki sistem sanitasi yang buruk maka akan dipastikan akan mudah mendapatkan beragam penyakit termasuk infeksi dari virus polio ini. Karena bukan hal yang aneh dan mustahil jika virus tersebut masuk ke dalam makanan maupun minuman yang nantinya akan dikonsumsi seperti penyakit spondylolisthesis.

6. Berkunjung ke Wilayah Penyebaran Wabah Polio 

walaupun mungkin di Indonesia sendiri ini bukan lagi menjadi wabah penyakit ayng harus ditakuti, namun anda tetap harus berhati-hati dnegan kunjungan ke daerah yang sedang terserang wabah polio tersebut. Seperti halnya penyakit ALS, ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi jika kita mengunjungi sebuah tempat yang sedang dilanda wabah polio.


Seperti yang kita ketahui penyebaran virus bisa melalui udara dan makanan maupun minuman. Jadi, para penderita yang sedang terkena wabah sedang bersin dan batuk pun bisa jadi menularkan virus tersebut pada diri anda. Untuk itu lakukan proteksi diri yang baik jika memang anda harus dan terpaksa berada di wilayah yang sedang terserang wabah polio tersebut.

7. Imunitas Yang Menurun

Siapapun yang sedang terkena masalah imunitas yang menurun juga akan mudah terserang penyakit termasuk masalah penyerangan penyakit virus polio ini. Kekebalan tubuh atau imunitas adalah hal mutlak yang diperlukan oleh seseorang untuk mengatasi maslaah penyakit apapun yang menyerang tubuh dan akan merusak sel-sel tubuh. Jadi, ketika seseorang mengalami masalah yang menyebabkan sistem imunitasnya menurun maka penyebaran dari virus polio ini akan menjadi kian mudah. Melemahnya sistem imun akan menjadi salah satu faktor penyebab penyakit polio yang umum ditemukan di masyarakat. Solusinya adalah dengan memperkuat sistem imunitas dnegan pola hidup sehat dan asupan makanan yang baik.

8. Pasca Operasi 

Pasca operasi pastinya akan memudahkan infeksi apapun masuk ke dalam tubuh, Termasuk diantaranya ketika kita baru saja selesai melakukan operasi amandel yang pastinya akan membuat faktor resiko menjadi lebih tinggi. Pasca operasi amandel ini diketahui menjadi salah satu penyebab penyakit polio yang seharusnya bisa mendapatkan penanganan yang serius. Ini dilakukan agar nantinya bisa terhindar dari beragam masalah dan gejala polio yang berbahaya.

9. Tersersang Penyakit Kronis

Masalah penyakit kronis yang selalu menajadi maslaah lain yang memudahkan infeksi virus menjadi menyebar kemana-mana. Jadi, pastikan abhwa tubuh anda sehat dnegan cara menjaga kebersihan dan selalu memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Jangan biarkan tubuh mendapati masalah kronis secara bertahap dalam waktu yang lama seperti diabetes maupunHIV yang tentunya melemahkan sistem imun kita. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dan menomor satukan kesehatan kita.

10. Adanya Luka di Hidung, Tenggorokan dan Mulut

Adanya luka akan mempermudah timbulnya infeksi yang disebabkan oleh penjalaran virus. Baik itu virus polio maupun jenis virus lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk melakukan penanganan luka jika terjadi luka di sekitar pernafasan dan pencernaan seperti hidung, bagian mulut dan juga tenggorokan. Karena ada banyak sekali jenis pengobatan baik secara kimiawi dan tradisional yangakan menyembuhkan luka lebih cepat. Dan ini dibutuhkan dalam penanganan dan pencegahan agar kita tidak mudah tertular masalah polio tersebut. Dan pastinya luka yang tidak ditangani dnegan baik akan membuat penjalaran penyakit polio semakin mudah.

11. Defisiensi Protein dan Gizi Buruk

Orang-orang yang mudah terkena infeksi virus polio ini bisa jadi orang-orang yang tidak mendapatkan cukup gizi dan terjadinya defisit protein. Kuta tahu, protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah melindungi tubuh dari serangan penyakit dan mempercepat penyembuhan jika terjadi kerusakan sel tubuh. Jadi, defisit protein akan memberikan dampak fatal bagi tubuh. Apalagi jika mengalami gizi buruk, diaman seseorang tersebut tidak mendapatkan asupan nutrsisi yang cukup untuk memaksimalkan kualitas pertahanan tubuh mereka.

12. Terkena Stres

Mungkin, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui keterkaitan dan hubungan dkat antara stres serat depresi dnegan mudahnya tubuh terserang penyakit. Dan salah satu penyebab penyakit polio yang sangat mudah dan umum terjadi adalah kasus dimana seseoang sedang menderita stres. Jadi, anda harus menghindari stres agar tidak mudah terkena masalah polio atau masalah lainnya, karena stres akan menurunkan imunitas tubuh dan tubuh menjadi lebih lemah terhadap serangan penyakit. Walaupun pada anak dan balita mungkin kekurangan zat gizi akan lebih mudah membuat mereka terserang masalah polio ini. Jadi, intinya jangan sampai tubuh terjadi masalah gizi buruk dan menghindari stres apalgi berujung pada depresi.

13. Kontak Melalui Feses Penderita

Kita seharus nya tahu bahwa tidak hanya makanan maupun minuman yang terkontaminasi dari penderita polio saja yang bisa menyebabkan perkembangan penyakit ini. Bahkan jika secara tidak sengaja kita melakukan kontak dnegan kotoran atau feses dari penderita polio akan menyebabkan perkembangan virus yang mungkin bisa masuk melalui tangan yang tidak dicuci dengan baik saat makan maupun minum. Jadi, biasakan melakukan pembersihan secara meneyeluruh untuk mengatasi penularan penyakit jika kita mengunjungi penderita polio ataupun mengunjungi daerah yang sedang dilanda wabag polio tersebut.

Hal Yang Harus Dilakukan

Setelah kita mengetahui 13 penyebab penyakit polio di atas, seharusnya kita bisa melakukan tindakan awal untuk mencegah dan mengatasi penularan virus polio tersebut. Hal yang sangat disarankan untuk dilakukan agar bisa memutus rantai penularan virus polio adalah dnega cara :

  • Melakukan vaksinasi terhadap bayi untuk mencegah penyakit polio sedini mungkin.
  • Selalu membiasakan hidup sehat dnegan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghilangkan kebiasaan buruk seperti lupa mencuci tangan saat hendak makan.
  • Berhati-hati jika mengunjungi pasien polio atau mengunjungi daerah yang terjangkit wabah polio tersebut.
  • Selalu berusaha untuk menjaga sistem imun, gunakan suplemen kesehatan jika diperlukan.

Dengan melakukan beragam cara di atas diharapkan kita selalu bisa terhindar dari penyebab penyakit polio tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 25th, December 2018 / 06:07 Oleh :