Sponsors Link

Siku Tangan Bengkok: Penyebab, Bahaya dan Pengobatannya

Sponsors Link

Tangan adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Dengan tangan, manusia bekerja dan melakukan aktifitas seperti menulis, memegang, menyentuh, membawa, mengangkat dan masih banyak lagi. Artinya jika terjadi kecacatan fisik yang terjadi pada tangan maka bukan tidak mungkin lagi penderita rikuh lantaran terganggu tetapi juga terhambat dalam melakukan aktifitas seperti pada umumnya. Namun kebanyakan orang telah mengalami masalah pada tangan mereka. Kasus seperti ini seringkali kita dengar dengan penyebutan bahwa Siku Tangan Bengkok atau permasalahan tangan yang lain.

ads

Siku Tangan bengkok terjadi bukan tanpa alasan. Namun hal ini bisa di picu berbagai masalah seperti terjatuh salah satunya. Hal inilah disebut dengan tulang post trauma yang akan menimbulkan beberapa kondisi seperti dislokasi atau salah posisi yang biasa disebut dengan pergeseran sendi dan patah tulang (fraktur). Seharusnya ketika sudah mengalami ini penderita bisa segera mengunjungi dokter.

Pada saat terjadi, tulang siku yang mengalami pembengkokan pasti akan menimbulkan rasa sakit dengan sangat kuat. Dari sini seharusnya sudah patut di curigai, dan segera menemui dokter. Lalu apakah tulang tangan bengkok pada bagian siku ini cukup berbahaya?

Bila di tanya tentang seberapa besar tingkat bahaya kondisi ini, bisa di katakan cukup berbahaya. Karena kondisi ini akan berakibat buruk untuk kedepannya dalam hal fisik dan gerak tangan jika tidak segera menerapkan terapi tulang tangan bengkok berikut yang ampuh dalam pengobatan. Selain itu, akibat kondisi yang seperti ini mampu menciptakan resiko lain, diantaranya yakni seperti:

  • Mal Union

Mal union atau  salah penyatuan posisi tulang adalah resiko dari bahaya kondisi siku yang tulangnya bengkok. Jika keadaan ini tidak segera di tangani maka lambat laun tulang akan terbiasa terbentuk dengan sendirinya yang tidak pasti sesuai. Hal ini menyebabkan kelainan fisik dari keadaan normal sebelumnya. Selain terjadi pada siku tangan bengkok, mal union juga menjadi salah satu faktor penyebab kaki bengkok setelah patah tulang dan patah tulang selangka juga serta berbagai macam penyakit tulang lain.

  • Infeksi Tulang

Keadaan seperti ini jika di biarkan akan menimbulkan infeksi dalam. Akibatnya, bukan berangsur sembuh justru menimbulkan gejala penyakit lainnya.

  • Terbentuknya Kalus

Tahukah anda akan bahaya siku tangan yang bengkok mampu membentuk kalus atau jaringan tulang rawan baru yang tidak seharusnya, serta biasanya tajam dan menimbulkan rasa sakit dengan sangat kuat.

Itulah bahaya dari Siku Tangan Bengkok yang perlu anda waspadai. Sehingga dalam aktivitas apa saja anda bisa lebih berhati-hati. Pasalnya penyebab dari siku yang bengkok tersebut adalah sebagai berikut:

Untuk orang dewasa, adapun penyebab yang paling umum dari keadaan ini meliputi:

  • Jatuh

Terjadinya jatuh tidak ada yang menyadari seberapa kuat. Namun penyebab dari siku tulang bengkok karena jatuh yakni terjadinya jatuh secara keras dengan tangan terulur. Sehingga hal ini dapat mendorong tulang lengan atas keluar dari posisinya dalam sendi siku.

  • Kecelakaan Kendaraan

Kecelakaan dalam berkendara bisa menyebabkan siku bengkok, dilihat dari seberapa kuat benturan terjadi. Tetapi yang pasti semua itu baik dalam berkendara sendiri atau sebagai penumpang, kecelakaan yang terjadi menimpa siku secara keras itulah yang akan menyebabkan pembengkokan.

Sponsors Link

Sementara itu penyebab yang terjadi pada anak-anak umumnya adalah sebagai berikut:

  • Kesalahan Saat di Gendong

Pada saat masih kecil, anak-anak tidak bisa mengeluh sakit apabila orang tua salah dalam mengangkatnya. Hal ini yang seringkali di abaikan dan terjadi terus menerus. Proses mengangkat sang buah hati dengan cara yang salah mampu menyebabkan dislokasi. Disinilah bisa juga menimbulkan siku yang bengkok.

  • Menarik dengan Tiba-Tiba

Anak-anak khususnya balita mempunyai kondisi tulang yang masih muda. Jadi, siku yang bengkok bisa juga terjadi karena pada saat mengangkat secara tiba-tiba telah menggesek tulang sikunya. Sehingga hal ini bisa menyebabkan pergeseran secara masiv dan terjadilah siku bengkok.

Pengobatan apa yang terbaik untuk keadaan seperti ini?

Satu hal yang pasti dan harus di lakukan adalah dengan mengunjungi dokter, khususnya adalah dokter spesialis penyakit ortopedi yang menangani semua kasus patah tulang dan kondisi tulang apapun. Dengan demikian akan di temukan beberapa solusi atau penanganan seperti:

Sponsors Link

  • Rontgen

Dilakukan foto rontgen guna melihat perkembangan bentuk tulang yang terjadi pada siku. Jika memang sangat parah maka harus di lakukan penanganan intensif, dan jika hanya cedera ringan bisa di lakukan pengobatan sederhana lain seperti menerapkan cara meluruskan siku tangan yang bengkok dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja berikut.

  • Pemasangan Alat Bantu

Setelah melihat foto rontgen dari hasil siku pasien, dokter umumnya akan menyarankan untuk pemberian topangan atau alat bantu. Adapun yang biasa di sarankan seperti platina, pemasangan pen dan sebagainya.

  • Obat

Obat yang di berikan adalah yang berfungsi sebagai meringankan rasa nyeri, karena siku yang bengkok akan menimbulkan rasa sakit sekali seperti yang sudah di jelaskan.

  • Operasi

Jika semua tahap dan langkah yang di lakukan tidak memberikan hasil efektif, maka dokter bisa menyarankan untuk melakukan langkah bedah. Operasi merupakan cara mutakhir untuk mengembalikan posisi tulang siku ke semula.

Itulah berbagai macam bahaya, penyebab hingga teknik penanganan siku tangan bengkok yang harus diketahui mulai dari sekarang untuk mengantisipasi kejadian ini agar tubuh tetap sehat dan bugar untuk menghadapi berbagai aktifitas. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Saturday 04th, August 2018 / 21:48 Oleh :