Sponsors Link

Kenapa Kenapa Tulang Taju Pedang Sakit? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Tulang taju pedang yang juga dikenal dengan nama xyphoideus procesus dalam bahasa medisnya merupakan tulang yang terbentuk dari tulang rawan, yang letaknya berada pada bagian bawah dari tulang dada. Tulang taju pedang juga sangat berfungsi dalam mengatur kesimbangan pertumbuhan tulang rusuk, baik tulang rusuk sejati, palsu maupun melayang. Selain itu, tulang taju pedang juga merupakan titik tempat bertemunya beberapa otot kecil yang membuat pernafasan nyaman meski dalam keadaan mendongak maupun membungkuk. Tulang taju pedang juga bisa mengalami cidera yang menyebabkan tulang terasa sakit dan ngilu.

ads

Tulang taju pedang sakit bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Meski begitu, hal yang paling tepat dilakukan pertama kali yakni dengan melakukan pemeriksaan pada dokter ahli tulang (ortopedi). Meski begitu, langkah awal yang akan dilakukan dokter tidak serta merta langsung memberikan perawatan, melainkan akan melakukan wawancara seperti sejak kapan rasa sakit timbul, serta gejala apa yang dirasakan, dan lain sebagainya. Selain itu pemeriksaan fisik juga perlu dilakukan seperti halnya pemeriksaan pada benjolan di bawah tulang ekor dengan melakukan CT Scan, tes darah, rontgen dan lain sebagainya. Agar penanganan yang diberikan bisa sesuai dengan kebutuhan pasien.

Penyebab Tulang Taju Pedang Sakit

Tulang taju pedang sakit biasanya diakibatkan karena nyeri yang terjadi di daerah epigastrik. Daerah ini terletak pada bagian bawah taju pedang. Tulang taju pedang sakit juga biasa disebut dengan nyeri ulu hati. Untuk mengetahui beberapa sebab tulang taju pedang sakit bisa menyimak tulisan berikut ini :

  • Masalah Sistem Pencernaan

Proses pencernaan yang mengalami masalah tidak hanya menimbulkan sulitnya mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh. Melainkan juga dapat mengakibatkan tulang taju pedang sakit. Seperti ketika asam lambung naik hingga ke kerongkongan, dimana sternum ini berada didepan beberapa organ pencernaan utama.

Itulah mengapa setiap segala sesuatu yang berhubungan dengan kerongkongan, perut serta usus akan menyebabkan nyeri di daerah dada. Asam lambung yang mengalami kenaikan biasanya disebabkan karena konsumsi makanan yang memicu kenaikan asam lambung. (Baca juga : Sesak napas disertai nyeri tulang rusuk)

  • Cidera Sendi Sternoclavicular

Sendi sternoclavicular merupakan sendi yang menghubungkan bagian atas tulang dada dengan tulang selangka. Jika terjadi cidera pada daerah sendi ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang juga akan menjalar pada tulang dada. Sehingga tulang dada serta tulang taju pedang sakit. Cidera yang terjadi bisa disebabkan oleh benturan atau tekanan yang terlalu berlebih pada daerah sendi ini. Untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi setidaknya penuhi nutrisinya dengan minum vitamin penguat tulang dan sendi.

  • Tegang Pada Otot

Perlu diketahui bahwa daerah tulang dada serta tulang rusuk banyak diselimuti serta tempat melekatnya otot-otot. Otot akan berkontraksi pada suatu kondisi dimana tubuh memerlukan kekuatannya. Otot yang berada di sekitar tulang dada akan sangat berkontraksi ketika seseorang menarik nafas, batuk atau sedang melakukan olahraga.

Batuk parah atau olahraga yang berlebihan menyebabkan otot dada mengalami ketegangan. Pada saat otot dada mengalami ketegangan bisa menjadi penyebab tulang rusuk sakit dan tulang taju pedang sakit. Dan ketika dinding dada ditekan serta menimbulkan nyeri, bisa saja hal itu dikarenakan cidera muskuloskeletal.

  • Kostokondritis
Sponsors Link

Kostokondritis merupakan peradangan yang terjadi pada tulang rawan sebagai penguhubung tulang rusuk dengan tulang dada. Untuk menjaga kepadatan tulang, diperlukan makanan untuk kepadatan tulang agar tidak mudah mengalami penyakit arthritis. Peradangan pada tulang rawan merupakan penyebab umum pada tulang taju pedang sakit. Penyebab radang pada tulang rawan masih belum bisa dipastikan secara jelas.

Selain hal yang disebutkan diatas, beberapa penyebab tulang taju pedang sakit yang bisa diketahui yakni :

  • Gangguan yang terjadi pada hati serta kantong empedu
  • Sindrom iritasi usus
  • Kanker lambung
  • Pankreatitis

Penanganan Tulang Taju Pedang Sakit

Jika tulang taju pedang sakit sebaiknya tidak melakukan perkiraan tanpa bantuan dokter ahli. Karena perkiraan yang salah akan menyebabkan penanganan yang juga tidak tepat. Tulang taju pedang sakit jika dibiarkan bisa menyebabkan sesak napas disertai nyeri tulang rusuk serta nyeri hebat di sekitar dada. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, tidak hanya nyeri yang akan dirasakan melainkan juga akan menghambat aktivitas sehari-hari.

Sponsors Link

Setelah mengetahui penyebab tulang taju pedang sakit, bisa dilakukan pencegahan ataupun pengobatan yang tepat. Pencegahan yang tepat bisa dilakukan sendiri dengan mengubah kebiasaan hidup atas saran dokter yang berpengalaman. Berikut ini beberapa penanganan yang dapat dilakukan untuk mencegah tulang taju pedang sakit semakin parah :

  1. Rutin mengkonsumsi air hangat secara perlahan
  2. Menghindari kebiasaan merokok
  3. Mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas, asam serta mangandung lemak
  4. Mengurangi minuman yang mengandung kafein dan alkohol, seperti salah satunya yakni kopi dan teh
  5. Menjaga hidup sehat dengan mengubah pola makan yang sehat
  6. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur dengan memperbanyak makanan yang mengandung kalsium
  7. Mengkonsumsi air putih lebih banyak
  8. Memiliki waktu istirahat yang cukup
  9. Menghindari stres
  10. Menghetikan segala aktifitas yang memerlukan kekuatan otot dada secara berlebihan, atau bisa dengan melakukan olahraga untuk pengapuran tulang yang khusus untuk tulang taju pedang sakit
  11. Mengkonsultasikan keluhan pada dokter
  12. Melakukan terapi simptomatik atas saran dokter

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab serta penanganan yang bisa dilakukan ketika tulang taju pedang sakit. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 04:46 Oleh :