Sponsors Link

Kenapa Tulang Panggul Menonjol? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Tulang panggul merupakan tulang yang berada di sekitar area tulang ekor yang berfungsi sebagai penyangga anggota tubuh lainnya. Pada bagian tulang panggul ini terdapat organ-organ pencernaan, perkemihan, organ reproduksi dan organ lainnya. Namun pada sebagian orang ada yang tulang panggulnya tampak menonjol tanpa diketahui penyebabnya. Ada yang disertai nyeri dan ada juga yang tidak tergantung pada penyebab menonjolnya tulang tersebut.

ads

Penyebab tulang panggul menonjol

Berbagai penyebab bisa menjadi pemicu munculnya tonjolan pada tulang panggul. Ada yang bawaan dari lahir atau bisa juga karena adanya kelainan dan penyakit yang bersarang di area panggul. Inilah beberapa penyebab dari tulang panggul yang tampak menonjol.

  1. Tumor

Tulang panggul menonjol bisa terjadi akibat adanya tumor yang tumbuh pada area tulang panggul. Bisa berupa tumor ganas maupun tumor jinak sehingga jika ditemui tonjolan ini maka segera periksakan untuk melakukan pengobatan sedini mungkin.

  1. Kanker

Tonjolan yang terdapat pada area panggul bisa juga karena adanya kanker tulang panggul. Untuk mengetahui penyebab pastinya tentu harus dilakukan pemeriksaan fisik oleh tim medis agar bisa dilakukan penanganan yang tepat. Ketahui ciri-ciri kanker tulang agar bisa lebih waspada.

  1. Kelainan bentuk panggul

Salah satu penyebab tulang panggul menonjol bisa karena adanya kelainan pada bentuk panggul. Kelainan bentuk panggul ini terdiri dari empat tipe, yakni bentuk anthropoid, platipelloid, gynaecoid dan android.

  1. Kelainan Tulang Belakang

Kelainan pada tulang belakang seperti skoliosis ini bisa menjadi penyebab tulang panggul tampak menonjol karena bentuk tulang yang tidak ideal yang berbentuk huruf S sehingga membuat salah satu bagian pada tulang belakang tampak menonjol termasuk juga tulang panggul.

  1. Patah tulang panggul

Cedera dan trauma pada panggul yang menimbulkan patah tulang dan tulang pinggul geser panggul bisa menyebabkan munculnya tonjolan pada area tulang panggul akibat tulang yang patah tersebut. Namun sekarang juga bisa ditemui pengobatan patah tulang panggul.

  1. Akibat organ lain di area panggul

Pada sekitar area panggul juga banyak terdapat organ-organ lain yang mungkin saja mengalami suatu kondisi yang tidak normal sehingga menimbulkan bengkak atau tonjolan pada area panggul.

Bahaya Tulang Panggul Menonjol

Kelainan yang terjadi pada area di sekitar tulang panggul bisa memicu timbulnya bahaya jika tidak di periksakan dan tidak mengetahui cara menanganinya dengan tepat. Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkannya.

  • Tonjolan pada tulang panggul bisa menimbulkan bahaya karena bisa merupakan gejala dari berbagai penyakit yang bersarang di dalam tubuh.
  • Menimbulkan rasa nyeri yang berkelanjutan jika rasa nyeri disebabkan oleh patah tulang, kanker, tumor dan berbagai kondisi lainnya.
  • Akibat jatuh terduduk bagi wanita salah satunya adalah panggul yang tampak menonjol akibat kelainan bentuk pada tulang panggul bisa menyebabkan seorang wanita sulit untuk melahirkan secara normal. Khusus untuk kelainan tulang panggul ini akan membahayakan wanita yang akan melahirkan karena bisa membuat rahim menjadi robek akibat adanya tekanan selama proses persalinan. Posisi panggul yang tidak ideal juga akan menyebabkan air ketuban pecah sebeblum waktunya. Selain itu janin juga akan kekurangan oksigen dan juga menyebabkan terjadinya tekanan pada kepala janin.
  • Bisa menimbulkan berbagai komplikasi lainnya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh jika diakibatkan oleh penyakit dari organ di sekitar panggul.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan bahaya tulang panggul menonjol yang perlu diketahui. Ketahui juga bahaya sakit tulang ekor mengingat posisinya berada berdekatan.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Saturday 19th, May 2018 / 04:45 Oleh :